Nama Syaiful Semakin Digadang-Gadangkan Untuk Menduduki Posisi Kepala Barenlitbang Kab. Solok

0
119

SOLOK, JN- Semakin kencang rumor yang beredar di bumi penghasil bareh tanamo tersebut bahwa untuk pengganti Kepala Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan (Barenlitbang), Kabupaten Solok yang kosong, maka nama Syaiful, ST, MM, yang saat ini menjabat sebagai Kepala ULP kabupaten Solok, dianggap lebih cocok dan digadang-gadangkan untuk menempati posisi tersebut.

“Menurut saya Bapak Syaiful memang sudah sangat pas untuk menduduki posisi tersebut. Sebab beliau sudah sarat pengalaman di sudah pernah malang melintang diberbagai kantor di Pemkab Solok, ” sebut anggora DPRD Kabupaten Solok, Firmansyah, Minggu (14/7), saat berbincang dengan media ini di Solok.
Dijelaskan Firmansyah, selain putra daerah, yang terpenting Syaiful sudah mengetahui kondisi Kabupaten Solok secara umum. Sebab menururnya, Barenlitbang merupakan dapurnya Pemkab Solok untuk memasak segala jenis pembangunan.
“Seorang Kepala koki, harus tau bumbu apa yang cocok untuk sebuah masakan. Kalau tidak dijamin pelanggan akan kecewa dan dia juga harus tau apa kebutuhan pelanggannya, ” terang Firmasyah lagi.

Sebelumnya, Calon Ketua DPRD kabupaten Solok priode 2019-2024, Jon Firman Pandu, juga mengaku sangat mendukung bila Syaiful dipercaya menjadi Kepala Barenlitbang.

“Kita berharap agar Kepala Barenlitbang itu berwawasan luas dan betul-betul bisa memahami Kabupaten Solok secara utuh. Dan menurut saya nama Syaiful sudah masuk kedalamnya dan mungkin juga sudah ada ditangan Bupati, ” sebut Jon Firman Pandu, yang saat ini juga menjabat sebagai Ketua Fraksi Gerindra DPRD Kabupaten Solok.

Dijelaskan Jon Pandu, ada nama satu nama lain yang mengapung untuk kandidat kuat pengganti Kepala Barenlitbang yakni Desmalia yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris Barenlitbang.

“Kalau menurut saya, mungkin nama Syaiful lebih berpeluang posisi itu, karena beliau hafal betul seluruh Nagari dan kondisi geografis Kabupaten Solok, ” terang Jon Firman Pandu.

Disebutkan Jon Pandu, tugas Barenlitbang yang dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Solok Nomor 8 Tahun 2016 adalah membantu Bupati dalam melaksanakan urusan pemerintahan bidang perencanaan dan bidang penelitian dan pengembangan.

Tugas tersebut diantaranya adalah menyusunan kebijakan teknis pemerintah di bidang perencanaan dan bidang penelitian dan pengembangan. Kemudian untuk pelaksanaan tugas dukungan teknis dibidang perencanaan dan bidang penelitian dan pengembangan. Berikutnya adalah sebagai pemantauan, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan tugas dukungan teknis di bidang perencanaan dan bidang penelitian dan pengembangan.

Tugas lain adalah pembinaan teknis penyelenggaraan fungsi-fungsi penunjang urusan pemerintahan daerah di bidang perencanaan dan bidang penelitian dan pengembangan; dan pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya.

“Yang tidak kalah penting tugasnya adalah penyusunan program dan anggaran meliputi penyusunan Renstra, Renja dan RKA serta penyelenggaraan administrasi perkantoran yang meliputi ketatausahaan, kepegawaian, rumah tangga, hukum, organisasi dan hubungan masyarakat,” sebut Jon Firman Pandu.

Selain itu tugas tersebut, tugas Barenlitbang juga sebagai penyelenggaraan urusan keuangan dan kelengkapan yang meliputi perbendaharaan, pendapatan, pengelolaan barang milik daerah, tindak lanjut hasil pemeriksaan, monitoring dan pelaporan.

Syaiful juga pernah menjabat sebagai
Sekretaris di Dinas PUPR Kabupaten Solok, Kabag pada Sekretariat Dewan DPRD Kabupaten Solok, Sekretaris KLH dan Dinas Pertambangan, Kabag Umum Setdakab Solok dan saat ini sebagai Kepala ULP Kabupaten Solok.

Sementara itu, Syaful ST. MM, kepada media ini menyebutkan bahwa terkait namanya yang digadang-gadangkan untuk menjabat sebagai Kepala Barenlitbang Kabupaten Solok, menurutnya semua itu tentu diserahkan kepada Bupati dan Wakil Bupati Solok.
“Sebagai pembantu Kepala Daerah, saya intinya siap ditempatkan dimana saja. Kalaupun saya dipercaya sebagai Kepala Barenlitbang, itu merupakan sebuah amanah bagi saya untuk dijalankan, ” sebut Syaiful.

Menurut Syaiful, Bapak Bupati Solok, H. Gusmal dan Wakil Bupati H. Yulfadri Nurdin, mungkin sudah mengenal seluruh pejabat yang akan ditunjuk untuk ditempatkan pada posisi yang tepat.

“Saya tidak mau berandai-andai, dan saya hanya fokus bekerja dimana posisi saya sekarang sebagai Kepala ULP. saya rasa Kepala Daerah sudah mempunyai pilihan siapa yang akan menduduki jabatan apa. Karena Bupati mungkin lebih tau potensi para pembantunya. Dan beliau pasti akan lebih selektif menunjuk pejabat untuk membantu tugas beliau, ” terang Syaiful, ST, MM.

Selain Barenlitbang, ada beberapa Kepala Dinas yang masih kosong, karena pejabatnya juga sudah memasuki masa pensiun. Diantara SOPD yang sampai saat ini masih kosong adalah Kepala BPBD Kabupaten Solok, Dasril, Asisten III, Raflis, yang sudah memasuki masa tugas. Selanjutnya Kepala Dinas Kesehatan, dr. Hj. Sri Efianti, M.Kes, yang mengundurkan diri beberapa bulan lalu serta Kepala Dinas DPMN, Medison yang pindah tugas menjadi Asisten II dan lainnya, Kabag Kesra, Kabag Umum dan lainnya.

Adapun nama calon kuat sebagai pengganti Kepala Dinas Kesehatan adalah dr. Maryetti, yang saat ini menjabat sebagai Direktur RSUD Arosuka, pengganti Asisten III, Sony Sondra, pengganti Kepala BPBD disebut-sebut nama Elafki atau Ardi dan pengganti Kadis DPMN disebut-sebut nama Siis, SP. Sementara untuk Kabag Kesra dan Dirut RSUD arosuka, hingga berita ini ditunkan belum didapat bocoran siapa yang akan mengisi dua pos tersebut (wandy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda