Tugas Media Harus Berani Mengkritik Pemerintah dan Anggota Dewan

0
403

SOLOK, JN– Ketua DPRD Kabupaten Solok, H. Hardinalis Kobal, SE, MM mengharapkan agar media harus berani melakukan kritikan atau masukan terhadap kebijakan pemerintah dan anggota DPRD yang dinilai sudah melanggar dari ketentuan yang berlaku.

“Saya sangat mendukung kalau rekan-rekan dari media baik cetak maupun Online melakukan koreksi dan memberi masukan kepada pemerintah, OPD dan juga anggota DPRD jika kebijakan yang dilakukan tersebut dinilai salah, tetapi bukan bermaksud untuk menghujat,” jelas H. Hardinalis Kobal, saat berbincang dengan media ini di rumah dinasnya, Senin malam (12/3). Ditambahkan Hardinalis, sebagai kontrol sosial, media diberi kebebasan dalam menyampaikan masukan dan saran serta juga keritikan, namun yang pasti tidak bertentangan dengan norma-norma yang ada atau bermaksud untuk menghujat tadi. “Saya paling suka kalau media aktif memberi masukan kepada kami sebagai anggota legislatif dan juga kepada kebijakan pemerintah yang dinilai tidak lagi pro rakyat. Tetapi jujur saja saat ini tidak beberapa media yang melakukan itu hanya lebih banyak sebatas eforia belaka,” sambung Hardinalis.

Politisi dari Golkar yang juga berencana maju sebagai calon anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat 2019 mendatang itu, juga menyebutkan bahwa antara Lembaga  DPRD dan wartawan fungsinya tidak jauh-jauh berbeda, yakni sama-sama mengawasi tugas pemerintah.

“Banyak persamaan antara tugas media dan anggota dewan yakni sebagai alat kontrol sosial jalannya pemerintahan dan mengkritik kinerja pemerintah yang tidak berjalan semenstinya. Jadi sudah sewajarnya antara wartawan dan anggota dewan saling berkoordinasi,” tutur Hardinalis Kobal. Dia juga menambahkan bahwa meski secara lembaga anggota dewan merupakan kepanjangan tangan masyarakat, namun DPRD bersama pemerintah membuat anggaran dan juga menyetujuinya. “Menjadi wartawan itu memang tidak gampang apalagi untuk menjadi profesional. Namun wartawan itu bisa menjadi profesional, kalau ada keinginan dari pribadi wartawan itu sendiri,” sambung Hardinalis.

Harapan yang sama juga disampaikan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Solok, Septrismen St Putih, bahwa sudah seharusnya DPRD dan wartawan yang bertugas untuk kontroling bisa bersinergis, sehingga bisa lebih kuat dalam mengawasi kinerja pemerintah daerah. “Ya seharusnya tugas media dan anggota dewan memang sebagai alat kontrol, meski wartawan dibatasi tidak boleh memvonis,” tutur Septrismen (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here