Masyarakat Solok Raya Dorong Gusmal Maju ke Provinsi

SOLOK, JN- Masyarakat Solok Raya atau Solok Saiyo Sakato (S3), sangat menginginkan Bupati Solok, H. Gusmal untuk maju menjadi Gubernur atau Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Barat priode 2021-2026 mendatang.

Dorongan agar Gusmal maju ke Provinsi Sumbar, diantaranya datang dari tokoh Solok S3, Eddie Moeras bahwa potensi orang Solok untuk duduk di Sumbar 1 atau 2 sangat besar, karena saat ini dari seluruh Bacalon yang muncul, hanya ada nama Gusmal yakni Bupati Solok sekarang.

“Peluang Bapak H. Gusmal untuk duduk di Provinsi sangat besar. Jadi sayang kalau terlewatkan. Sebab dari Solok raya dan daerah tetangga seperti Sawahlunto, Sijunjung dan Dhamasraya pasti akan mendukung,” sebut Eddie Moeras, Jum’at (26/6).

Untuk itu Eddie Moeras berharap Gusmal kokoh untuk maju, baik sebagai calon Gubernur ataupun Wakil Gubernur.

Hal senada juga disampaikan oleh tokoh S3 lainnya, Mulyadi Dt MB, bahwa peluang Gusmal terbuka lebar untuk duduk di Gedung Bagonjong yang terletak di Jalan Sudirman kota Padang.

“Benar itu, kalau Bapak H. Gusmal jadi maju ke Provinsi, tentu peluang beliau sebagai orang Solok sangat tinggi,” sebut Mulyadi.

Tokoh masyarakat Kabupaten Solok lainnya, yakni H. Hasan Basri, yang juga mantan Bupati Solok priode 1975-1985, juga memprediksi bahwa peluang Gusmal yang merupakan satu-satunya warga Solok kalau maju, jelas terbuka lebar.

Baca Juga :
Vivi Yulistia Rahayu Anggota DPRD Kab. Solok Termuda: Politik itu Indah

“Ya jelas peluang itu tetap besar, namun hal itu tergantung dan dikembalikan lagi kepada masyarakat Sumbar bagian Timur atau Solok Raya ini,” cetus H. Hasan Basri.

Sedangkan dua orang mantan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Solok, yakni Gusrial Abbas dan Yondri Samin, saat diminta komentarnya juga optimis Gusmal bisa sukses kalau jadi maju ke Provinsi Sumbar.

“Peluang itu tetap besar, asal saja ada dukungan penuh dari masyarakat. Tetapi tentu harus bekerja keras dan butuh persiapan moril dan materil,” sebut Yondri Samin, yang diamini rekannya Gusrial Abbas, yang sama-sama Timses Balon Bupati Solok, H. Epyardi Asda.

Menurut Gusrial, jika Gusmal disandingkan dengan sejumlah tokoh untuk memimpin Sumatra Barat, nama Gusmal termasuk salah satu nama yang layak untuk dikemukakan.

“Beliau pernah memimpin Solok dua kali pada masa yang berbeda dan beliau merupakan tokoh Kabupaten Solok,” urai Gusrial Abbas.

Saat ini, obrolan politik seputar Calon Gubernur dan Bupati mulai menghangat di warung-warung kopi dan di komunitas masyarakat atau di juga di kantor-kantor partai politik di Kabupaten Solok.

Sejumlah nama yang telah mengapung dan disebut sebut siap maju sebagai balon gubenur pada pemilihan Gubernur Sumbar 2021-2026 mendatang, dan sudah menjadi bahan obrolan di masyarakat.

Sejumlah nama tersebut memang sudah terlihat terang terangan siap tampil sebagai calon gubernur melalui sejumlah baliho yang terpasang. Diantara bakal calon Gubernur Sumbar dari jalur independent Irjen Pol (Purn) Fakhrizal, Wakil Gubernur Sumbar petahana Nasrul Abit, ada nama Ali Mukhni, H. Syamsu Rahim, Indra Catri, Anggota DPR RI dengan elektabilitas yang cukup tinggi Mulyadi dan juga Wali Kota Padang Mahyeldi. Berikutnya ada muncul nam Genius Umar, Gusmal, Indra Catri dan sejumlah nama beken lainya.

Baca Juga :
Wabup Solok Jon Firman Pandu Mengaku Sangat Prihatin Dengan Banyaknya  Wartawan Yang Tidak Lagi Netral di Kab. Solok

Di antara sejumlah tokoh yang disebut-sebut akan maju dalam pemilihan gubernur, sosok Gusmal ikut terseret dan diperbincangkan. Bahkan Bupati Solok itu telah melalui 2 dimensi “kehidupan” sebelum terjun didunia politik yakni menggeluti dunia birokrasi, dinilai sebagai sosok yang ideal memimpin masyarakat Sumatra Barat (wandy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.