Pemkab Solok Gelar Lomba Ayam Kukuak Balenggek Sambut HUT Kabupaten Solok ke 106

0
125

SOLOK, JN- Dalam rangka ikut memeriahkan hari jadi Kabupaten Solok yang ke-106 tahun 2018, Pemkab Solok menggelar acara Lomba Ayam Kukuak Balenggek tingkat nasional, yang dilaksanakan Senin (8/4), bertempat di Halaman Kantor DPRD Kabupaten Solok
Acara dibuka oleh Bupati Solok, H. Gusmal, S.E., M.M, dengan dihadiri oleh Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Propinsi Sumbar, Erinaldi, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Solok, Ir. H. Atmaizon, Kabid Peternakan, M. Topan, serta Kepala SKPD di Lingkup Pemkab Solok.

Menurut ketua pelaksana acara, Ir. H. Atmaizon, kegiatan lomba ini dilaksanakan dalam rangka melestarikan dan membudayakan ayam jago/ayam kukuak balenggek khususnya di Kabupaten Solok yang merupakan asal ayam tersebut sekaligus memeriahkan hari jadi Kabupaten Solok yang ke-106 . “Lomba ini berskala nasional yang berasal dari berbagai daerah di Propinsi Sumbar, Riau, Jambi dan Bengkulu serta ikut mensukseskan hari jadi Kabupaten Solok,” jelas Atmaizon. Disebutkannya, kategori lomba yang disertakan adalah kategori landiak, boko dan istimewa.
Sementara Bupati Solok, H. Gusmal, S.E., M.M dalam arahannya menyampaikan bahwa dengan adanya kegiatan ayam kukuak balenggek ini,  semoga semakin tinggi juga antusias kita untuk memelihara ayam jago / ayam kukuak balenggek yang juga merupakan maskot fauna Kabupaten Solok. “Kedepannya saya berharap adanya UPT khusus untuk ayam kukuak balenggek di kabupaten Solok, guna sebagai salah satu tempat  melestarikannya serta juga untuk mengembangkan ayam kukuak balenggek,” jelas Gusmal. Selain itu, lomba ini juga bertujuan untuk menumbuhkembangkan kecintaan masyarakat dan mengajak masyarakat untuk antusias memelihara serta melestarikan ayam kukuak balenggek bukan hanya di daerah asalnya saja seperti Kecamatan Payung Sekaki, Tigo Lurah dan Juga Lembah Gumanti. “Ayam kukuak balenggek adalah maskot Kabupaten Solok dan jangan sampai punah,” jelas H. Gusmal.
Disebutkan Bupati, Pemerintah Kabupaten Solok sangat antusias dan bangga menjadkan salah satu unggas yang langka ini sebagai maskot fauna Kabupaten Solok, hal ini dapat dilihat di Tugu Ayam kukuak Balenggek yang ada di taman depan Kantor Bupati.
“Kita berharap dengan kegiatan ini dapat mendorong tumbuh kembangnya penangkar ayam kukuak balenggek, serta melestarikan budidaya ayam kukuak balenggek ini. Kepada Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sumbar, kita berharap agar juga membentuk UPT untuk pemeliharaan ayam kukuak balenggek di Kabupaten Solok,” pungkas H. Gusmal (wandy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda