Masyarakat Kampung Batu Dalam Keluhkan Masalah Kesulitan Mendapatkan Pupuk Bersubsudi

0
62

SOLOK, JN- Tim Safari Ramadhan (TSR) Khusus Wakil Bupati Solok, hari Minggu malam (2/6), mengunjungi Surau Baitul Mukmin, Jorong Kampuang Batu Tangah, Nagari, Kampuang Batu Dalam, Kecamaran Danau Kembar, Kabupaten Solok.

Kunjungan Tim Safari Ramadhan Khusus Wabup Solok tersebut, sekaligus Tim Safari Ramadhan pamungkas Wabup Solok tahun 1440.Hijriah ini.

Tampak hadir bersama Wakil Bupati Solok antara lain para pejabat di Lingkup Pemkab Solok dan unsur Muspika Danau Kembar, perangkat nagari dan juga pengurus Surau Baitul Mukmin.

Tokoh madyarakat setempat yang juga Pengurus Surau Baitul Mukmin, Syamduardi dalam laporannya mengucapkan terimakasih atas kedatangan rombongan tim safari ramadhan yang dipimpin oleh Bapak Wakil Bupati Solok ke Surau Baitul Mukmin Jorong Kampuang Batu Dalam Tangah.

Selain itu, atas nama masyarakat, pihaknya juga menyampaikan keluhan tentang kurangnya jumlah kelompok tani Kampuang Batu Dalam, karena kurang aktifnya PPL dan kurang jumlah penyuluh swadaya di daerah tersebut.

Selain itu, masyarakat juga kesulitan dalam pembelian pupuk bersubsidi yang bersyarat dan harus membeli pupuk non subsidi dengan jumlah minimal yang ditentukan oleh pengecer/distributor” sehingga hal ini cukup memberatkan para petani.

Karena PPL kurang aktif, maka berakibat kurang pula tingkat pengetahuan petani tentang kualitas pupuk dan pestisida yang akan digunakan pada tanaman.

“Dan yang sangat memprihatinkan, kesehatan masyarakat banyak yang menurun, dikarenakan pencemaran residu pestisida yang digunakan, ” jelas Syamsudin

“Kami berharap dengan kedatangan tim safari Ramadhan Kabupaten Solok ke jorong kami ini, semoga semakin dapat meningkatkan serta mempererat tali silaturahmi antara masyarakat Pakan Sabtu dengan Pemerintah Daerah,” sebut Syamsudin.

Sementara pimpinan rombongan Tim Safari Ramadhan Khusus yakni Wakil Bupati Solok, H. Yulfadri Nurdin, SH, dalam sambutannya menyebutkan bahwa maksud kunjungan tim ramadhan ini dalam rangka menjalin silaturahmi dengan masyarakat dan menerima masukan serta aspirasi dari masyarakat secara langsung, termasuk menerima keluhan dan lainnya.

Mengenai keluhan masyarakat tentang kesulitan dalam pembelian pupuk bersubsidi yang bersyarat dan harus membeli pupuk non subsidi, kurang aktifnya PPL serta bahaya penggunaan
Pertisida yang mebgakibatkan berdampak buruk terhadap kesehatan masyarakat banyak, maka Wabup berjanji akan membicarakan hal itu dengan dinas terkait, termasuk masalah kesulitan pupuk bersubsidi.

“Ini adalah masalah yang komplit dan habis lebaran nanti kita akan datangkan tim ahli dari dinas pertanian kedaerah ini dan kita akan duduk kembali bersama untuk mencari solusinya, ” sebut H. Yulfadri Nurdin.

Wabup juga bertanya kepada masyarakat tentang sejauh mana program 4 Pilar menyentuh masyarakat, termasuk masalah pendidikan, Kesehatan dan juga yang lainnya. Diantaranya, apakah semua anak wajib sekolah tidak ada yan putus sekolah dan sejauh mana masyarakat mendapat layanan kesehatan di Sapan ini.

Kepada masyarakat Kampuang Batu Dalam, wabup berpesan agar tolong di perhatikan anak kita dalam bergaul di lingkungan maupun di rumah, karena sekarang sedang marak Narkotika dan LGBT.

Dalam kunjungan TSR Wabup Solok itu, juga menyerahkan bantuan berupa satu unit Jam Digital dan Uang Sebesar Rp.10.000.000 yang diterima langsung oleh pengurus Surau Baitul Mukmin, Syamsudin (wandy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda