Komisi II DPRD Musi Rawas Utara Belajar ke Kabupaten Solok

0
789

SOLOK, JN-Komisi II DPRD Kabupaten Musi Rawas Utara, Provinsi Sumatera Selatan, hari Kamis (28/9), mendatangi DPRD Kabupaten Solok, untuk tukar informasi sekaligus belajar cara pemilihan Walinagari atau Kepala Desa dan juga masalah lainnya ke Kabupaten Solok.
Rombongan Komisi II DPRD Musi Rawas Utara, dipimpin oleh Ketua Komisi II DPRD Musi Rawas Utara, H. Edi Sukamto dan di DPRD Kabupaten Solok mereka diterima di ruang Komisi A DPRD Kabupaten Solok oleh Kabag Umum DPRD Kabupaten Solok, Velma Weldy, A.Pi, M.Si, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari, Ferdinon, Beberapa Staf DPRD Kabupaten Solok dan anggota rapat yang hadir.
Kabag Umum DPRD Kabupaten Solok, Weldy, A.Pi, M.Si, dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang kepada rombongan Komisi II dari Sumatera Selatan itu, karena telah memilih Kabupaten Solok untuk belajar atau bertukar informasi. “Selamat datang kepada Bapak-Bapak dan ibuk-ibuk dari Musi Rawas Utara di Solok nan indah ini dan kami minta maaf tidak ada perwakilan kami baik dari anggota maupun unsur pimpinan dari DPRD yang hadir karena mereka sedang ada kegiatan di luar disebabkan adanya tugas keluar daerah tepatnya ke Kemendagri dan Kemenkumham,” jelas Velma Weldy.
Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Musi Rawas Utara, H. Edi Sukamto, selain meperkenalkan diri, juga memperkenalkan anggota rombongan yang dibawa serta menyampaikan ucapan terimakasih kepada masyarakat Kabupaten Solok dan Sekretariat DPRD bumi penghasil buah markisah ini, karena sudah menerima rombongannya dengan baik dan penuh rasa kekeluargaan. “Maksud dan tujuan kami ke sini adalah ingin mengetahui dan melakukan dialektika selingkup Perda Pemilihan Walinagari di Kabupaten Solok dan masalah lainnya, sebab kami dengar di Solok ini pemilihan Walinagari serentak berjalan damai-damai saja,” jelas Edi Sukamto. Dirinya juga menyebutkan bahwa di Musi Rawas Utara, tidak lama lagijuga akan menyelenggarakan pemilihan Kepala Desa Serentak. Disebutkannya, Kabupaten Musi Rawas Utara secara Administratif masih berumur dini yakni masih 4 (Empat), maka dari itu masih banyak harus mengembangkan diri dan belajar ke Daerah lain yang sudah lebih maju, sebelumnnya kami telah melakukan pemilihan Kepala Desa sebanyak 50 desa namun masih banyak terjadi permasalahan dan gugatan. “Untuk itu kami ingin belajar ke Kabupaten Solok untuk merumuskan Perda tentang Pemilihan Kepala Desa/Walinagari ini,” tambah Edi Sukamto.
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari Kabupaten Solok, Ferdinon kepada rombongan dari DPRD Wong Pito Galo itu menjelaskan bahwa untuk di Sumatera Barat terkhususnya di Kabupaten Solok, kami memakai sistem Pemerintahan terbawah yakni Nagari yang dikepalai oleh Walinagari, pada waktu dahulu kala memang Kabupaten Solok pernah menganut sistem Pemerintahan Desa dengan jumlah total desa 348 Desa Namun setelah program babaliak ka Nagari maka Desa-desa tersebut disusutkan dan dikembalikan menjadi Pemerintahan Nagari yang total 74 Nagari.
Sementara anggota Komisi II dari Musi Rawas Utara lainnya, M. Ruslan, SE, menanyakan bahwa sesuai dengan Keputusan MK tentang domisili calon Kepala Desa, apakah di Kabupaten Solok masih dipermasalahkan tentang domisili Calon Kepala Desanya?
Pertnyaan dari M. Ruslan itu langsung di jawab Ferdinon bahwa permasalahan domisili sebelumnnya sempat menjadi perdebatan yang alot, namun setelah terbitnya Keputusan MK maka sebagai mana aturan yang terdahulu di dalam Perda Pemilihan Walinagari bahwa calon walinagari berdomisili paling kurang 1 tahun sekarang telah dilakukan perubahan sesuai dengan Keputusan MK bahwa tidak ada permasalahan domisili asalkan calon tersebut warga negara indonesia.
Rombongan dari Sumsel itu juga menyampaikan ucapan terimakasih atas jawaban, masukan serta sambutan hangat dari DPRD Kabupaten Solok yang telah bermurah hati menyediakan waktu untuk bertatap muka dengan kami semoga hubungan silaturahmi ini tetap bisa terjaga nantinya. Selain anggota Komisi II, rombongan dari Musi Raws Utara ini juga membawa Staff Protokoler & Publikasi Pemkab Musi Rawas Utara (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here