Penilaian Kompetisi Pelayanan Prima dan Inovasi Pelayanan Publik Pamali di Kabupaten Solok

0
119

SOLOK, JN- Tim penilai Provinsi tentang penilaian Kompetisi Pelayanan Prima dan Inovasi Pelayanan Publik “Pamali” dalam upaya mencegah kejadian anemia pada remaja putri dalam rangka menurunkan prevelensi stunting, angka kematiam ibu dan bayi di Kabupaten Solok, hari Kamis (2/5), mengunjungi Kabupaten Solok.
Acara di gelar di Aula Dinkes Kabupaten Solok. Tampak hadir pada acara tersebut, Bupati Solok yang diwakili oleh Sekdakab, H.Aswirman, SE, MM, Kadis kesehatan, dr.Hj.Sri Efianti, Ketua tim penilai Provinsi Prof.Dr.Edi Safri, para Kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Solok, Kepala Sekolah SMP 4 Gunung Talang, Kepala Puskesmas Kayu Jao, Perwakilan Wali Murid dan Murid SMPN 4 Gunung Talang serta lainnya.

Kadis Kesehatan Kabupaten Solok, dr.Hj Sri Efianti, dalam laporannya menyampaikan ucapan selamat datang kepeda tim penilai pelayanan prima dan inovasi tingkat sumatera Barat di Kabupaten Solok.

“Dapat kami informasikan kepada bapak/ibu bahwa kami dari Dinas Kesehatan Kabupaten Solok beserta jajaran telah berupaya semaksimal mungkin untuk memberikan pelayanan prima dan inovasi pelayanan kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Solok,” terang Sri Efianti.

Pelayanan ini kami beri nama. ”PAMALI” atau Papa Mama Peduli, dalam upaya mencegah kejadian Anemia pada remaja putri dalam rangka menurunkan prevalensi stunting angka kematian ibu dan bayi di Kabuoaten Solok.

Dinas Kesehatan juga berusaha memberikan pelayanan yang baik, efektif dan efisien agar masyarakat dapat terlayani dengan cepat,tepat dan professional, tidak boleh lagi ada pelayanan yang panjang, rumit, serta mempersulit masyarakat.

“Dinas Kesehatan Kabupaten Solok juga sudah membuat zona integritas dimana kita berkomitmen mewujudkan wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih melayani yang di dukung oleh kepala daerah serta melibatkan wali nagari, tokoh masyarakat, PKK dan instansi terkait lainya,” sebut dr. Sri Efianti.

Menurutnya, di bidang kesehatan Pemkab Solok juga mempunyai sasaran peningkatan derajat kesehatan masyarakat, menurunkan angka kesakitan dan kematian, serta meningkatkan mutu pelayanan kesehatan dengan indikator angka kematian ibu. Angka kematian bayi, prevalensi stunting, prevalensi HIV, prevalensi diabetes, cakupan imunisasi serta kepuasaan masyarakat.

Ketua Tim Penilaian Prof.Dr Edi Safri, dalam sambutannya juga menyampaikan ucapan Terimakasih kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Solok yang telah ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

“Kegiatan ini adalah program nasional yang setiap tahun diadakan untuk menumbuhkan motivasi dikalangan aparat pemerintah dalam hal ini SKPD supaya memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat,” sebut Prof.Dr Edi Safri.

Disebutkannya, tujuan kegiatan ini adalah agar masyarakat tidak lagi merasa dipersulit oleh pemerintah dalam berurusan

Tim ini adalah tim independent dan tidak ada satupun anggota tim penilai yang berasal dari internal pemerintah daerah, serta bebas dari tekanan pihak manapun.

“Dalam sistem penilaian yang akan kami liat adalah cara dinas ini dalam memberikan pelayanan prima dan inovasi pelayanan kepada masyarakat serta didukung oleh fasilitas yang memadai,” terang Prof.Dr Edi Safri.

Sementara Bupati Solok yang diwakili oleh Sekdakab Solok, H.Aswirman.SE.MM, dalam arahannya juga menyampaikan ucapan selamat datang kepada rombongan tim penilai kompetisi pelayanan prima dan inovasi pelayanan publik di Kabupaten Solok.

“Saya juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kepala Dinas Kesehatan beserta jajaranya yang telah bekerja dengan baik dalam mempelopori kegiatan ini,” jelas Aswirman.

Melalui kegiatan ini, Setda berharap agar Dinas Kesehatan Kabupaten Solok dapat memberikan pelayan publik yang baik kepada masyarakat.

Dan melalui kegiatan ini nantinya dapat mencegah dan mengurangi stunting, kematian ibu dan bayi di Kabupaten Solok serta dapat mencegah terjadinya anemia pada remaja.

“Saya berharap nantinya tim penilai memberikan nilai yang bagus kepada Kabupaten Solok,” pungkas Aswirman (wandy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda