Ketua DPRD Kabupaten Solok Jalin Asmara Dengan Keltan Mungguang Indah

0
1008

SOLOK, JN–  Ketua DPRD Kabupaten Solok, H. Hardinalis Kobal, SE, MM,  menemui Kelompok Tani Mungguang Indah, Dusun Jaro Batu, Nagari Jawi-Jawi Guguk, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, Minggu (12/3).

Pertemuan yang digelar di Mushalla Darul Aliyah, Jaro Batu itu, dalam rangka menjaring aspirasi masyarakat (jaring asmara). Ketua DPRD Kabupaten Solok, H. Hardinalis Kobal yang datang bersama asisten pribadinya, Syafrizal Dedi dan Iwat ke Jaro Batu, disambut oleh masyarakat setempat dengan sangat antusias dan penuh kekeluargaan. Bahkan berbagai saran dan masukan, diutarakan oleh masyarakat, tanpa sungkam-sungkam kepada orang nomor satu di DPRD Kabupaten Solok itu.

“Kami merasa mendapat kerhormatan sekali bisa didatangi oleh Bapak Ketua DPRD Kabupaten Solok, karena beliau tampak sangat bersahabat dan mau mendengarkan jeritan hati kami,” jelas anggota Keltan Mungguang Indah, Mardianti yang juga Bendahara Keltan Mungguang Indah. Hal yang sama juga disampaikan Jamilus Iluh, anggota Keltan Mungguang Indah, di mana kehadiran Ketua DPRD untuk mengunjungi Kelompok Tani dan masyarakat Jaro Batu, sungguh merupakan suatu kehormatan luar biasa bagi masyarakat setempat yang mayoritas bekerja di sektor pertanian dan perikanan. “Terimakasih kami sampaikan kepada Bapak Ketua DPRD, mudah-mudahan apa yanng nanti kami keluhkan di Jaro Batu ini, bisa bapak perjuangkan di DPRD dan ke Pemerintah Daerah,” tutur Jamilus.

Sebelumnya, Ketua Kelompok Tani Mungguang Indah, Sofriwandy NR, kepada Ketua DPRD Kabupaten Solok, memaparkan profil singkat tentang Kelompok Tani Mungguang Indah. Menurutnya, Keltan Mungguang Indah berdiri Tahun 1990 yang waktu itu digagas oleh Bapak Nurusan (Almarhum) tetapi sempat vakum beberapa tahun, karena yang bersangkutan meninggal dunia. Baru pada tahun akhir tahun 2013, Keltan ini kembali aktif dan langsung membentuk Koperasi Simpan Pinjam.  Dijelaskannya, semenjak Keltan ini aktif lagi sekitar awal Januari tahun 2014, pengurus langsung membentuk koperasi dengan iyuran wajib Rp 100 per anggota dan iyuran bulanan sebanyak Rp 5000 per anggota serta rutin menggelar pertemuan setiap satu bulan sekali pada Minggu pertama setiap hari jum’at di awal bulan. Sementara anggota Keltan berjumlah sebanyak 26 orang.

 

“Uang tersebut dipinjam oleh anggota yang membutuhkan secara bergiliran. Dan alhamdulillah, selama waktu satu tahun, uang koperasi sudah terkumpul sekitar Rp 20 juta,” tutur Sofriwandy NR.

Sementara Ketua DPRD Kabupaten Solok, H. Hardinaslis Kobal, selain menyampaikan rasa bahagianya bisa mendatangi warga Jaro Batu, juga sekaligus memenuhi janjinya dengan para pengurus Keltan Mungguang Indah dan masyarakat Jaro Batu yang sudah dinilai sebagai keluarganya sendiri. “Kebetulan Ketua Keltan ini sahabat saya dari dulu, jauh sebelum saya menjadi Ketua DPRD. Tetapi sambutan yang luar biasa disampaikan masyarakat Keltan Mungguang Indah kepada kami, merupakan penghargaan juga bagi saya, karena saya keberadaan saya di sini seperti berada di rumah sendiri,” tutur Hardinalis Kobal. Ketua DPRD itu juga berjanji akan ikut memperjuangkan dana perehatan bekas kantor wali desa Jaro Batu  yang sudah tidak terawat untuk dijadikan kantor Koperasi Keltan Mungguang Indah.

Politisi dari Golkar ini juga berjanji akan memperjuangkan aspirasi masyarakat Jaro Batu, termasuk kebutuhan mendesak seperti pembuatan Banda Talago yang merupalan saluran irigasi utama bagi masyarakat untuk diperjuangkan kepada Bupati Solok atau melalui Dana Aspirasi Dewan. Selain itu, Hardinalis Kobal juga berpesan, agar masyarakat diminta jangan sampai terpecah dan mudah terpengaruh oleh issu-issu saat ini yang belum tentu jelas kebenarannya. “Mari terus jaga kekompakan dan persaudaraan, jangan sampai warga di sini terbelah,” pesan Hardinalis.

Pada kesempatan itu, Hardinalis juga menyerahkan bantuan uang tunai untuk anggota Kelompok Tani Mungguang Indah yang rencananya akan dimasukan ke kas koperasi Kelompok Tani Mungguang Indah oleh para anggota (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here