Bupati Epyardi Asda Resmian Kampung Rendang di Nagari Koto Gaek Guguak


SOLOK, JN- Bupati Solok, H. Epyardi Asda M. Mar, hari Sabtu (24/12), meresmikan Kampung Rendang di Nagari Koto Gaek Guguk Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok.

Tampak hadir pada kesempatan tersebut yakni Wakil Ketua DPRD Kabupaten Solok, Ivoni Munir, Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Kemasyarakatan dan SDM, Mulyadi Marcos,  BPOM Prov. Sumatera Barat, diwakili Reni Septianti, Kepala Bank Indonesia Prov. Sumatera Barat diwakili Manajer Keuangan, Novis Fauriandri, Kepala Dinas Pertanian, Kennedy Hamzah, Kepala DPMN, Romi Hendrawan, Perwakilan Kepala OPD terkait, Camat Gunung Talang, Donly Wance Lubis, Camat Se-Kabupaten Solok, Tokoh Masyarakat Kabupaten Solok, Edisar Dt Manti Basa, Forkopimcam, Walinagari Koto Gaek Guguak, Mardi Handerson, Walinagari Se-Kecamatan Gunung Talang, Ketua BPN dan KAN Nagari Koto Gaek Guguak, Tokoh-tokoh Adat dan Agama Nagari Koto Gaek Guguak, dan Masyarakat Nagari Koto Gaek Guguak


Dalam laporannya,  Walinagari Koto Gaek Guguak, Mardi Handerson mengatakan bahwa Kampung Rendang ini terwujud dari Usulan Masyarakat Nagari Koto Gaek Guguak Kepada Bupati Solok pada awal tahun 2022 lalu.
”Perlu kami laporkan untuk delapan item usulan saat Musrenbang Tahun 2022 telah terlaksana dengan total anggaran 1,2 Milyar dari dana APBD dan melalui Anggota DPR RI Komisi V Athari Gauthi Ardi juga telah didapatkan Bantuan dengan total 675 juta dari dana APBN.”, terang Mardi Handerson.

Baca Juga :
Walinagari Tanjung Alai Kukuhkan Pengurus Sepakbola Porta FC 

Menurut Mardi lagi dimana prinsip Bupati Solok, “Anggaran Berbasis Kebutuhan Rakyat” saat ini telah dirasakan oleh masyarakat Nagari Koto Gaek Guguak.”
Kemudian saat ini demi Legalitas dari Badan POM dan Untuk meningkatkan Kualitas Rendang yang kita miliki, maka turut kita laporkan kepada Bupati Solok bahwa diperlukan beberapa pelatihan bagi UMKM rendang di Koto Gaek Guguak.
Bupati Solok, Epyardi Asda, pada kesempatan tersebut mengatakan, bahwa untuk UMKM Rendang ini demi Legalitas dari BPOM sebelumnya Dinas Koperindag telah ditugaskan untuk menyiapkan seluruh Perizinannya.

”Kita telah Meresmikan Rumah Kemasan guna meningkatkan kualitas UMKM di Kabupaten Solok, serta bagi masyarakat Nagari Koto Gaek jika benar membutuhkan pelatihan maka nanti akan kita berikan.” tutur H. Epyardi Adda.


Selanjutnya menurut Epyardi, untuk menjangkau pasar yang lebih luas nantinya juga untuk UMKM Rendang akan dilakukan ekspor ke Negara Singapura.
Sementara untuk meningkatkan kualitas Pertanian di Kabupaten Solok, Bupati akan memberikan 3 Buah mesin Hand Traktor Kepada Nagari Koto Gaek Guguak dan 3 Buah Mesin Cultivator untuk Nagari Jawi-jawi.

Baca Juga :
Epyardi dan Athari: Duet Anak dan Bapak Berkomitmen Ingin Membangun Nagari Surian

Pada kesempatan tersebut, salah seorang anggota Kelompok Rendang mengatakan kepada Bupati bahwa di Koto Gaek telah memproduksi tujuh jenis Rendang di antaranya Rendang Daging, Rendang Ayam, Rendang Cubadak (Nangka), Rendang Kacang Merah, Rendang Ubi Kayu (Singkong), Rendang Jengkol, dan Rendang Kentang.
Ditambahkannya lagi, Rendang Koto Gaek Guguak juga menyampaikan rasa syukur dan terimakasihnya karena Bupati melalui Dinas terkait telah bersedia membantu promosi rendang hingga ke Singapura, sebelumnya telah bertahun-tahun lamanya belum ada bantuan untuk mempromosikan masakan Khas Minangkabau ini.

Selanjutnya Bupati Solok lakukan Pemotongan Pita tanda Peresmian Kampung Rendang dan Dapur Rendang Nagari Koto Gaek Guguak (wandy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.