193 Jemaah Calon Haji Kabupaten Solok Siap Tunaikan Rukun Iman ke-5

0
313

SOLOK, JN- Bupati Solok, Gusmal berpesan kepada calon jamaah haji  asal Kabupaten Solok tahun 2018, untuk tetap menjaga kesehatan agar bisa menjalankan rukun Iman yang ke enam denga baik.

Pada musim haji tahun 2018 ini, sebanyak 193 orang calon jemaah haji akan berangkat ke tanah suci Makkah di Baitullah.

“Saya berharap agar bapak ibuk sekalian bisa menjaga kesehatan dan banyak belajar tentang masalah haji agar nantinya sewaktu berangkat sudah siap dan bisa beramal dengan baik,” jelas H. Gusmal, saat bersilaturrahmi dengan jemaah calon haji Kabupaten Solok, bertempat di Aula Kemenag Kabupaten Solok, Sabtu (13/1) lalu.

Pada kesempatan itu, selain Bupati Solok acara juga dihadiri oleh Kepala Kemenag Kabupaten Solok, Drs. H. Alizar Chan, M.Ag , Kepala BNPB, Dasril, Kepala Arsip dan Perpustakaan,  Zulkisar, Spd. MM, Kabag Kesra, H. Noviarman, S.Sos. M.Si dan seluruh calon jemaah haji asal Kabupaten Solok.

Lebih jauh dijelas Bupati, selain menjaga kesehatan, para calon jemaah haji juga diminta serius mengikuti pelatihan ini dengan baik dan serius serta memelihara kerjasama dan kekompakan dengan sesama jamaah. “Berusaha menambah ilmu baik melalui bacaan, tontonan yang menyangkut dengan masalah haj agar nantinya di sana bisa beribadah dengan khusuk dan baik,” tambah Gusmal.

 

Gusmal juga menyampaikan supaya jamaah yang akan berangkat untuk dapat saling memaafkan dengan tetangga dan keluarga lainnya agar bisa menjadi haji yang mabrur.

 

Sebelumnya, Kepala Kemenag Kabupaten Solok Alizar Chan mengatakan pendataan ulang terhadap calon jamaah yang nomor porsinya masuk ke dalam kuota 2018 berdasarkan estimasi yang telah ditetapkan dari pusat.

Kemenag akan memberikan informasi-informasi terkait dengan persiapan administrasi, dokumen lainnya seperti paspor, pemeriksaan kesehatan dan kesiapan yang lainnya.

Ia menyebutkan jumlah jamaah calon haji untuk tahun 1439 H atau 2018 yang berhak melunasi BPIH sebanyak 193 orang termasuk jamaah cadangan sebanyak 17 orang.

“Kemenag secara resmi melaksanakan manasik yang diawali dengan manasik mandiri di KBIH yang ada di kabupaten Solok yang dilanjutkan dengan manasik dengan dana Dipa  dan dana BPIH 2018,”  jelas Alizar Chan.

Sementara salah seorang calon jemaah haji asal Kbupaten Solok, Nofri mengaku siap menunaikan ibadah hajitahun ini dan melakukan ibadah dengan baik. “Insyaallah kita sudah siap dan sangat merindukan bisa ketemu rumah Allah di Mkkah,” jelasnya (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here