Peringatan HKN ke-54: Pemkab Solok Beri Penghargaan Kepada Pejabat Yang Tidak Merokok

0
208

SOLOK, JN- Puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54 di Kabupaten Solok, diperingati  dengan meriah denngan dipusatkan di Lapangan Sepakbola, Nagari Paninggahan, Kecamatan Junjung Sirih, Kabupaten Solok.

Acara HKN dengan mengambil tema,  “Aku Cinta Sehat, Ayo Hidup Sehat Mulai Dari Kita”, dilaksanakan pada Jumat (16/11/2018), dihadiri oleh Bupati Solok, H. GHusmal, SE. MM, para Asisten dan Staf Ahli Bupati, Kepala SKPD di Lingkup Pemerintah Kabupaten Solok, Ketua TP PKK Kabupaten Solok, Ny. Desna Devi Gusmal, Camat Junuljung Sirih, Herman, S. Sos, unsur Forkopimcam Junjung Sirih dan SOPD terkait.

Ketua panitia pelaksana acara,  dr. H. Sri Efianti, M.Kes, dalam laporannya menyebutkan bahwa dengan melalui momentum ini kita wujudkan masyarakat hidup sehat (germas) di Kabupaten Solok guna mensukseskan visi Kabupaten Solok di bidang kesehatan. Kegiatan ini akan berlangsung selama 2 hari yakni  dimulai tanggal 15-16 November 2018 yang diikuti oleh seluruh UPT Puskesmas yang ada di Kabupaten Solok.

 

Sementara Bupati Solok, H. Gusmal yang membacakan  sambutan Menteri Kesehatan RI menyebutkan bahwa  momentum HKN ini mengingatkan kita bahwa derajat kesehatan masyarakat setinggi-tingginya akan terwujud apabila semua komponen bangsa berperan dalam upaya kesehatanh dengan memprioritaskan promotive-preventif tanpa mengabaikan kuratif dan rehabilitatif. “Berbagai program kesehatan sudah berjalan dengan baik, hal ini dapat kita refleksikan melalui hasil-hasil pembanguinan kesehatan dan peningkatan mutu layanan. Saya mengajak segenap elemen terkait untuk selalu berusahan dalam mengurangi angka kematian ibu, angka kurang gizi serta berbagai penyakit menular,” jelas Gusmal.

Pihaknya juga berpesan kepada seluruh kepala dinas, kepala Puskesmas dan tenaga kesehatan agar mampu  mengerahkan seluruh potensi dalam rangka menyelesaikan masalah di daerah masing-maisng. “Puskesmas dan tenaga kesehatan harus  mengambil peran dalam mencerdaskan masyarakat untuk hidup sehat dengan secara aktif dan terus menerus melakukan promosi perilaku hidup bersih dan sehat,” jelas H. Gusmal.

 

Setelah membaca sambutan Menteri Kesehatan, Bupati Solok, H. Gusmal menyerahkan hadiah dalam rangka rangkaian kegiatanh HKN, diantaranya adalah untuk Pelaksanaan imunisasi MR terbaik adalah  PAUD Ananda Batu Bajanjang Bukik Sileh,  SMP N 1 Kubung,  Posyandu Limau Puruik Sei. Nanam, Puskesmas Alahan panjang (cakupan 90.19 %), Puskesmas Talang Babungo (cakupan 90.08 %) dan Kecamatan Lembah Gumanti

 

Selanjutnya adalah Nagari dengan program Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBS) terbaik adalah Nagari Siaro-Aro Kec. IX Koto Sei Lasi. Acara dilanjutkan dengan pemeberian penghargaan kepada pejabat eselon 2 yang tidak merokok dalam rangka mendukung program nasional gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) seperti Nofiarman  yang saat ini menjabat sebagai Staf Ahli Bid. Hukum dan Politik, Editiawarman, Kepala Dinsos Kabupaten Solok, Ir. drh. Kenedy Hamzah, Kadis Perikanan dan Pangan, Zulfahmi, Kadis DP2TP2A dan lainnya.

 

Sementara untuk Juara Lomba Toga Puskesmas dalam rangfka HKN ke-54 Tingkat Kabupaten  Solok adalah Juara 1 Toga Percontohan Puskesmas Singkarak, Juara 2, Toga Ceria Puskesmas Kayu Jao, Juara 3, Toga Rancak Puskesmas Selayo, Harapan 1, Toga Cinta Puskesmas Alahan Panjang, Harapan 2, Toga Permata Hati Puskesmas Paninggahan dan juara Harapan 3,  Toga Puskesmas Sirukam (wandy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda