Gusmal Sebut Bahwa Peranan UMKM Dalam Membentuk Ekonomi Kerakyatan Sangatlah Besar

0
74

SOLOK, JN- Bupati Solok, H. Gusmal, SE, MM, menyebutkan bahwa peranan UMKM dalam membentuk Ekonomi Kerakyatan sangatlah besar di Kabupaten Solok.

“Sangat kita sadari bahwa SDM sebagian besar pelaku UKM kita masih rendah baik dari segi keterampilan, pengetahuan teknis, dan manjemen usaha. Sehingga melalui Temu Usaha Penguatan Permodalan yang terarah dan berkesinambungan sesuai dengan kebutuhan guna meningkatan produktifitas usaha sehingga ke depan permasalahan yang dihadapi pelaku UKM bisa teratasi,” sebut Gusmal, saat membuka acara Temu Usaha Penguatan Permodalan bagi UMKM dalam kemitraan usaha, bertempat di Gedung Promosi Koperindag Kabupaten Solok, Kamis (27/6).

Acara yang dihadiri oleh Kadis Koperindag, Evanasri, SH. MM
Kabid Usaha Kecil Menengah, Dien Rillawati, SE dan juga para peserta Temu Usaha UMKM.

Bupati Solok itu juga mengucapkan terimakasih kepada peserta temu usaha yang telah berpartisipasi mengembangkan ekonomi di Kabupaten Solok.
“Tekad kita adalah untuk membangun ekonomi kerakyatan yang bertujuan untuk mejingkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat yang didukung oleh semua pihak karena merupakan tanggung jawab bersama,” sebut H. Gusmal.

Menurut Bupati, bahwa dengan adanya Temu Usaha Penguatan Permodalan ini, dapat mendorong pelaku UKM yang ada di Kabupaten Solok untuk dapat meningkatkan produksi usaha sehingga bisa menopang perekonomian.

Sebelumnya, Ketua Pelaksana acara, Eva Nasri, SH, MM, dalam laporannya menyampaikan maksud kegiatan ini yakni dalam rangka menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Dimana pelaku usaha benar-benar mampu dan siap untuk bersaing di pasar bebas dan meningkatkan kwalitas produk serta meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah mencari alternatif permodalan melalui Dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari perbankan (BRI, BNI, Bank Mandiri) dan sumber dana dari lembaga keuangan lainnya seperti koperasi, Kredit Mikro Nagari, PMPN dan Sebagainya.

sementara peserta temu usaha Penguatan Permodalan UMKM ini berjumlah sebanyak 50 orang dengan berbagai jenis usaha Kabupaten Solok (wandy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda