Bupati Gusmal Resmikan Kantor Baru Koperasi KSU-ED Tabek, Talang Babungo

0
1219

Membina sebuah Koperasi agar bisa berkembang dan mensejahterakan anggotanya, haruslah dengan kerja keras dan niat ikhlas dan  penuh rasa tanggungjawab serta jujur. Sebab koperasi tersebut tidak hanya digunakan sebagai tempat simpan pinjam bagi anggotanya, tetapi juga mampu membangun kantor sendiri.

Hal itu disampaikan Bupati Solok, H. Gusmal Dt Rajo Lelo, SE, MM, saat peresmian kantor Koperasi KSU-ED Tabek, Nagari Talang Babungo, Kecamatan Hiliran Gumanti, Kabupaten Solok, Minggu (18/2).  Bupati Gusmal menyebutkan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi kegigihan masyarakat, Tabek Nagari Talang Babungo dalam kekompakannya menjalankan koperasi ini dan meyakini koperasi ini tidak akan mungkin bisa seperti ini tanpa adanya hubungan dan kerja sama yang baik antar sesama anggota. Ia juga berharap nantinya koperasi tetap menjalin mitra dengan berbagai pihak.

“Jika nanti koperasi ini sudah memiliki kekuatan hukum, tidak menutup kemungkinan organisasi masyarakat ini memiliki usaha mandiri, seperti menjadi distributor pupuk, menjadi agen gas atau yang lainnya,” jelas Gusmal.  Acara Peresmian Kantor dan sekaligus Rapat Anggota Tahunan (RAT)  Koperasi Serba Usaha Ekonomi Desa (KSU-ED Tabek)  Yang Ke XVII (17)  dan sekaligus Tutup Buku Tahun 2017. Bupati Gusmal juga juga menginginkan semua anggota dapat lebih aktif untuk melihat peluang yang ada, sebab koperasi saat ini tidak hanya berkaitan dengan simpan pinjam saja.

“Untuk pelaksanaan RAT sendiri, saya berharap agar bisa dilaksanakan dengan baik, sebab suatu koperasi dikatakan sehat atau tidaknya dapat dilihat saat pelaksanaan RAT di setiap tahunnya. Jika nanti ada pembentukan kepengurusan baru, diharapkan hal itu tidak dilakukan dengan voting sebab cara demikian hanya akan menghilangkan falsafah kita sebagai orang Minang. Tetapi lakukanlah dengan cara musyawarah/mufakat. Saya berharap kita semua tetap bisa menjalin kerjasama dengan pihak-pihak tertentu, terutama dari pihak UNAND Padang,”  tutur Gusmal.

Sebelumnya,  Ketua pelaksana kegiatan yang juga ketua KSU-ED Tabek, Yenimra dalam laporannya menjelaskan, bahwa kegiatan ini merupakan RAT pertama yang dilakukan di kantor baru KSU-ED Tabek. Pembangunan kantor tersebut dilaksanakan dalan kurun waktu lebih kurang 2 tahun dengan biaya sebesar 460 juta rupiah, tidak termasuk dengan tanah yang luasnya sebesar 8000 mdan merupakan asset koperasi.

“Anggota koperasi kita berjumlah 672 orang, 60% diantaranya merupakan petani, 10% bergerak di bidang usaha rumah tangga, serta hanya 1.6% yang PNS. Kelopok koperasi ini lebih mengacu kepada pertanian dan peternakan. Dalamm bidang tersebut telah ternjalin kerjasama dengan fakultas peternakan dan pertanian UNAND selama lebih kurang 8 tahun,” jelas Yenimra. Disebutkannya, selain bergerak dibidang pertanian, koperasi ini diharapkan koperasi nantinya juga dapat mengelola hutan yang memiliki potensi untuk dikelola. “Untuk itu, kami berharap bisa mendapatkan izin untuk kegiatan tersebut dari pihak pemerintah Kabupaten Solok dan dinas terkait,” jelas Yenimra.

Tampak hadir pada acara tersebut Anggota DPRD Kabupaten Solokasal Hiliran Gumanti, Arlon, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Solok, Nasripul Romika, Camat Hiliran Gumanti, Wali Nagari Talang Babungo Zulfatriadi dan Dosen Fakultas Peternakan UNAND (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here