Perempuan di Kabupaten Solok Diberi Pemahaman Politik

0
156

SOLOK, JN- Sebanyak 50 orang perempuan di Kabupaten Solok, hari Kamis (28/2), mengikuti seminar sehari dalam rangka Peningkatkan Partisipasi Perempuan pada bidang politik dan mewujudkan gender di Kabupaten Solok.

Acara digelar di ruang Danau Dibawah kantor Bupati Solok, dengan dihadiri oleh Asisten Koordinator Bidang Eksbangkesra, Drs.Aliber Mulyadi, Ketua KPU Sumbar, Amnasmen.SH, Kadis PPKBP3A, Zulfahmi dan peserta Seminar Sehari Peningkatan Partisipasi Perempuan Pada Bidang Politik

Ketua panitia Pelaksana acara yang juga Kabid pemberdayaan perempuan Maidarti.S.sos, dalam laporannya menyebutkan bahwa Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kabupaten Solok mengadakan kegiatan perumusan kebijakan peran dan posisi perempuan di bidang politik.

“Acara ini bertujuan untuk tercapainya peran serta dan SDM perempuan di bidang politik untuk meningkatkan kualitas hidup dan mewujudkan kesetraan gender di Kabupaten Solok,” terang Maidarti. Disebutkannya, para peserta berasal dari perempuan aktif Caleg partai politik tahun 2019 yang ada di Kabupaten Solok lebih kurang 50 orang.

Tujuan kegiatan ini meningkatkan keterwakilan politik perempuan berarti juga meningkatkan keefektifan mereka dalam mempengaruhi keputusan- keputusan politik yang akan dapat menjamin hak-hak kelompok perempuan dan masyarakat luas, serta mengalokasikan berbagai sumber daya yang diperlukan untuk meningkatkan kualitas hidup manusia.

Bupati Solok yang diwakil oleh Asisten Eksbangkesra Drs.Aliber Mulyadi, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pemerintah daerah berupaya unuk meningkatkan kapasitas kelembagaan, jejaring serta partisipasi masyarakat dalam mencapai kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan dengan berbagai program dan kegiatan yang salah satu kegiatanya adalah peningkatan kapasitas perempuan pada bidang politik sebagaimana kegiatan kita hari ini.

“Secara lebih spesifik, sistem politik dan partai-partai poltik indonesia dinilai sangat tidak peka gender akibatnya, kaum perempuan berikut isu-isu yang menyangkut diri mereka menjadi diremehkan,” terang Aliber Mulyadi. Diharapkannya, Ilmu dan pengetahuan yang diterima selama pelatihan ,agar dapat bermanfaat dan dapat diaplikasikan dalam rangka membantu kaum perempuan untuk meningkatkan kualitas hidup perempuan. “Marilah kita bersama-sama untuk mensukseskan program pengarusutamaan gender sehingga kesenjangan gender atau ketidak seimbangan, kesempatan, akses ,partisipasi,kontrol dan manfaat antara perempuan dan laki-laki yang dapat terjadi dalam proses pembangunan dapat diminimalisir,” terang Aliber Mulyadi

Sementara Ketua KPU Sumbar, Am Nasmen, juga menyebutkan bahwa acara ini diharapkan mampu membantu kaum perempuan untuk meningkatkan kualitas hidup perempuan di bidang politik.

“Saya mengajak, marilah kita bersama-sama untuk mensukseskan program pengarusutamaan gender sehingga kesenjangan gender atau ketidak seimbangan dengan kaum laki-laki tidao lagi terjadi, ” jelas Amnasmen (wandi)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda