Yutris Can Jabat Ketua Definitif DPRD Kota Solok

0
87

SOLOK, JN- Unsur pimpinan definitif DPRD Kota Solok masa jabatan 2019-2024 resmi dilantik, pelantikan dilakukan oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Kota Solok, Kamis, (19/9), dalam sidang Paripurna di Ruang Sidang utama DPRD Kota Solok. Pelantikan unsur pimpinan defenitif tersebut berdasarkan surat keputusan Gubernur nomor 171-661-2019 tentang Peresmian Pengangkatan Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Solok.

Pelaksanaan pelantikan dilakukan pukul 10.00 WIB, dengan dihadiri oleh Walikota Solok Zul Elfian, Wakil Walikota Solok Reinier, seluruh anggota DPRD Kota Solok, Forkopimda, Niniak Mamak, Bundo Kanduang, Pimpinan Ormas dan Partai Politik, Kepala OPD di lingkungan Pemko Solok, KPU Kota Solok, Bawaslu dan masyarakat . Paripurna tersebut merupakan momen langkah awal perjalanan panjang legislator periode 2019-2024 untuk mengabdi kepada masayarakat Kota Solok.

Pelantikan ini ditandai dengan pengambilan sumpah jabatan terhadap tiga anggota dewan yang dipercaya menjabat sebagai pimpinan DPRD Kota Solok Lima tahun ke depan, DPRD Kota Solok resmi dipimpin Yutris Can dari Partai Golkar, sementara wakil ketua dijabat Efriyon Coneng dari Partai PAN dan Bayu Kharisma dari Partai Demokrat. Mereka telah memenuhi syarat untuk diresmikan pengangkatannya sebagai Pimpinan DPRD Kota Solok.

Dalam sambutannya, Ketua DPRD Kota Solok Yutris Can berharap ke depannya anggota dewan dapat menjalankan tugas, fungsi dan wewenang secara optimal. “Kami sadar amanat konstitusi sangat berat. Kedepannya semoga kami bisa membawa amanat rakyat, dan mewujudkan segala aspirasi masyarakat Kota Solok,” katanya.

Pihaknya juga berharap, ke depannya semua fraksi di DPRD Kota Solok bisa melupakan perbedaan dan bersatu untuk membawa amanat rakyat. “DPRD diharapkan mempu menjalin kerja sama, dan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat,” harapnya.

Setelah pelantikan ini, anggota DPRD Kota Solok ditunggu oleh beberapa kewajiban, misalnya membahas APBD 2020, serta menyelesaikan beberapa Ranperda lainnya yang belum dibahas. Lalu Ia juga memohon dukungan dan berharap, bisa kerja sama semua pihak agar bisa menyelesaikan tugas.

Termasuk menyelesaikan Raperda yang belum selesai di DPRD periode sebelumnya. “Kami minta semua pihak untuk tetap berkoordinasi dengan dewan demi Kota Solok yang lebih maju dan produktif dengan SDM yang unggul,” katanya.

Ketua DPRD sementara Kota Solok, Yutris Can menyampaikan Pimpinan DPRD adalah salah satu alat kelengkapan DPRD yang bersifat tetap yang mana dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya kepemimpinan ini bersifat kolektif dan kolegial, sesuai dengan pasal 33 Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2018 Tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib DPRD Provinsi, Kabupaten/kota.

“Pimpinan DPRD mempunyai tugas dan wewenang untuk memimpin rapat dan menyimpulkan hasil rapat untuk diambil keputusan. Selain itu pimpinan DPRD juga akan menyusun rencana kerja pimpinan DPRD serta menetapkan pembagian tugas antara Ketua dan Wakil Ketua. maka dengan itu nantinya pimpinan akan melakukan koordinasi dalam upaya menyinergikan pelaksanaan agenda dan materi kegiatan dari alat kelengkapan DPRD,” kata Yutris.

Berdasarkan Pasal 164 ayat 2 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan Daerah menyatakan bahwa pimpinan DPRD berasal dari Partai Politik berdasarkan urutan perolehan kursi terbanyak di DPRD kabupaten/kota. Partai Golongan Karya dengan perolehan 3 Kursi mengusulkan Yutris Can. Partai Amanat Nasional dengan perolehan 2 kursi mengusulkan Efriyon Coneng. Partai Demokrat dengan perolehan 2 kursi mengusulkan Bayu Kharisma sebagai pimpinan definitif DPRD Kota Solok.

Yutris Can mengatakan sebagai mitra sejajar dengan Pemerintahan Kota Solok, peran DPRD Kota Solok tidak dapat dipungkiri dapat memberikan warna atas kebijakan pembangunan yang akan dilahirkan, terutama dalam mengawal arah pembangunan, ditambah dengan begitu banyaknya agenda pembangunan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan Kota Solok kedepan.

“Kami mengharapkan agar tugas yang mulia ini dapat kita jalankan dengan baik dan dilandasi keiklasan serta menjunjung tinggi demokrasi serta peka terhadap tuntutan aspirasi masyarakat,” kata Yutris.

Sementara itu, Wali Kota Solok Zul Elfian mengatakan, dengan telah selesainya proses pelantikan anggota dan pimpinan Defenitif DPRD Kota Solok maka usai sudah segala proses pemilu serentak 2019 di kota Solok.

“Semoga amanat yang dipercayakan ini dijalankan sebaik-baiknya, ciptakan inovasi atau ide baru untuk kemajuan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Kota Solok kedepan. Dengan pengucapan sumpah janji tadi berarti sudah sah untuk Pimpinan DPRD Periode 2019- 2024, Kota Solok yang pertama melaksanakan dari Kota/Kab lainnya di Provinsi Sumatera Barat,” sebut Zul Elfian.

Dengan resmi dilantik sebagai ketua DPRD periode 2019-2024, Yutris Can mencatatkan namanya sebagai Ketua sekaligus anggota DPRD Kota Solok selama tiga kali berturut-turut.(van/adv)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda