Pemkab Solok Gelar Sosialisasi Tentang Kerjasama Daerah

0
29

SOLOK, JN- Dalam rangka meningkatkan pemahaman para aparatur perangkat daerah dalam menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, seperti pihak ketiga atau swasta, baik itu pembangunan fisik dan lainnya, maka Pemkab Solok menggelar acara Sosialisasi Peraturan Pemerintah No 28 Tahun 2018 Tentang Kerjasama Daerah.

Acara digelar Kamis (4/4), bertempat
Di Ruang Utama Solok Nan Indah, Kantor Bupati Solok.
Acara dibuka oleh Bupati Solok, H. Gusmal, SE, MM, dengan dihadiri oleh
Kepala Pusat Fasilitasi Kementerian Dalam Negeri RI, Dr. Nelson Simanjuntak, SH, M.Si yang juga bertindak sebagai Narasumber, para
Staf Ahli Bupati, Asisten, Kepala SKPD, para Kepala Bagian di Lingkup Setda Kabupaten Solok.

Menurut ketua panitia pelaksana acara, Devi Pribadi, S.Sos, bahwa kegiatan ini digelar bertujuan untuk meningkatkan pemahaman para aparatur perangkat daerah, dalam menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, seperti pihak swasta, baik itu pembangunan fisik ataupun kerjasama kegiatan dan pengelolaan aset dalam memajukan daerah.

Kegiatan ini diikuti oleh para Kepala SKPD, para Camat di lingkup Pemda Kabupaten Solok, masing-masingnya mengirimkan satu orang staf.

Bupati Solok Solok H. Gusmal, SE, MM, dalam arahannya menyampaikan bahwa Pemkab Solok angat memerlukan kerjasama Pemerintah Daerah dengan pihak lain, namun karena keterbatsan dana yang dimiliki oleh Pemerintah untuk membangun maupun mengelola berbagai kegiatan dan aset sering terkendala. Selain itu, sering kali kerjasama ini menjadi masalah hukum bagi paratur di daerah.

“Sering kali masalah itu timbul karena kurangnya pengetahuan para aparatur kita tentang regulasi yang mengikat dan mengatur kerjasama ini. Untuk itu, kedepannya kita harapkan dengan adanya kegiatan ini akan menambah wawasan para aparatur kita dalam kerjasama daerah dengan pihak lain,” terang H. Gusmal.

Kepada Narasumber, Gusmal berharap agar memberikan ilmunya secara detail tentang kerjasama ini.
Sementara kepada para peserta, juga diminta untuk mengikuti acara ini sebaik mungkin dan jangan ragu pula untuk bertanya.
Bupati berharap agar peserta yang belum memahami jangan malu-malu untuk bertanta. Bupati juga berharap pihak ketiga atau swasta untuk dapat bekerjasama dalam membangun dan memajukan daerah Kabupaten Solok.

Sementara Kepala Pusat Fasilitasi Kementerian Dalam Negeri RI, Dr. Nelson Simanjuntak, SH, M.Si yang juga bertindak sebagai Narasumber, dalam narasinya mengakui bahwa bagaimanapun sesuatu daerah kalau ingin maju, diperlukan investor atau pihak ketiga, karena tidak cukup dengan anggaran yang ada saja.
“Semoga acara ini bisa bermanfaat bagi kita semua dan jangan ragu-ragu pula bertanya, ” terang Nelson Simanjuntak (wandy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda