Pecah Telor, Kabupaten Solok Raih WTP Untuk Pertama Kalinya

0
1030

SOLOK, JN-Untuk Pertama Kalinya Pemkab Solok Raih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sumatera Barat dalam pengelolaan keuangan daerah di bumi penghasil bareh tanamo itu, Jum’at (25/5). Penyerahan itu dilakukan oleh Kepala BPK Perwakilan Sumbar, bertempat di Aula Kantor BPK RI Perwakilan Sumbar di Padang.

Laporan hasil pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2017 itu diserahkan Kepala BPK Perwakilan Sumbar, Pemut Arya Wibowo kepada Bupati Solok, H. Gusmal Dt Rajo Lelo, SE, MM dengan disaksikan Ketua DPRD Kabupaten Solok, H. Hardinalis Kobal, SE, MM, dan para Kepala OPD se Kabupaten Solok.

Kepala BPK Perwakilan Sumbar, Pemut Arya Wibowo menyebut laporan hasil pemeriksaan keuangan Pemkab Solok sudah bagus dan sesuai dengan yang diharapkan, sehingga dinilai layak meraih WTP untuk pertama kalinya.

 

“Hal semacam inilah yang kami harapkan, mudah-mudahan bisa dipertahankan untuk tahun selanjutnya,” jelas Pemut Arya Wibowo. Disebutkannya, Pemeriksaan terhadap laporan keuangan bertujuan untuk memberikan opini tentang kewajaran penyajian laporan keuangan

Berdasarkan pemeriksaan yang telah dilakukan BPK atas Laporan Pemerintah Kabupaten Solok tahun 2017, termasuk implementasi atas rencana aksi yang telah dilaksanakan oleh Kabupaten Solok, maka BPK memberikan Opini Wajar Tanpa Pengecualian atas Laporan Pemerintah Kabupaten Solok tahun 2017

“Pejabat wajib menindaklanjuti rekomendasi laporan hasil pemeriksaan, dimana pejabat memberikan jawaban dan penjelasan kepada BPK tentang tindak lanjut rekomendasi laporan hasil pemeriksaan untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut atas materi hasil pemeriksaan yang dirasakan belum jelas (selambat-lambatnya 60 hari setelah laporan diterima,” ujar Pemut Arya Wibowo

Bupati Solok, H. Gusmal dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih atas dukungan semua pihak, terutama BPK yang telah melakukan audit terhadap LKPD Pemkab Solok tahun 2017. Terlebih, BPK juga memberikan beberapa masukan dan hal-hal terkait apakah sudah sesuai dengan ketentuan.

“Alhamdulillah, kita patut bersyukur kepada Allah karena untuk pertama kalinya daerah kita meraih penghargaan ini dari LHP terhadap LKPD di 2017. Saya juga ingin menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada seluruh SKPD di lingkungan Pemkab Solok yang mampu dengan baik menyelesaikan penyajian laporan keuangan ini dengan baik,” terang Gusmal.

Bupati juga berharap agar raihan WTP ini memberikan manfaat dalam rangka untuk mewujudkan tata kelola pengelolaan keuangan yang semakin baik, akuntabel dan transparan di Kabupaten Solok (wandy)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here