Perpustakaan Nagari Saok Laweh Wakili Sumbar ke tingkat Nasional Tahun 2018

0
1718

SOLOK, JN- Perpustakaan Nagari Saok Laweh, Kecamatan Kubung, Kabupaten Solok, berhasil mewakili Provinsi Sumatera pada ajang lomba perpustakaan umun Desa atau Nagari Tingkat Nasional.

Hari Senin (16/7), tim penilai nasional mengunjungi Nagari Saok Laweh dan mereka disambut Bupati Solok yang diwakili oleh Sekertaris Daerah, Aswirman. Selain itu, tampak juga hadir pada acara penyambutan tersebut antara lain Wali Nagari Saok Laweh, Irwin Saputra, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Propinsi Sumatera Barat Bapak Drs. Alwis, Sekretaris Pol PP, Sekeretaris Dinas Pendidikan, Sekretaris DPMN, Anggota DPRD Sumbar, Al Ghazali, Anggota DPRD Kabupaten Solok dan Camat Kubung, Dafrizon serta lainnya. Sementara Ketua Tim Penilai Nasional, dipercayakan kepada, T. Syamsul Bahri SH. M.Si dan Bpk Ir. Ahmad Adli Harahap, M.Si.

Salah seorang pengurus perpustakaan Saok Laweh, Edwar Chandra dalam eksposnya kepada tim penilai nasional menyebutkan bahwa Gerakan yang dilakukan oleh Yayasan Gemar Membaca Indonesia (YAGEMI) adalah dengan program buku masuk rumah. “Selama ini Yagemi juga menjalin kerja sama dengan pemerintah kabupaten solok melalui program Gemar Membaca dan mendapatkan bantuan buku sebanyak 1000 buku yang disumbangkan oleh pihak ketiga yaitu PT Taspen pada tahun 2016 dan itulah yang kami manfaatkan hingga saat ini,” jelas Edwar.

Disebutkannya, bantuan buku tersebut lalu disalurkan ke rumah rumah penduduk agar buku tersebut dapat dibaca oleh masyarakat yang dilaksanakan oleh kader dan relawan yang mengantarkan buku bacaan tersebut. Sementara Teknis distribusi buku tersebut dimasukan dalam kantong plastik sebanyak 5 buah yang terdiri dari bacaan untuk bapak 1, untuk ibuk ibuk 1 dan 3 buah untuk anak-anak. “Setelah 15 hari, maka buku-buku tersebut di jemput oleh relawan ke rumah rumah dan di ganti dengan buku yang baru, begitu seterusnya,” terangnya. Pihaknya juga menyebutkan bahwa pPada tahun 2018 gerakan gemar membaca dengan sistim tersebut telah bisa di nikmati 4 jorong di Nagari Soak Laweh dan kader relawan sudah bertambah 9 orang

Sementara Bupati Solok yang diwakili Sekda, Aswirman, pada sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang kepada tim penilai nasional dan berharap Nagari Saok Laweh bisa masuk Tiga besar nasional. “Atas nama pemerintahan Kabupaten Solok, kami merasa bangga dengan terpilihnya nagari Soak Laweh ini hingga ke tingkat nasional dan kali lolos dan dinilai tim dari nasional,” ujar Aswirman. Disebutkan Aswirman, Perpustakaan diharapkan mempunyai tugas menghimpun informasi dan ilmu pengetahuan dan perubahan yang terjadi dan akan selalu mengalami perkembangan sesuai dengan peradaban zaman.

Sekda juga juga menyebutkan bahwa Pemerintah Kabupaten Solok pada tanggal 12 September 2017 telah mendapatkan penghargaan dari perpustakaan nasional RI dengan menerima penghargaan Nugra Jasa Darma Pustaloka. “Untuk tahun ini akan dilanjutkan program Gerakan Nagari Membaca yang dijadikan pilot projek sebanyak 10 nagari di Kabupaten Solok,” ujar Aswirman.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Propinsi Sumatera Barat, Alwis, pada kesempatan itu juga berharap agar Kabupaten Solok dapat menjadi pemenang dan menjadi perpustakaan yang maju di Sumbar (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here