PolitikSeputar Ranah Minang

Mahyeldi Beri Bantuan Produk Holtikultura Kepada Masyarakat Terdampak Covid 19 di Jorong Anau Kadok

×

Mahyeldi Beri Bantuan Produk Holtikultura Kepada Masyarakat Terdampak Covid 19 di Jorong Anau Kadok

Sebarkan artikel ini


SOLOK, JN- Gubernur Sumatera Barat, H.Mahyeldi Ansharullah, SP,  hari Sabtu (25/9), menyerahkan bantuan Produk Holtikultura kepada masyarakat terdampak Covid 19 di Jorong Anau Kadok, Nagari Talang,  Kecamatan Gunung Talang,  Kabupaten Solok. 


Tampak hadir mendampingi Gubernur Sumbar yakni Bupati Solok yang diwakili oleh Asisten Koordinator Bidang Eksbangkesra Medison,S,Sos,M,Si, Kadis Pertanian Prov.Sumbar Syafrizal, Kadis DPRKPP Kab Solok Evia vivi Fortuna, Sekretaris pertanian Kab Solok Miharta Maria, Plt Camat Gunung Talang Donly Wance Lubis, Wali Nagari Talang Zulpadri, Masyarakat dan kelompok Tani Nagari Talang dan Sungai Janiah.
Nenurut Mahyeldi Ansharullah, terkait pandemi covid 19, Pemprov Sumbar memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak berupa bantuan produk hortikultura seperti kantang, cabe, bawang dan jeruk yang merupakan hasil pertanian masyarakat.

“Barangnya ini dibeli dari masyarakat dan kemudian dibagikan lagi kepada masyarakat di daerah ini.sehingga banyak yang mendapatkan manfaatnya,” terang Mahyeldi Ansharullah.
Menurut Mahyeldi,  Kabupaten Solok saat ini memiliki sekitar 2000 hektar lahan pertanian yang masih tidur dan insyallah Pemprov akan membantu pengelolaan lahan tersebut
Pemrov Sumbar merasa senang bekerjasama dengan Pemkab Solok karena memiliki kesamaaan visi misi memajukan sektor pertanian Kabuoaten Solok dan Sumatera Barat.
“Pemprov Sumbar dan Pemkab Sokok akan bertekad memajukan pertanian, meningktakan pendapatan petani, meningktakan kesejahteraan masyarakat di Sumbar,” papar Mahyeldi Ansharullah.
Dan sesuai permintaan wali nagari, Pemerintah provinsi akan memberikan bantuan bibit jagung dan alat-alat pertanian.
“Melalui pengembangan sektor pertanian khususnya dikabupaten akan memberikan manfaat kepada masyarakat,” sebut Mahyeldi Ansharullah.

Baca Juga :
Ditinjau Menteri PPN: Pembangunan Ply Over Sitinjau Laut Dimulai Tahun 2022


 Sebelumnya Wali Nagari Talang, Zulpadri Cun,  dalam laporannya mengucapkn terima kasih kepada gubernur dan bupati solok yang telah berkenan datang ke jorong Anau Kadok nagari Talang.


“Kami juga berterima kasih atas bantuan produk holtikultura dalam menanggulangi covid, dengan berapa hasil dari bumi kita. Dan kita juga memiliki lahan tidur sekitar 2000 hektar, dan masyarakat sudah musyawarah, ingin menggarap lahan tersebut untuk itu kami mohon bantuan bibit dari pemerintah baik dari provinsi maupun Kabupaten Solok,” tutur Zulfadri. 


Pihaknya juga berharap bantuan jalan pelebaran jalan sehingga masyarakat dapat membawa hasil tani nya dengan kendaraan serta bantuan alat-alat pertanian untuk nagari kami khususnya di jorong Anau Kadok.

Baca Juga :
Didukung Oleh Setiap Nagari: Nofi Candra dan Yulfadri Optimis Bisa Raih Kemenangan 45 Persen Suara


Bupati Solok yang diwakili Asisten 2, Medison, dalam sambutannya juga mengucapkan selamat datang atas kehadiran Gubernur Sumbar  di jorong anau kadok, Nagari Talang.


“Jorong Anau Kadok juga merupakan salah satu sentra pertanian di kabupaten Solok dan kami juga mendukung program  Pemprov karena visi misi bupati dan gubernur juga memiliki kesamaan yaitu salh satunya ingin memajukan sektor pertanian,” sebut Medison. 
Sementara Program prioritas pemda ialah membeli ekskavator, ini dapat digunakan utk memeperlebar jalan khusunya jalan menuju lahan pertanian.



Selanjutnya kegiatan Gubernur dilanjutkan dengan Penyerahan Bantuan dari pemerintah provinsi sumatera barat kepada masyarakat.
Adapun bantuan dari Dinas Pertanian Provinsi Sumatera Barat berupa 250 Paket produk holtikultura, dan 6 box hands spayer, yang diberikan kepada kelompok tani di Kecamatan Gunung Talang (Nagari Sungai Janiah dan Nagari Talang Jorong Anau kadok)
Kemuduan bantuan dari BPBD Sumatera Barat berupa 2000pcs masker dan 50 box hand sanitizer, yang  diberikan kepada Pondok Pesantren Jabal Rahmah Anau kadok (wandy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.