Kabupaten Solok Akan Wakili Provinsi Sumbar Pada Lomba Iva Test Tingkat Nasional

0
35

SOLOK, JN- Bupati Solok, H. Gusmal, SE, MM, hari Senin (21/10), menghadiri sekaligus melaunching Deteksi Dini Kanker Serviks Dan Pemeriksaan Iva test Pada seluruh pegawai wanita yang ada di jajaran Pemkab Solok. Acara tersebut di pusatkan di halaman Parkir, RSUD Arosuka.

Selain Bupati Solok, tampak hadir pada acara tersebut, Ketua TP PKK Kabupaten Solok, Ny. Desnadefi Gusmal, Kepala Dinkes Kabupaten Solok, Dr. Maryeti Marwazi, Mars, dan beberapa Kepala SKPD lainnya, Direktur RSUD Arosuka, Drg. Musfir Yones Indra, Beberapa camat dan ketua TP PKK kecamatan di Kabupaten Solok, para Kepala Puskesmas se Kabupaten Solok dan undangan lainnya.

Ketua panitia pelaksana, Dr. Maryeti Marwazi, yang juga Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Solok, dalam laporannya menyampaikan bahwa
kanker serviks ini merupakan salah satu penyakit yang bisa mengakibatkan kematian bagi perempuan selain kanker payudara. “IVA test ini merupakan salah satu upaya mendeteksi dini kemungkinan kanker serviks,” sebut
Maryeti Marwazi. Dijelaskannya, pemeriksaan kanker serviks ini hendaknya dilakukan secara berkala minimal sekali 3 tahun.

Ketua TP PKK kabupaten Solok, Ny. Desnadevi Gusmal, dalam sambutannya, mengajak seluruh kaum wanita agar melakukan iva test untuk mendeteksi dini kanker serviks, agar dapat dilakukan tindak lanjut jika positif menderita kanker serviks tersebut
“Semoga diantara kita yang hadir terbebas dari kanker serviks, ” sebut Desnadevi Gusmal.
Launching saat ini juga untuk mengikuti lomba iva test di tingkat nasional.

Dijelaskan Desnadevi Gusmal, pada tahun 2017, Kabupaten Solok meraih juara 1 lomba iva tes di tingkat provinsi Sumbar, dan juara 2 di tingkat nasional.
Sementara Tahun ini, Kabupaten Solok juga meraih juara 1 di tingkat Provinsi Sumbar dan akan mengikuti lomba di tingkat nasional pada tahun 2020 nanti.

“Kita akan melakukan inovasi baru dalam pelaksanaan iva test ini, seperti pembentukan kampung iva di masing-masing kecamatan di Kabupaten Solok untuk memaksimalkan pelaksanaan program iva test ini,” sebut Desnadevi Gusmal.

Bupati Solok, H. Gusmal, dalam arahannya meminta pihak terkait untuk melakukan sosialisasi yang lebih maksimal lagi kepada masyarakat mengenai pentingnya pelaksanaan iva test ini bagi perempuan.

“Masyarakat Kabupaten Solok harus mampu menjadi masyarakat yang baik dalam segala bidang. Untuk itu, saya berpesan agar seluruh kepala dinas dan jajaran serta orgasiasi lainnya mendukung berbagai program yang dilaksanakan pemerintah untuk mewujudkan daerah yang maju,” harap Bupati Gusmal.

Pihaknya juga berharap pihak dinas terkait melakukan inovasi dan berbagai upaya dalam memunculkan minat masyarakat untuk ikut melakukan iva test. “Pembangunan kesehatan ini tugas kita bersama, bukan hanya tugas dinas kesehatan dan Rumah Sakit saja, tetapi semua pihak, ” sebut H. Gusmal.

Selain itu. Bupati juga berpesan agar berikan penanganan yang baik dan maksimal jika nantinya ada masyarakat yang positif mengalami kanker serviks.

“Tetapi saya berharap agar Kabupaten Solok terbebas dari kanker serviks ini, ” pungkas Gusmal (wandy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda