Menanti Sepak Terjang Tiga Srikandi DPRD Kabupaten Solok

0
1155

SOLOK, JN- Wajah anggota DPRD Kabupaten Solok priode 2019-2024, kembali diisi tiga srikandi atau perempuan cantik. Dari 35 orang anggota dewan, 32 diantaranya masih diisi kaum Adam.

Tiga dari srikandi tersebut, dua diantaranya, adalah wajah baru yang mengisi bangku parlemen bareh Solok. Dua wajah baru tersebut adalah Vivi Yulistia Rahayu, S.AP
dari Partai Golkar dan Dian Angraini, SH, dari Partai Demokrat yang keduanya terpilih dari Dapil 2. Sementara satu orang wajah lama masih diisi lama, yakni Yetty Aswati Garende, yang priode 2014-2019 juga sudah duduk di DPRD kabupaten Solok. Yetty Aswaty Garende, merupakan politisi tangguh dari Partai Golkar Dapil 1 Kabupaten Solok.

Tiga orang perempuan atau srikandi terpilih menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Solok untuk masa Lima tahun kedepan, diharapkan mampu membela hak kaum perempuan dan anak selama duduk dan berjuang di parlemen bareh Solok tersebut.

Kami sangat berharap agar tiga orang perempuan yang terpilih menjadi anggota dewan Kabupaten Solok, bisa memperjuangkan nasib kaum feminim dan anak-anak, ” harap Silih (35), warga Kayu Jao, Senin (19/8).

Meski ada tiga orang arang anggota DPRD kabupaten Solok dari kaum wanita, namun dinilai masih terlalu sedikit jika dibandingkan dengan syarat keterwakilan perempuan yakni sebanyak 30 persen untuk setiap partai politik.

ā€¯Meski sudah ada tiga orang perempuan, tetapi masih belum mencapai afirmasi 30 persen dan ini diperlukan penguatan kapasitas perempuan anggota legislatif terpilih yang tiga orang itu. Tapi saya yakin perempuan legislatif yang terpilih ini, memiliki komitmen yang kuat untuk membela kaum perempuan dan anak, ” sebut Murni (45), warga Nagari Cupak.

Menurut Murni, partisipasi perempuan ikut berkompetisi pada pemilihan legislatif, memang belum mampu menyaingi kelompok laki-laki dan baru hanya sebagai pelengkap pemenuhan kuota saja.
“Kita harapkan pada pileg berikutnya, jumlah kaum hawa semakin banyak yang terpilih, ” harap Murni.

Ketua DPRD kabupaten Solok, Jon Firman Pandu, juga memberikan apresiasi kepada tiga srikandi terpilih menjadi anggota DPRD Kabupaten Solok terpilih.
“Semoga ketiga anggota dewan dari perempuan ini bisa menjadi amanah dan dapat memperjuangkan hak perempuan,” jelas Jon Firman Pandu.

Disebutkan Jon Firman Pandu, potensi perempuan di dunia perpolitikan Kabupaten Solok sebenarnya cukup tinggi. Kaum perempuan saat ini memiliki kemamampuan yang tidak kalah dengan kaum laki-laki. Namun terkadang mereka kurang PD atau ada yang terlalu PD sekali ,” sebut Jon Firman Pandu.

Untuk itu Jon Pandu berharap agar untuk priode berikutnya banyak kaum perempuan yang maju kedunia politik dan bisa memenuhi kuata yang 30 persen

Reporter : Wandy
Editor : ujang jarbat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here