Pemkab Solok Gelar Rapat Koordinasi Persiapan Pemilu

0
85

SOLOK, JN- Bupati Solok, H. Gusmal, membuka rapat koordinasi persiapan pemilu tahun 2019, bertempat di Aula DPMN Kabupaten Solok, Selasa (26/3).

Selain Bupati Solok, H.Gusmal, tampak hadir Ketua DPRD Kabupaten Solok, H.Hardinalis Kobal, Sekretaris KPU Kabupaten Solok, Efrizon, Banwaslu, unsur Forkompimda Kabupaten Solok, para Kepala SKPD beserta Camat dilingkup pemerintah Kabupaten Solok, dan Ormas lainnya.

Ketua Panitia pelaksana kegiatan yang juga Sekretaris KPU Kabupaten Solok Efrizon, dalam laporannya menyebutkan bahwa kegiatan rapat koordinasi ini, terlaksana atas kerja sama antara Pemda Kabupaten Solok, Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Solok dan juga dengan dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Solok.

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk melihat, memonitor dan mengkoordinasikan kegiatan setiap stakeholder terkait yaitu KPU dan Banwaslu, Pemda Kabupaten Solok, pihak keamanan/kepolisian Pamong Praja dan pihak lainya, dalam persiapan pelaksanaan pemilihan umum serentak tahun 2019 di Kabupaten Solok,” sebut Efrizon.

Sementara tujuan selanjutlah adalah untuk mengantisipasi secara dini/pencegahan preventif terhadap kemungkinan terjadinya gangguan ,hambatan dalam setiap tahapan pemilu dan pemberitahuan kepada masyarakat bahwa pemilu serentak akan dilaksanakan pada tanggal 17 april 2019 dan akan memilih DPR, DPD, Presiden dan Wakil presiden, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten Kota.

Bupati Solok, H.Gusmal, dalam sambutannya menyebutkan bahwa Pemilihan umum merupakan salah satu pilar demokrasi sebagai wahana perwujudan kedaulatan rakyat guna menghasilan pemerintahan yang demokratis oleh sebab itu seluruh komponen masyarakat sangat diperlukan untuk mensukseskan pemilu.

Dijelaskan Bupati, kegiatan rapat koordinasi pemerintah Kabupaten Solok bersama unsur Forkopimda, Forkopimcam, Bawaslu, KPU, ormas dan instansi terkait lainya adalah untuk mensukseskan pelaksanaan pemilu dan pilres tahun 2019 serta menjaga stabilitas keamanan daerah di kabupaten dalam kaitanya dengan situasi dan kondisi saat ini.

“Partisipasi masyarakat juga murupakan bagian yang penting dalam pemilu dengan pemilih cerdas yang terus disosialisasikan kepada masyarakat diharapkan nantinya dapat memilih wakil-wakil rakyat yang memiliki integritas dan kualitas yang tinggi,” terang H. Gusmal.

Bupati juga mengimbau kepada seluruh aparatur pemerintah komponen masyarakat, tokoh politik, tokoh masyarakat dan organisasi masyarakat agar membangun rasa saling pengertian,toleransi,dialog dan kerja sama serta tidak mudah terprovokasi terhadap segala hasutan dan pengaruh nagatif.

“Saya berharap dengan dilaksanakanya sosialisasi ini dapat mewujudkan kesamaan persepsi dan sinergisitas yang kuat dan berkesinambungan antara penyelenggara pemilu,aparatur pemerintah,ormas dan partai politik dalam upaya mensukseskan pemilu di Kabupaten Solok,” pungkas Gusmal (wandy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda