Partai PAN Kabupaten Solok Buka Pencalekan Dini Bagi Balon Anggota Legislatif

0
1815

SOLOK, JN–DPD Partai Amanat Nasional Indonesia (PAN) Kabupaten Solok, membuka pencalekan dini untuk calon anggota legislatif priode 2019-2024, bertempat di kantor DPRD PAN Kabupaten Solok, Jalan Lintas Sumatera KM 19 Sukarami, Kecamatan Gunung Talang.
Hal itu disampaikan Ketua DPD PAN Kabupaten Solok, Ahmad Rius, SH, saat menggelar jumpa Pers dengan awak media di kantor berlambang matahari putih itu, Sabtu sore (16/9). Hadir pada kesempatan itu, Sekretaris DPD PAN Kabupaten Solok, Drs Erman Jamal, Ketua KPPD, Thomas Windu, Wakil Ketua KPPD, Yusri Randu, Wakil Ketua Bidang Humas dan Media DPD PAN Kabupaten Solok, Sofriwandy NR, Pengurus harian DPD PAN Solok, sayap-sayap organisasi seperti BM-PAN serta PUAN.
Dalam sambutannya, Ahmad Rius menyampaikan bahwa DPD PAN Kabupaten Solok sesuai dengan Amanat Rakernas dan Surat edaran DPW PAN Sumbar, segera melakukan penjaringan dini terhadap bakal calon anggota legislatif yang akan maju sebagai wakil rakyat pada tahun 2019 mendatang. “Kita dari DPD PAN sudah berkomitmen unuk menjaring secara transfaran, terbuka, tidak dipungut biaya (tanpa mahar), bagi para calon anggota legislatif yang nantinya siap mengbdikan dirinya untuk masyarakat Kabupaten Solok dan tidak berpihak kepada kepentingan individual semata,” jelas Ahmad Rius. Disebutkannya, Partai PAN akan membuka seluas-luasnya kesempatan bagi masyarakat umum, baik kader internal PAN maupun yang sebelumnya berkiprah di parpol lain, TNI, Polri, PNS, Walinagari dan profesional lainnya. Namun PAN akan memperhatikan aturan kepemiluan dan ketentuan yang berlaku. “Prinsipnya PAN mempersilakan siapa pun boleh mendaftar, bahkan anak-anak muda dan mahasiswa diperbolehkan. Pendaftar dipersilakan menentukan Daerah Pemilihan (Dapil) yang diminatinya. Seluruh calon akan dievaluasi secara ketat meliputi banyak aspek dan kriteria. Nilai dan peringkat yang diraih para pendaftar akan menjadi basis penentuan nomor urut di dapil masing-masing,” ujar anggota Komisi I DPRD Sumbar ini. Disebutkannya, pendaftaran akan dibuka mulai tanggal 16 September 2017 dan berakhir tanggal 16 Oktober 2017 setiap jam kerja. Bakal caleg akan mendapat kesempatan melakukan sosialisasi ke masyarakat karena penting menguji kapasitas intelektual, popularitas, dan elektabilitas masing-masing calon, juga menepis anggapan ada subyektivitas dalam penentuan bakal calon. PAN juga menerapkan skema zonasi dan kompensasi di tiap dapil di semua tingkatan.
Selain peluang besar bagi masyarakat umum untuk terjun kedunia politik karena DPD PAN sudah menyepakati bahwa maksimal 40 persen bakal caleg bisa direkrut dari luar kader PAN. Sementara calon yang sudah mendaftar, nantinya akan diberi pelatihan untuk bakal menghadapil pileg. Hal itu bertujuan agar anggota dewan nantinya yang terpilih dari PAN berintegritas dan harus brsungguh-sungguh menampung aspirasi dan melayani rakyat. “PAN menargetkan bukan hanya kemenangan secara kuantitas, tapi juga berkualitas. Artinya, orang yang duduk di legislatif nantinya diharapkan memiliki kualitas yang terukur. Selama ini banyak di antara anggota dewan yang kualitasnya seadanya saja. Ke depannya perlu peningkatan yang mumpuni,” tegas Ahmad Rius yang diamini oleh Sekretaris DPD PAN, Erman Jamal.
DPD PAN Kabupaten Solok menargetkan 7 kursi untuk anggota DPRD Kabupaten Solok mendatang (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here