Bupati Epyardi Asda Minta Dukungan dan Petunjuk Kepada Direktur Aviata Terkait Pembangunan Dermaga Singkarak


SOLOK, JN- Bupati Solok, H. Epyardi Asda, M. Mar, hari Rabu (9/2), menghadiri acara Rakernas II PHRI Tahun 2022, bertempat di Pangeran Beach Hotel, Padang.


Tampak hadir pada Rakernas II PHRI Tahun 2022 yakni Ketua Umum Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Dr. Ir. Hariyadi BS , Sukamdani, MM, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno (hadir secara Virtual), Menko Bidang Ekonomi RI Airlangga Hartato  (hadir secara Virtual), Menko Bidang Maritim dan Investasi RI Luhut Binsar Pandjaitan (hadir secara Virtual), Direktur Utama Aviata Donny Oskaria (hadir secara Virtual), Wakil Gubernur Sumbar  Ir. Audy Joinaldy, S. Pt, M. Sc, MM, IPM, ASEAN. Eng, Bupati Solok H. Epyardi Asda, M. Mar, dan Para Undangan Peserta Rakernas Lainnya.

  Wagub Sumbar Audy Joinaldy, dalam sambutannya menyebutkan bahwa atas nama Pemprov Sumbar pihaknya mengucapkan terimakasih atas telaksananya Rakernas Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) II tahun 2022 di Sumatera Barat ini.

“Pemprov Sumbar akan terus melakukan pembaruan-pembaruan di sektor pariwisata, sehingga menjadikan Sumatera Barat menjadi salah satu tujuan wisata yang terkenal dan berkelas,” sebut Audy Joinaldy.
Disebutkan Audy Joinaldy, Pemrov Sumbar bersama Pemkab dan Pemkot yang ada, akan berkolaborasi dengan Bank Indonesia secara resmi dengan mencanangkan Visit Beautiful West Sumatera 2023 dengan tema “Basamo Kita Sukseskan Tahun Kunjungan Wisata Sumbar 2023”.

Baca Juga :
Di Jalan Raya Solok Padang, Truk Sering Beriringan Hingga Membuat Kesal Pengendara Lain


“Kami berharap PHRI dan stake holder pariwisata terus bersinergi dan berkolaborasi dalam melakukan pembangunan pariwisata di Sumatera Barat,” harap Audy Joinaldy.

Sementara Keynote Speech Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyebutkan bahwaTahun ini sudah dicanangkan menjadi tahun bangkitnya ekonomi dan pulihnya pariwisata. Hal ini tentunya hal ini akan membuka peluang lapangan pekerjaan yg seluas-luasnya.

“Pemerintah akan mendorong digitalisasi pariwisata dan ekonomi kreatif, agar peluang ekonomi bagi masyarakat terbuka luas, dan sektor pariwisata bisa menghasilkan kesejahteraan bagi masyarakat,” sebut Sandiaga Salahudin Uno.

Menurutnya, Pemerintah juga akan meningkatkan dan berdayakan UMKM, Desa Wisata yang akan dikembangkan dengan konsep desa kreatif.
Acara dilanjutkan dengan dialog  bersama dengan menteri pariwisata dan ekonomi kreatif.


Bupati Solok, H. Epyardi Asda berharap bahwa dengan diselanggarakan Rakernas PHRI ke II di Sumatera Barat, kedepannya Sumatera Barat lebih baik lagi dalam menggerakkan sektor pariwisata.
“Bupati Solok yang sebelumnya sudah mendapatkan penghargaan dari Asita, sangat mendukung pengembangan sektor pariwisata di Sumatera Barat, khususnya Kabupaten Solok.


Terkait dengan langkah pengembangan sektor pariwisata di Kabupaten Solok khususnya di Dermaga Singkarak, Bupati Solok pada kesempatan tersebut, meminta petunjuk serta arahan lebih lanjut kepada kementerian terkait.
Bupati meminta dukungan dan arahan kepada Bapak Direktur Aviata karna tempat wisata di Danau Singkarak yang sebelumnya telah dibangun untuk pengembangan sektor pariwisata oleh investor,  akan dikembalikan seperti semula sesuai arahan Gubernur melalui Kementerian ATR.
Sedangkan Tanggapan Direktur Utama Aviata menyebutkan bahwa kunci pengembangan sektor pariwisata adalah pengaturan dan pengendalian tata ruang.
“Saya akan pelajari apa yang Bupati Solok sampaikan terkait dengan pengembangan sektor pariwisata di Kabupaten Solok,”  sebut Donny Oskaria.
Selaku holding, Aviasi pariwisata di Indonesia pihak Aviata akan siap membantu apa yang bisa dibantu nantinya, sehingga industri pariwisata di Sumatera Barat khususnya Kabupaten Solok akan maju dan berkembang (wandy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.