Mutasi Besar-Besaran Bergulir di Pemkab Solok, Ada Yang Senang dan Ada Yang Menangis

0
1528

SOLOK, JN- Usai melantik puluhan pejabat  administrator dan pejabat pengawas di lingkungan pemerintah kabupaten Solok, di  Ruang Solok Nan Indah Kabupaten Solok pada Rabu lalu, selanjutnya puluhan pejabat adminisrator dan pejabat pengawas di Lingkup Pemkab Solok terus digulirkan. Pelantikan tidak sekaligus, namun dilakukan di SOPD masing-masing.

 

Seperti contoh, pada hari Kamis (30/8), Sekretaris Daerah Kabupaten Solok atas nama Bupati, juga melantik puluhan pejabat  administrator dan pejabat pengawas di lingkungan pemerintah Kabupaten Solok, bertempat di Ruang pertemuan Kantor Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPR KPP). Acara pelantikan pejabat Administrator dan Pengawasan tersebut juga dihadiri oleh Kepala BKPSDM, Feris Novel, Kepala dinas PUPR, Deni Prihatni, Kepala Dinas  Kominfo, Mulyadi Marcos, Sekretaris Dinas Perhubungan, Asnul Hakim dan para Kepala SKPD dilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Solok.

Adapun pejabat yang dilantik antara lain, Ardi, ST, M.Si, sebelumnya Kabag Pembangunan dilantik menjadi  Kabid Kawasan Permukiman Pada Dinas Perumahan Rakyat dan Pertanahan Kabupaten Solok. Selanjutnya, Sukirman, A,Md, dilantik menjadi Pj Kabid Perumahan Pada Dinas Perumahan Rakyat Dan Pertanahan Kabupaten Solok, Novrizal, ST, dilantik menjadi Kasi Sungai Dan Embung Pada Bidang Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum Dan Tata Ruang Kabupaten Solok, Syafnelliwati, SE, dilantik menjadi Kasubag Perencanaan Dan Keuangan Pada Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Solok, Anton Hutavea, S.Kom, M.cio, dilantik menjadi Kasi Statistik Dan Pengembangan Data Elektronik Pada Bidang Statistik Dan Telematika Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Solok, Elvian Hart, ST, MT, dilantik menjadi Kasi Penataan Bangunan Dan Lingkungan Pada Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman Dan Pertanahan Kab Solok, Rolly Irawan, ST, dilantik menjadi Kasi Prasarana Dan Sarana Umum Pada Bidang Kawasan Pemukiman Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman Dan Pertanahan Kab Solok, Muhammad Fauzan, ST, dilantik menjadi Kasi Jasa Konstruksi Pada Bidang Perumahan Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman Dan Pertanahan Kab Solok, Adrul,S.Sos, dilantik menjadi  Kasi Pendataan Dan Penyelesaian Masalah Tanah Pada Bidang Administrasi Pertanahan Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman Dan Pertanahan Kab Solok dan Masdulhak, SH menjadi  Kasi Pengadaan  Tanah Pada Bidang Administrasi Pertanahan Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman Dan Pertanahan Kabupaten Solok.

Selanjutnya pada hari Kamis 30 Agustus 2018 sore, juga dilakukan pelantikan dan pengambilan sumpah pejabat Administrator dan Pengawas di Lingkup Pemkab Solok bertempat di Ruang Danau Singkarak Kantor Bupati Solok. Bupati Solok yang diwakili oleh Kadis DPM-PTSP-Naker Kabupaten Solok, Erizal, SE. MM, juga sudah melantik puluhan pejabat yang diantaranya adalah Ratna Juwita, menjadi Pj. Kabid Tenaga Kerja, Eki Risko, sebagai Pj. Kabid Pengendalian dan Pelaksanaan Penanaman Modal dan Sistem Informasi, Mawardi sebagai Kabid Perizinan dan Non-Perizinan, Fitria Ferki, sebagai Kasi Perluasan dan Percepatanm Kerja, Firdaus, sebagai Kasi Pendataan dan Verifikasi pada Bid. Perizinan dan Non-Perizinan, Refid sebagai Kasi Regulasi Penanaman Modal dan Rosmawita sebagai Kasi Pengolahan Data dan Informasi. Sementara Hendrianto yang sebelumnya Kasi Ketenagakerjaan pindah sebagai Kasi Tramtib dan Penegakan Perda di Dinas Satpol PP dan Damkar Kabupaten Solok.

 

Sebelumnya, Setda Solok, Aswirman atas nama Bupati Solok, juga sudah melantik puluhan pejabat administrator dan pengawas, seperti Elwin Andri SPd sebagai Kabid TK dan PAUD Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Solok, H. Sakar Soeib, S.Pd sebagai Kepala Bidang SMP di Dinas Pendidikan, Yulidasmar sebagai Sekretaris Dinas Koperindag, Elafki sebagai Kabag Humas dan puluhan pejabat eselon IV lainnya.

Yang menarik pada acara pelantikan tesebut adalah ditunjuknya H. Sakar Soeib yang sebelumnya Kepala SMP Negeri 6 Gunung Talang menjadi Kabid SMP di Dinas Pendidikan. Sakar Soeib merupakan guru dan juga Kepala Sekolah yang pertama mencetuskan sekolah SMP Berbasis Pesantren di Kabupaten Solok. Dan hasilnya, hingga saat ini sudah hampir setiap kecamatan di Kabupaten bumi penghasil bareh tanamo itu memiliki sekolah umum SMP yang berbasis pesantren.

Selanjutnya pelantikan juga terjadi di Dinas Satpol PP dan Damkar Pemkab Solok pada hari Jum’at sore dan sebelumnya di Barenlitbang Kabupaten Solok dan ditempat lainnya.

Dengan adanya pelantikan tersebut, anggota DPRD Kabupaten Solok, Hendri Dunant, S. Sos, menilai akan ada pejabat yang tertawa dan menangis, sebab yag tertawa adalah pejabat yang mendapat promosi dan yang akan menangis adalah yang non job. “Padahal kalau dipikir-pikir, jabatan adalah amanah yang harus dijalankan bukan untuk gaya-gayaan,” jelas Hendri Dunant. Pihaknya juga melihat, masih banyak pejabat yang belum ditempatkan sesuai bidangnya, namun dia menilai itu adalah ranahnya kepala daerah dan pihaknya tidak bisa ikut campur.

Namun pelantikan pejabat tersebut, banyak menuai kritikan dari awak media, karena banyak pejabat yang ditempatkan Bupati yang dinilai tidak sesuai pada bidangnya. “Saya melihat, masih banyak penempatan pejabat yang tidak sesuai pada keahliannya, tetapi seakan dipaksakan untuk melantiknya. Namun saya optimis hal ini akan berdampak kurang baik kedepannya kalau tidak segera dilakukan evaluasi,” jelas Welluril, salah seorang awak media yang meliput di Kabupaten Solok (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here