Bertekad Pertahankan Nilai, Tanah Datar Gelar Bimtek SPIP

0
309

TANAH DATAR,  JN-   Pemerintah Kabupaten Tanah Datar semenjak 2014 lalu tingkat Maturitas (kematangan/kesiapan) penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) memperoleh nilai dari BPKP Perwakilan Sumatera Barat berada pada level 3 dengan nilai 3,24 dan tingkat Maturitasnya adalah terdefinisi.

Ini disampaikan Bupati Tanah Datar dalam sambutan yang dibacakan Staf Ahli Bupati Nuryedisman dalam acara Bimtek Penilaian dan Pemenuhan Maturitas Penyelenggaraan SPIP dihadapan Kepala Perwakilan BPKP Perwakilan Sumbar, Satgas, Asesor dan Counter Part SPIP Tanah Datar, Kamis malam (6/11) di Campago Hotel Bukittinggi.

Bupati dalam sambutannya tambah Nuryedisman mengatakan, penyelenggaraan SPIP secara umum telah menetapkan kebijakan dan prosedur pengendalian untuk semua kegiatan OPD sesuai aturan PP Nomor 60 Tahun 2008.

“OPD sudah menerapkan prinsip efesien, efektif dan ekonomis pada setiap kegiatan, juga melakukan tata kelola, manajemen risiko dan pengendalian intern dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik,” ujar Nuryedisman.

Kemudian Nuryedisman menambahkan, Bimtek ini tentu diharapkan menjadi wahana evaluasi untuk menjadi lebih baik. “Sesuai arahan dan bimbingan dari BPKP, perlu dilakukan kembali Self Assesment (SA) dan juga karena adanya mutasi dan perubahan struktur organisasi di lingkungan Pemda Tanah Datar,” tambahnya.

Agar SPIP bisa dipertahankan dan ditingkatkan, sampai Staf Ahli, penilaian tingkat maturitas penyelenggaraan SPIP mencakup unsur lingkungan pengendalian, penilaian risiko, kegiatan pengendalian, informasi dan dokumentasi serta pemantauan.

“Bimtek ini juga bertujuan agar asesor, satgas dan counter part memahami tugasnya. Karena itu OPD diharapkan juga komitmen mempertahankan level 3 yang telah diraih dengan meningkatkan pemahaman tentang SPIP, aktifkan satgas dan beberapa langkah nyata lainnya,” tukas Nuryedisman.

Sebelumnya Inspektur Daerah Tanah Datar Altri Suandi dalam laporannya menyampaikan, Bimtek SPIP dari 6 sampai 9 Desember 2018 ini bertujuan memberikan keyakinan bagi tercapainya efektivitas dan efisiensi pencapaian tujuan penyelenggaraan pemerintahan negara.

“Bimtek ini untuk memberikan pemahaman mendalam tentang penilaian dan pemenuhan maturitas SPIP serta agar tujuan efisiensi, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan,” ujar Altri.

Diakhir penyampaiannya Altri Suandi berharap komitmen dan tekad keras OPD dalam mempertahankan nilai SPIP dan Bimtek ini salah satu caranya. “Kita mengundang 65 orang peserta dari 15 orang Satgas, 23 Counter Part, 15 asesor, 2 power asesor, 1 admin dan sekretariat ikuti bimtek ini dan berharap mampu meningkat SDM dan pengetahuannya tentang SPIP, sehingga target untuk mempertahankan nilai bisa dilaksanakan,” pungkasnya. (Damara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here