Riak DanauSolok Raya

Bupati Gusmal Launcing BLUD Puskesmas dan UPT Labkeda se Kabupaten Solok

×

Bupati Gusmal Launcing BLUD Puskesmas dan UPT Labkeda se Kabupaten Solok

Sebarkan artikel ini

SOLOK, JN- Bupati Solok, H. Gusmal, SE, MM, melauncing Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Puskesmas dan UPT Labkeda Kabupaten Solok, Kamis (10/9), bertempat di Guest House Arosuka.

Tampak hadir pada acara tersebut selain Bupati Solok antara lain Sekretaris Daerah Aswirman, Kadis Kesehatan dr. Maryeti Mawarzi, M. Mars, para Kepala SKPD terkait, para Kepala Puskesmas dan Kepala labor se Kabupaten Solok.

Ketua panitia pelaksana Kadis Kesehatan dr. Maryeti Mawarzi, M. Mars, dalam laporanya menyampaikan bahwa pada hari ini kita akan melaksanakan acara launching penerapan pengelolaan keuangan BLUD UPT Puskesmas dan Labkesda yang telah kita persiapkan dari tahun 2018.

“Penerapan BLUD Puskesmas merupakan salah satu upaya agar kualitas pelayanan kesehatan dapat ditingkatkan. Dapat kami laporkan bahwa seluruh persyaratan BLUD puskesmas sudah dilengkapi oleh 19 Puskesmas dan 1 Laboratorium Daerah, termasuk juga regulasi pelaksanaan BLUD Puskesmas antara lain sistem pengelolaan keuangan BLUD puskesmas, pengadaan barang dan jasa,pengelolaan SDM yang bersumber dari BLUD serta penetapan tarif puskesmas BLUD,” sebut Kadis Kesehatan dr. Maryeti Mawarzi, M. Mars.

Baca Juga :
Gabungan Organisasi Wanita Kabupaten Solok Gelar Pra Musyawarah

Pihaknya menyampaikan ucapan terimakasih atas dukungan semua pihak atas ditetapkanya UPT Puskesmas dan UPT Labkesda  kabupaten Solok serta terlaksananya launching pola pengelolaan keuangan badan layanan umum daerah (BLUD)  tahun 2020.

Sementara Bupati Solok, H. Gusmal dalam arahannya juga meyampaikan ucapkan terimakasih kepada jajaran Dinas Kesehatan kabupaten Solok maupun semua pihak yang sudah bekerja keras untuk mencegah penularan wabah Covid-19 di Kabupaten Solok.

“Puskesmas sebagai fasilitas kesehatan tingkat pertama, merupakan ujung tombak pelayanan kesehatan dan sebagai unit pelaksana teknis dinas kesehatan yang bertanggung jawab menyelenggarakan pembangunan kesehatan disuatu wilayah, sehingga akses masyarakat akan pelayanan kesehatan yang berkualitas dapat terwujud,” sebut  H. Gusmal.

Menurut Buati, peningkatan Puskesmas menjadi puskesmas BLUD Merupakan wujud nyata peningkatan pelayanan kesehatan yang berkualitas.

Badan layanan umum daerah (BLUD) adalah sistem yang diterapkan oleh unit pelaksana teknis Dinas/Badan Daerah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang mempunyai fleksibilitas dalam pola pengelolaan keuangan sebagai pengecualian dari ketentuan pengelolaan keuangan dearah pada umumnya.

Baca Juga :
Disangka Razia Ternyata Polsek Lembang Jaya Polres Solok Bagi Sembako

Dengan BLUD ini diharapkan dapat memberikan pelayanan umum secara efektif, efisien, ekonomis,transparan dan bertanggungjawab.

“Saya berharap mutu pelayanan kesehatan dapat ditingkatkan dengan BLUD sehingga pelayanan dapat berkualitas bagi masyarakat,” sebut Gusmal.

Kepada semua pihak penyelenggara BLUD puskesmas yaitu Dinas kesehatan beserta jajaran UPT, BKD, BKPSDM, Barenlitbang dan Inspektorat agar bekerja sama dan saling mendukung dalam pelaksanaan kegiatan BLUD Puskesmas ini.

Setelah louncing ini diharapkan kepada dinas kesehatan, UPT puskesmas dan UPT Labkesda agar segera menindaklanjuti keputusan bupati Solok tentang BLUD, diantaranya penetapan pejabat BLUD, mekanisme pembiayaan BLUD, sistem penganggaran dan DPA BLUD, sistem pengadaan barang serta sistem pembinaan dan pengawasan (wandy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.