Syaiful dan Desmalia Disebut-Sebut Calon Kuat Menjadi Kepala Barenlitbang Kab. Solok

0
323

SOLOK, JN- Nama Syaiful, ST, MM, yang saat ini menjabat sebagai Kepala ULP kabupaten Solok, disebut-sebut akan menjadi calon kuat Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan (Barenlitbang), Kabupaten Solok, menggantikan Dusral yang akan memasuki masa pensiun.

Selain nama Syaiful, nama Desmalia, yang saat ini menjabat sebagai Sejretaris Barenlitbang, juga digadang-gadangkan menjadi kandidat lain.

“Kita berharap agar Kepala Barenlitbang itu berwawasan luas dan betul-betul bisa memahami Kabupaten Solok secara utuh, ” Jon Firman Pandu, sebut Ketua Fraksi Gerindra DPRD Kabupaten Solok, Kamis (4/6). Ketika diminta siapa kandidat yang bisa menjadi Kepala Barenlitbang Kabupaten Solok, Jon Firman Pandu menyebut nama Syaiful dan Desmalia. “Tetapi Bapak Syaiful mungkin lebih berpeluang, karena beliau hafal betul seluruh Nagari dan kondisi geografis Kabupaten Solok, ” terang Jon Firman Pandu.

Disebutkan Jon Pandu, tugas Barenlitbang yang dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Solok Nomor 8 Tahun 2016 adalah membantu Bupati dalam melaksanakan urusan pemerintahan bidang perencanaan dan bidang penelitian dan pengembangan.

Tugas tersebut diantaranya adalah menyusunan kebijakan teknis pemerintah di bidang perencanaan dan bidang penelitian dan pengembangan. Kemudian untuk pelaksanaan tugas dukungan teknis dibidang perencanaan dan bidang penelitian dan pengembangan. Berikutnya adalah sebagai pemantauan, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan tugas dukungan teknis di bidang perencanaan dan bidang penelitian dan pengembangan.

Tugas lain adalah pembinaan teknis penyelenggaraan fungsi-fungsi penunjang urusan pemerintahan daerah di bidang perencanaan dan bidang penelitian dan pengembangan; dan pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya.

“Yang tidak kalah penting tugasnya adalah penyusunan program dan anggaran meliputi penyusunan Renstra, Renja dan RKA serta penyelenggaraan administrasi perkantoran yang meliputi ketatausahaan, kepegawaian, rumah tangga, hukum, organisasi dan hubungan masyarakat,” sebut Jon Firman Pandu.

Selain itu tugas lainnya adalah sebagai penyelenggaraan urusan keuangan dan kelengkapan yang meliputi perbendaharaan, pendapatan, pengelolaan barang milik daerah, tindak lanjut hasil pemeriksaan, monitoring dan pelaporan.

Selain Barenlitbang, ada beberapa Kepala Dinas yang masih kosong, karena pejabatnya juga sudah memasuki masa pensiun. Diantara SOPD yang sampai saat ini masih kosong adalah Kepala BPBD Kabupaten Solok, Dasril, Asisten III, Raflis, yang sudah memasuki masa tugas. Selanjutnya Kepala Dinas Kesehatan, dr. Hj. Sri Efianti, M.Kes, yang mengundurkan diri beberapa bulan lalu serta Kepala Dinas DPMN, Medison yang pindah tugas menjadi Asisten II dan lainnya.

Adapun nama calon kuat sebagai pengganti Kepala Dinas Kesehatan adalah dr. Maryetti, yang saat ini menjabat sebagai Direktur RSUD Arosuka, pengganti Asisten III, Sony Sondra, pengganti Kepala BPBD disebut-sebut nama Elafki atau Ardi dan pengganti Kadis DPMN disebut-sebut nama Siis, SP (wandy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda