Pilwana Kab. Solok: Pendistribusian Logistik Pemilu ke Nagari Tertinggal Dilakukan Secara Manual

0
410

SOLOK, JN- Demi Suksesnya pelaksanaan pemungutan suara pada Pemilihan Walinagari (Pilwana) serentak di Kabupaten Solok pada hari Kamis tanggal 28 November 2019 ini, maka pihak panitia P2WN di Kabupaten dan Kecamatan harus bekerja keras mendistribusian Logistik ke Nagari Tertinggal, seperti untuk Garabak Data dan Rangkiang Luluih, Kecamatan Tigo Lurah Kabupaten Solok.

“Harus bagaimana lagi, pengiriman kotak suara ke beberapa TPS harus dilakukan secara manual dengan menggunakan tenaga manusia, karena memang tidak ada akses jalan yang bisa dilewati oleh kendaraan untuk masuk ke daerah itu, ” sebut Ketua P2WN Kabupaten Solok Edisar, SH, M.Hum, Rabu (27/11).

Disebutkan Edisar, semua pihak sudah sepakat untuk mensukseskan Pilwana serentak di bumi markisa pada tanggal 28 November 2019 ini, termasuk untuk daerah
terisolir Garabak Data, Rangkiang Luluih dan lainnya.
Bahkan yang lebih parah lagi, untuk pendistribusian ke Nagari Sungai Abu dan Sariak Alahan Tigo, di Kecamatan Hiliran Gumanti, juga sempat terhambat karena akses jalan satu-satunya ke daerah itu terputus dan longsor selama hampir 2 hari, bertepatan dengan hari pebdistribusian logistik di Kabupaten Solok.

Disebutkan Ketua P2WN Kabupaten Solok, Edisar, di Kabupaten Solok akan melakukan Pilwana serentak pada tanggal 28 Novemver 2019 sebanyak di 54 Nagari.
“Semoga semua pihak mendukung suksesnya acara Pilwana serentak di Kabupaten Solok ini, ” sebut Edisar.

ASN dan THL diajak untuk ikut serta mensukseskan Pilwana serentak pada tanggal 28 November 2019 yang digelar pada 4 Nagari dari 74 Nagari yang ada di Kabupaten Bumi Penghasil Bareh Tanamo tersebut, karena memang diliburkan.

“Saya berharap agar Pilwana nantinya berjalan baik, aman, lancar dan kondusif, agar aktivitas masyarakat tidak terganggu. Berkompetisilah dengan baik dan saling menghargai proses dan terima dengan legowo siapa yang unggul,” sebut H. Yulfadri Nurdin, Wakil Bupati Solok.

Sesuai data yang dihimpun pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Nagari (DPMN) Kabupaten Solok, maka diantara nagari yang akan menggelar Pilwana serentak di Kabupaten Solok adalah, untuk Kecamatan Danau Kembar merupakan Nagari Simpangtanjung Nan IV, Kecamatan Pantai Cermin juga satu nagari yakni Surian, dan satu nagari di Kecamatan Lembah Gumanti yakni nagari Sungainanam.

Di Kecamatan X Koto Diatas ada tiga Nagari, diantaranya Nagari Bukikkanduang, Katialo, Kuncia dan Labuahpanjang. Serta kecamatan X Koto Dibawah ada nagari Saniangbaka, Singkarak, Tanjungbalik, Kacang, Sumani, Tanjungalai, dan Tikalak.

Sementara sembilan Nagari di Kecamatan IX Koto Sungai Lasi, akan menggelar Pilwana. Diantaranya Nagari Bukit Bais, Guguak Sarai, Indudur, Koto Laweh, Pianggu, Siaro-aro, Sungai Durian, Sungai Jambur dan taruang-Taruang,

Sementara untuk Kecamatan Junjung Sirih yaitu Nagari Muaropingai, di Kecamatan Bukit Sundi yakni Nagari Dilam.

Kecamatan Lembang Jaya terdapat enam nagari yaitu, Batubajanjang, Batubanyak, Kotoanau, Kotolaweh, Limaulunggo, dan Salayotanang. Kecamatan Payung Sekaki ada dua Nagari yakni, Sirukam dan Supayang. Lalu, Kecamatan Tigo Lurah ada tiga nagari yaitu Garabakdata, Tanjungbalik Sumiso dan Rangkiangluluih.

Enam Nagari di Kecamatan Gunung Talang, yakni Nagari Kotogadang Guguak, Kotogaek Guguak, Talang, Sungaijaniah, Cupak, Batangbarus dan Airbatumbuk. Kecamatan Kubung ada Enam Nagari juga, yaitu Nagari Gantungciri, Gauang, Kotobaru, Kotohilalang, Saoklaweh dan Tanjungbingkung (wandy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda