Ratusan Kelompok Tani di Kabupaten Solok Dapat Bantuan Benih

0
944

SOLOK, JN-  Ratusan Kelompok Tani (Keltan) di seluruh Kabupaten Solok, akan mendapat bantuan bibit benih dari pemerintah pusat yang akan dibagikan langsung ke kelompok tani.

Menurut Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Solok, Ir. H, Admaion, bantuan tersebut disalurkan dalam bentuk uang tunai yang disalurkan melalui kelompok tani masing-masing dengan syarat kelompok tani tersebut sudah memiliki SK dari Walinagari atau Bupati Solok dan terdaftar di Dinas Pertanian.

“Untuk tahun 2018 ini, bantuan benih iitu yang dananya dari pemerintah pusat, akan dikirim ke kelompok tani langsung, makanya saat ini semua kelompok tani dianjurkan untuk membuat buku tabungan kelompok yang bekerjasama dengan Bank BNI,” jelas Admaion, Rabu (25/4).

Disebutkannya, bantuan ke keltan ini akan disalurkan ke rekening kelompok, dan untuk itu semua kelompok yang sudah terdaftar, diminta hadir untuk mengurus admiistrasi seperti SK pengukuhan kelompok, fhoto Copy pengurus seperti Ketua dan Bendahara serta dibubuhi matrai 6000 diatas formulis pengisian. Sementara untuk membuat rekening di Bank BNI, juga terbagi dalam dua wilayah, yakni hari pertama untuk Wilayah Kecamatan Hiliran Gumanti, Gunung Talang, Lembah Gumanti, Danau Kembar dan Pantai Cermin.

Sementara wliyah dua yang juga meliputi kecamatan Gunung Talang, Kubung, Tigo Lurah, Junjung Sirih, Sungai Lasi, Singkarak dan Lembang Jaya serta Bukit Sundi.

Sementara Koordinator BPP Kubung, Osnawati, SP.T,  yang diwakili oleh Kabid Tanaman Pangan Dinas Pertanian Kabupaten Solok, Ir.Jumriadi kepada KORAN PADANG di UPT Pertanian dan Perikanan Kubung di Koto Baru, Rabu sore menyampaikan bahwa pada hari pertama dari 217 yang akan membuat buku rekening baru terealisasi sebanyak 131 buku tabungan kelompok yang dibuka di Kantor Dinas di Arosuka. Sementara pada hari kedua yang dibuka di kantor di UPT Pertanian dan Perikanan Kubung di Koto Baru, dari 304 Keltan yang terdaftar, baru sekitar 200 yang terealisasi hingga pukul 16.00 Wib.

“Waktunya juga sangat sempit dan petugas dari Bank juga terbatas yang melayani, sehingga mungkin tidak semua yang siap namun mereka bisa datang ke Bank BNI Cabang Bandar Buat Padang,” terang Jumriadi (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here