Bupati Gusmal Hadiri Sertijab Walinagari Saniangbaka

0
228

SOLOK, JN- Bupati Solok, H. Gusmal, hari Rabu (22/1), menghadiri acara serah terima jabatan dan pelantikan Wali Nagari Saniangbaka, Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok.

Acara digelar bertempat di Halaman Kantor KAN Saniangbaka di hadiri oleh Bapak Bupati Solok dan jajarannya.

Selain Bupati Solok, tampak hadir Camat X Koto Singkarak, Sujamto Amrita, para Walinagari se Kecamatan X Koto Singkarak, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Solok, Septrismen Sutan Putih, Ketua TP-PKK Kabupaten Solok, Ny. Hajjah Desnadevi Gusmal, Kabag Humas Syofiar Syam dan lainnya.

Kepada Walinagari Saningbaka terpilih, Dasrizal CB, Bupati menyampaikan selamat bertugas dan jadilah walinagari yang mengayomi masyarakat.

“Walinagari juga harus berlaku adil dan tidak berat sebelah dalam memutuskan setiap persoalan. Artinya, Tibo di paruik indak bakampihan tibo dimato indak bapiciangan, berlakuklah adil kepada masyarakat nagari. Lupakanlah perbedaan pilihan waktu Pilwana berlangsung, sebab hari ini Walinagari yangdisertijabkan dan dilantik adalah untuk seluruh masyarakat nagari dimana kita diberi amanah,” jelas H. Gusmal.

Bupati juga mengucapkan selamat bergabung dalam jajaran pemerintahan Kabupaten Solok, semoga kita dapat bersinargi untuk membangun Kabupaten Solok ini. “Saya tekankan, kepada Walinagari yang dilantik, harus mengemban tugas dengan amanah dan dijalankan sebaik baiknya, mustahil sebuah pemerintahan yang baik dapat kita wujudkan tanpa merangkul semua pihak,” beber Gusmal.

Disebutkannya, demokrasi sudah berjalan sesuai dengan aman dan lancar. Ia menyadari selama kepemimpinannya masih banyak kekurangan dalam melaksanakan tugas. Ia mengimbau kepada seluruh masyarakat Saningbaka untuk membangun nagari, salah satunya dengan mendukung wali nagari yang baru dilantik. Ketua TP-PKK Kabupaten Solok Ny. Desnadevi Gusmal, juga mengucapkan selamat atas pelantikan wali nagari yang baru dilantik dan ucapan terima kasih pada wali nagari yang telah mengabdikan dirinya pada nagari. Ia berharap agar tim PKK Nagari Saningbaka dapat membwa perubahan untuk kemajuan nagari.

Sementara Wakil Ketua DPRD Kabupaten Solok, Septrismen mengatakan agar masyarakat menyatukan tekadnya untuk dapat mendukung wali nagari yang baru dilantik dalam membangun nagari kedepanya. “Kami minta kepada ampek jiniah dan tokoh masyarakat untuk siap mengingatkan Wali Nagari bila ada kesalahan di bidang apapun, kita bangun komunikasi dan koordinasi,” sebut Septrismen.

Pihaknya mengingatkan agar wali nagari yang baru dilantik untuk dapat lebih meningkatkan kinerjanya. “Jadikan wali nagari yang lama penasehat agar koordinasi tetap berjalan dengan lancar,” kata Septrismen.

Ia mengingatkan wali nagari yang baru untuk dapat mengatur waktu untuk membangun nagari, sebab di tingkat nagarilah pemberdayaan masyarakat, agama, dan adat mulai di aplikasikan. “Pemberdayaan masyarakat, adat dan agama disini yang pertama dilaksanakan, karena pemerintahan nagari bersentuhan lansung dengan masyarakat,” pungkas Septrismen (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here