Kalapas Kelas II B Solok Disertijabkan Dari Karto Rahardjo Kepada Andi Mulyadi

0
133

SOLOK,JN – Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas II B Solok telah resmi disertijabkan, dari Karto Rahardjo kepada Andi Mulyadi, bertempat di Lapas Kelas II B Solok, Kelurahan Laing, Rabu (22/1). Upacara sertijab tersebut, dipimpin langsung oleh Kepala Kanwil Kemenkumham Sumatera Barat, Suharman.

Turut hadir, Wakil Walikota Solok Reinier, Wakil Bupati Solok H. Yulfadri Nurdin, SH, Wakil Ketua DPRD Kota Solok Bayu Kharisma, Forkopimda Kota Solok, Ketua GOW Kota Solok Elfia Reinier, Ketua GOW Kabupaten Solok Ny.Dahliar Yulfadri Nurdin, kepala instansi vertikal serta kepala OPD terkait di lingkungan Pemerintah Kota Solok.

Kalapas II B Solok yang lama, Karto Rahardjo menyampaikan, jumlah WBP yang ada di Lapas tersebut berjumlah 412 orang. Dengan tahanan sebanyak 89 orang, dan narapidana sebanyak 323 orang, dengan Wanita berjumlah 8 orang.

Selama bertugas lebih kurang 2 Tahun 3 Bulan, tentu telah banyak suka duka yang dialami. Ia juga mengucapkan terimakasih banyak kepada Walikota Solok, Wawako Solok, Bupati Solok, Wabup Solok, dan Kakanwil Kemenkumham Sumatera Barat yang sudah banyak membimbing dan mengarahkan selama bertugas.

“Sudah banyak juga bantuan yang kami terima, untuk itu kami mengucapkan terimakasih yang sebesarnya. Dan juga permohonan maaf apabila dalam bergaul selama ini ada kesalahan dan kekhilafan,” sebutnya.

Sementara itu Kalapas Kelas II B Solok yang baru, Andi Mulyadi menyampaikan rasa terimakasih atas sambutannya pada hari ini. “Untuk kedepan, apa yang telah dirintis pak karto akan saya lanjutkan,” sebutnya.

Andi juga memohon bantuan dari seluruh elemen di lapas untuk menjalankan tugas selama berada di Lapas Kelas II B Solok. “Kita akan selalu bersinergi dan berupaya agar lapas kelas II B Solok akan semakin maju kedepannya,” kata Andi.

Sementara itu, Kakanwil Kemenkumham Sumatera Barat Suharman mengucapkan selamat kepada kalapas lama yang telah promosi menjadi Bapas Padang. Dan kalapas baru yang juga promosi jabatan dari daerah di Provinsi NTT menjadi Kalapas Kelas II B Solok. Semoga dapat menjalankan tugas dengan baik dan amanah.

“Kepada Kalapas yang baru, agar cepat beradaptasi dan bisa segera memajukan Lapas Kelas II B Solok,” katanya.

Reinier menyampaikan rasa terimakasih kepada Kalapas Kelas II B Solok yang lama Karto Rahardjo. “Dibawah komando bapak Kalapas yang lama, lapas kelas II B Solok telah menjelma menjadi lapas yang bersih, rapi dan nyaman. Kedepan saya yakin akan lebih bagus lagi,” kata Reinier.

Selanjutnya, kepada Kalapas yang baru Andi Mulyadi. Reinier mengharapkan, pihak pemerintah dan lapas agar bersama mencarikan solusi mengenai apa yang akan dilakukan setelah Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) akan keluar dari Lapas.

“Pertanian akan kita coba lakukan kepada WBP, dengan bantuan dari BUMN yang ada di Kota Solok. Karena pertanian salah satu bidang yang dapat meningkatkan perekonomian, apalagi masih banyaknya lahan kosong yang bisa digarap di Kota Solok,” sebutnya.

Kita menyadari, notabene WBP merupakan warga dari Kota Solok dan Kabupaten Solok. “Solusi setelah keluar dari lapas bagi WBP harus segera kita carikan. Jika tidak ada solusi, permasalahan ini tidak akan pernah terselesaikan,” ajak Reinier.(van)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda