Pamsimas Gelar Dialog Dengan Wakil Bupati Solok

0
74

SOLOK, JN- Pengurus Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas), Kabupaten Solok, hari Selasa (11/6), menggelar acara dialog serta berkoordinasi dengan Wakil Bupati Solok, H. Yulfadri Nurdin, SH, tentang permasalahan, pengelolaan Air Bersih Masyarakat Kabupaten Solok, bertempat di ruang kerja Wabup Solok di Arosuka.

Mengenai permasalahan Pansimas ini, merupakan salah satu tugas yang diberikan Bupati Solok kepada Wakil Bupati Solok.

Hadir pada acara dialog tersebut yakni Lembaga yang dilbatkan seperti Ketua Asosiasi Pansimas Kabupaten Solok, Armijon, Fasilatator Pamsimas Kabupaten Solok, Hamda Amri, Perwakilan dari Dinas PUPR yakni, Sakirman dan Wirnovri serta beberapa orang anggota.

Sementara permasalahan yang dibicarakan adalah problema yang menimbulkan kurang efektifnya program Pamsimas di Kabupaten Solok. Diantaranya adalah mengenai kurang aktifnya Lembaga Pengelola Pansimas di Nagari dan hilangnya kepercayaan masyarakat terhadap pengurus/pengelola lembaga Pamsimas di Nagari dikarenakan kurangnya transparansi di beberapa unit. Selanjutnya masalah yang dibicarakan mengenai kurangnya perhatian Walinagari terhadap unit Pamsimas yang telah dibangun didaerahnya. Serta masih minimnya Keterlibatan dinas terkait di pemerintahan Kabupaten Solok, baik dukungan moril maupun materil tentang keberadaan Pamsimas.

Ketua Asosiasi Pamsimas Kabupaten Solok, Armijon, kepasa Wabup Solok menyebutkan bahwa di Kabupaten Solok saya ini memliki 122 unit Pandimas yang tersebar di 74 nagari, hampir 80 persen unit mengalami infungsional, setidaknya ada sekitar 17 unit yg mengalami rusak berat (non- aktif).

Fasilitator Pamsimas juga memohon dukungan Pemerintah daerah untuk memberikan sokongan terhadap pemerintah Nagari untuk memperhatikan unit Pamsimas yang ada di wilayahnya, karena biaya perbaikan dan pengelolaan Pamsimas tidaklah besar dan bisa diambilkan dari dana Nagari.

Sementara Asosiasi Pamsimas meminta Pemerintah Daerah untuk dapat memfasilatasi Pengurus Pansimas Nagari dalam hal peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia pengurus Pamsimas Nagari lewat Dinas-dinas terkait seperti dinas DPMN, Kesehatan dan PUPR serta Barenlitbang Kabupaten Solok.

Sementara Wabup Solok meminta Fasilator dan Asosiasi untuk segera menginventarisir dan mengelompokan unit Pamsimas yang bermasalah sesuai dengan tingkat permasalahannya, agar dalam mengambil langkah penindkan selanjut bisa disesuaikan dengan tingkat masalahnya masing-masing.

” Kedepan kita akan benar-benar libatkan dinas terksit seperti DPMN, Kesehatan dan PUPR serta Barenlitbang Kabupaten Solok untuk secara bersama-sama menjalankan program Pamsimas ini, ” jelas Wakil Bupati Solok.

Wabup juga berharap, agar pengurus dan Fasilitator Pamsimas untuk terus bekerja agar keberadaan Pansimas ini bisa dirasakan oleh Masyarakat (wandy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda