Grup Salawek Dulang Bintang Arjuna Juara Provinsi Sumbar

0
464

SOLOK, JN- Grup Salawek Dulang ‘Bintang Arjuna’ asal Kabupaten Solok, yang  menjadi  Juara pertama pada ajang Festival Langkisau Tingkat  Provinsi Sumbar yang digelar di Pantai Carocok, Kabupaten Pesisir Selatan pada pertengahan bulan April 2018 lalu, saat ini nasibnya seperti terabaikan oleh Pemkab Solok.

Bahkan setelah menjadi juara dan sudah mengharumkan nama Kabupaten Solok, tidak ada penghargaan yang diberikan kepada mereka.  Pada ajang Festival Langkisau Tingkat  Provinsi Sumbar di Pantai Carocok tersebut, Grup Salawek Dulang Bintang Arjuna berhasil menyingkirkan 19 Kabupaten Kota di Sumbar, dimana pada lomba tersebut Bintang Arjuna menyampaikan pesan dengan tema Benang Merah BKKBN serta beberapa Program KKBPK.

Grup Salawek Dulang Bintang Arjuna yang personilnya merupakan dua pemuda kakak beradik yakni Andreas Chandra, S. Sos dan Cendrayon A. Ma, tersebut, merupakan pencinta kesenian tradisionil Minang yang bernuansa Islam, seperti Salawek Dulang.

“Saya ingin remaja Minang tidak melupakan kesenian asli mereka, apalagi dengan basalawek ini kita sama dengan berdakwah menyampaikan pesan agama dan sekaligus juga bisa menghibur,” jelas Andreas Chandra yang diamini adiknya Cendrayon, kepada KORAN PADANG, di kediamannya di taman Hanshela I, Sukarami, Minggu (30/9). Namun pihaknya juga berharap agar Pemkab Solok juga meberikan perhatian kepada mereka, karena ini adalah aset daerah. Ketika ditanya, apakah ada penghargaan atau perhatian dari Pemkab Solok kepada mereka, sambil tersenyum kedua kakak beradi ini menjawab bahwa sampai saat ini memang belum ada, kecuali mereka dilibatkan pada setiap kegiatan kesenian dari Dinas Pariwisata.

Kepada media ini, kedua personil kakak beradik, juga berpesan, kalau seandainya ada masyarakat yang ingin atau bermaksud mengundang mereka, baik untuk malam hiburan, resepsi pernikahan atau peresmian gedung dan lain sebagainya, mereka siap untuk dipesan. “Saya berharap agar para remaja Minang, tidak terlalu silau dengan budaya barat yang lebih banyak merusak aqidah, sehingga kesenian asli kita yang sangat elok ini bisa tersingkirkan dan hilang ditelan masa,” sambung Candrayon.

Bagi masyarakat yang ingin mengundang mereka untuk berbagai acara, bisa menghubungi Grup Arjuna di Nomor 085364621424/082386540123 (wandy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda