Ramadhani Kirana Putra,SE,MM: Jaring Aspirasi dan Sosialisasi Masyarakat Lubuk Sikarah

0
877

SOLOK, JN- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Solok, Ramadhani Kirana Putra, SE,MM,  melaksanakan kegiatan Reses I Tahun Sidang 2018  di Daerah Pemilihan Lubuk Sikarah, tepatnya di RT.01.RW.03 Kelurahan IX Korong, kemaren. Kegiatan Reses tersebut dikuti oleh ratusan warga yang antusias untuk menyampaikan aspirasinya melalui Wakil Rakyat tersebut.

 

Anggota DPRD Kota Solok, Ramadhani Kirana Putra,SE,MM pada saat kunjungan tersebut mengatakan bahwa melalui kegiatan reses, setiap anggota DPRD dapat bertemu secara langsung dengan masyarakat yang diwakilinya untuk mendengarkan masukan dan aspirasi terkait dengan permasalahan penyelenggaraan pemerintahan daerah dan kebutuhan pembangunan daerah. Aspirasi dan masukan-masukan yang sudah diperoleh. “Sudah menjadi kewajiban bagi setiap anggota DPRD untuk diperjuangkan dan ditindaklanjuti dalam program pembangunan daerah, sesuai dengan kewenangannya,” jelas Ramadhani Kirana Putra.

Ditambahkannya, dalam sistem perencanaan pembangunan daerah, hasil reses merupakan bagian dari penyusunan pokok-pokok pikiran DPRD yang nantinya merupakan tahapan dalam penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD).

 

“Selain digunakan sebagai media untuk menjaring aspirasi masyarakat yang diwakilinya terkait permasalahan penyelenggaraan pemerintahan daerah dan kebutuhan pembangunan daerah, agenda reses kali ini juga mensosialisasikan tentang salah satu program yang ada pada dinas kesehatan Kota Solok yaitu SMAS CARE 119,”. Jelasnya. Selain itu juga dijelaskan bahwa .melalui program SMAS CARE 119 tersebut masyarakat tidak perlu susah lagi untuk menghadapi suasana darurat dilingkungannya,seperti halnya jika ada sanak family kita yang membutuhkan pertolongan darurat atau sakit mendadak cukup menghubungi nomor telpon 119 dan nanti penelpon akan di pandu oleh operator 119 guna penanganan yang cepat.operator nantinya akan turun langsung ke lokasi yang membutuhkan dengan membawa ambulan serta tim medis, namun Ramadhani juga berpesan nomor telpon tersebut agar jangan di buat untuk main- main dengan mengerjai petugas kita. “Kasihan kita sama tim medis tersebut, sosialisasi ini perlu terus dilakukan kepada masyarakat luas, mengingat hingga sampai saat ini tidak sedikit dari masyarakat di Kota Solok yang belum mengetahui program Smas Care 119. Disamping menjemput aspirasi kepada masyarakat kegiatan reses ini juga salah satu kegiatan untuk menyampaikan serta mensosialisasikan program Pemerintah,” Ramadhani Kirana Putra

 

Masa reses adalah masa bagi aggota legislatif untuk melaksanakan kegiatan di luar masa sidang, atau di luar kantor dewan. Misalnya untuk melakukan kunjungan kerja mendatangi secara langsung konstituen atau masyarakat, baik dilakukan anggota secara perseorangan maupun kelompok.

Sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, reses merupakan salah satu kewajiban setiap anggota DPRD. Reses merupakan wadah atau media bagi Anggota DPRD untuk menampung dan menyerap aspirasi masyarakat yang diwakilinya (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here