Pemkab Solok Gelar Diskusi Politik Dalam Rangka Persiapan Pilkada Serentak Tahun 2020

0
271

SOLOK, JN- Pemerintah Kabupaten Solok, menggelar diskusi politik dalam rangka persiapan Pilkada serentak di Kabupaten Solok Tahun 2020.

Rapat digelar di Guest House Arosuka, Selasa (09/6), dengan dihadiri oleh Bupati Solok,H. Gusmal, SE, MM, Sekretaris Daerah (H. Aswirman, SE, MM, Forkopimda Kabupaten Solok,  Ketua KPU Kab. Solok, Ir. Gadis, M.Si, Ketua Bawaslu Kab. Solok, Afry Memory, SE, Anggota Forum Diskusi Politik dan lainnya.

Dalam arahannya, Bupati Solok, H. Gusmal menyampaikan ucapkan selamat bertugas kembali kepada KPU dan Bawaslu dalam pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020.

” Pemilu serentak akan dilaksanakan pada tanggal 9 Desember 2020. KPU dan Bawaslu akan bekerja lebih baik lagi demi kelancaran Pilkada nanti dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” sebut H. Gusmal.

 Disebutkan Bupati, semua kita harus fokus dan teliti dalam melaksanakan proses pilkada walaupun dalam masa pandemi covid-19 dan menyemangatkan masyarakat agar ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan Pilkada termasuk dalam memberikan hak suaranya.

Pemerintah berharap segala pemangku kepentingan dan unsur terkait agar dapat mengajak masyarakat ke TPS, bukan mengajak atau mempengaruhi masyarakat untuk memilih kandidat sesuai dengan pilihan masyarakat itu sendiri, dan kepada petugas yang bersangkutan agar dapat menjalankan tugasnya sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Data pemilih perlu divalidasi, untuk itu harus ada kerja sama antara KPU dengan Disdukcapil. Pegawai Negeri Sipil ( PNS ) harus netral tidak boleh berpihak kepada salah satu calon,” sebut H. Gusmal.

Pihaknya meminta KPU agar koordinasi yang intensif dengan pemerintah daerah dan bawaslu terutama kantor Kesbangpol agar Pilkada mendatang berjalan dengan sukses.

“Keberhasilan dan kualitas pelaksanaan Pilkada nanti akan bergantung dengan tingkat keikutsertaan masyarakat dalam memberikan hak suaranya,” sebut Gusmal. 

 Bupati berharap agar partai politik dapat berkampanye sesuai dengan prosedur dan tidak menjatuhkan lawan politiknya. Serta berpesan agar seluruh yang terlibat dalam pelaksanaan pilkada nanti dapat terus dan segera melaporkan setiap masalahn maupun hambatan yang ada di lapangan.

Ketua KPU Kabupaten Solok, Ir. Gadis, dalam sambutannya menyebutkan bahwa semua Instansi terkait sepakat melaksanakan Pilkada di tengah pandemi covid-19 namun harus sesuai dengan arahan KPU pusat dan tetap melaksanakan protokol kesehatan.

Pengadaan logistik harus dilaksanakan untuk mencek langsung kualitas surat suara yang digunakan.

Jumlah DPT dalam satu TPS akan dikontrol dan diminimalisir demi menghindari kerumunan banyak orang.

“Rapid test untuk KPU, PPK, Sekretariat KPU, PPDP, KPPS akan kita lakukan demi menghindari penyebaran covid-19 di lingkungan pelaksanaan pilkada,” jelas Ir. Gadis.

 KPU berharap APD yang akan diterima dapat langsung berupa barang agar dapat langsung di distribusikan.

Sementara Ketua Bawaslu Kabupaten Solok, Afri Memori, dalam sambutannya memyarankan agar setiap melakukan persiapan dalam melaksanakan tahapan-tahapan pilkada serentak tahun 2020, agar berjalan sukses.

 Tahapan pilkada tahun 2020 dimulai pada tanggal 15 Juni 2020.  “Persiapan yang dilakukan oleh Bawaslu adalah mellakukan struktur anggaran sesuai dengan NPHD yaitu Rp 6,5 Milyar

“Tugas Bawaslu melakukan pengawasan dan pencegahan terhadap kecurangan yang akan terjadi pada pilkada mendatang,” sebut Afri Memori.

Dan semua Forkopimda di Kabupaten Solok siap membantu, menjaga dan mengamankan penyelenggaraan pilkada tahun 2020 agar berjalan lancar, aman dan sukses dan tetap mempedomani protokol kesehatan (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here