Sebanyak 1.315 PTPS di Kabupaten Solok Dilantik

0
229

SOLOK, JN- Sebanyak 1.315 Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) di Kabupaten Solok, dilantik secara serentak, yang dilakukan oleh setiap Panwaslu Kecamatan (Panwascam) di daerah penghasil beras ternama tersebut Senin, (25/3).

“Ya. Kita hari ini melakukan pelantikan sebanyak 1.315 orang Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) se-Kabupaten Solok oleh Panwaslu Kecamatan,” jelas Ketua Bawaslu Kabupaten Solok, Afri Memori kepada awak media, Senin (25/3).

Dikatakan Afri Memori, pelantikan ini dilakukan secara serentak tidak hanya di Kabupaten Solok saja, melainkan diseluruh Indonesia. Pelantikan ini dilakukan hari ini, mengingat ketentuan pasal 90 ayat 2 Undang-undang No 7 Tahun 2017 tentang pemilu.

“Berdasarkan amanat undang-undang PTPS, maka harus dibentuk paling lambat 23 hari sebelum pemungutan suara dilakukan dengan masa tugas PTPS adalah satu bulan. Artinya mereka akan bekerja sampai tanggal 24 April 2019 untuk mengawasi proses tahapan pemilu sampai tahapan pungut dan hitung serta pengawasan penditribusian logistik,” terang Afri Memori.

Disebutkan Afri Memori, PTPS merupakan yang pertama, sebelumnya belum ada petugas khusus untuk mengawasi di tingkat TPS dalam rangka mengurangi praktek kecurangan.

“PTPS bertugas untuk mengawasi persiapan pemungutan suara, mengawasi pelaksanaan pemungutan suara, mengawasi persiapan penghitungan suara, mengawasi pelaksanaan penghitungan suara dan mengawasi pergerakan hasil penghitungan suara dari TPS ke PPS,’ sambung Afri Memori.

Pihaknya berharap semoga pengawas TPS, menjalankan amanah yang di embankan kepadanya, sehingga pemilu yaitu luber dan jurdil bisa terlaksana dengan baik di Kabupaten Solok (wandy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda