Tokoh Masyarakat Batang Barus, Abu Jamar Curhat ke Wakil Bupati Solok

0
187

SOLOK, JN– Pengusaha sukses yang sekaligus tokoh masyarakat Nagari Batang Barus, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok,  H. Abu Jamar (55), hari Selasa (18/12), bersilaturrahmi dengan Wakil Bupati Solok, di kediaman Wakil Bupati Solok di Arosuka, sekaligus melakukan curhat dengan orang nomor dua di Kabupaten Bumi Penghasil Bareh tanamo itu.

Dalam pembicaraan serius itu, H. Abu Jamar mengaku sangat prihatin dengan perkembangan Kabupaten Solok dalam sepuluh tahun terakhir. Pihaknya menyebutkan bahwa Kabupaten Solok, sepertinya berjalan di tempat dan tidak seperti Kabupaten lain dan malah kalah dengan Kabupaten baru seperti Dhamasraya, Sawahlunto atau Pasaman.

“Saya melihat, Kabupaten Solok yang dikarunia alam yang indah dengan Lima Danau serta potensi SDA yang tinggi, seperti jalan di tempat. Sementara kota Sawahlunto saja yang Dua Puluh tahun lalu dikenal sebagai kota mati, tetapi dalam Sepuluh tahun terakhir malah menjadi kota hidup dengan dibuatnya objek wisata danau buatan dibekas galian Tambang Batu Bara. Kok kita Kabupaten Solok yang begitu indah, tidak bisa. Kok kota hidup dijadikan sebagai kota mati. Apa yang salah pada kita?,” ucap H. Abu Jamar, dengan nada prihatin.  

Pihaknya meminta agar para pemimpin dan anggota dewan di negeri ini, untuk lebih berpikir membangun untuk yang akan diwariskan kepada anak cucu kelak. “Dulu semasa Bapak Gamawan Fauzi jadi Bupati Solok, kok saya dengan banyak orang yang study banding ke Solok, tetapi sekarang saya dengar malah orang kita yang setiap saat study banding ke daerah orang. Lalu apa yang salah dengan kita. Apa kita tidak malu yang dulu dikenal maju sekarang jadi tertinggal?,” ucap H. Abu Jamar lagi.

Selain itu, pengusaha sukses yang bergerak dibidang perkebunan teh serta pengolahan minyak serai ini, juga berharap Wakil Bupati Solok untuk bisa melahirkan generasi tangguh seperti dibidang pengusaha dan lapangan kerja. “Kalau kita mau, banyak yang bisa kita manfaatkan. Setidaknya, berusahalah untuk meraih investor untuk mau berinvestasi dengan kita. Namun kita harus mempersiapkan lahan dan surat-surat tanah yang sah, agar orang luar tidak ragu berinvestasi di sini. Selain itu, beri jaminan kemanan kepada mereka,” tutur H. Abu Jamar. Saat ini, H. Abu Jamar juga sedang membangun sebuah pabrik penyulingan minyak serai yang bekerjasama dengan pengusaha dari negeri Cina dan dari Perancis. Bahkan sudah hampir 90 persen pabriknya rampung dan Senin kemaren sudah dikunjungi oleh pengusaha asal Perancis untuk segera berproduksi, di kawasan kebun teh Kayu Jao.Sementara Wakil Bupati Solok, H. Yulfadri Nurdin, menyampaikan ucapan terimakasih atas saran dan masukan dari tokoh masyarakat Kabupaten Solok tersebut. “Kami tentu menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bapak Haji Abu Jamar, yang sudah ikut membangun Solok dan sangat peduli dengan kegiatan sosial. Selain itu, beliau juga sudah ikut menciptakan lapangan kerja di daerah kita,” jelas H. Yulfadri Nurdin (wandy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda