SOLOK, JN- Empat Tahun kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Solok, 17 Februari 2016-17 Februari 2020, Pemkab Solok meluncurkan buku Empat Pilar Pembangunan Kabupaten Solok.

Acara peluncuran digelar di Ruang Solok Nan Indah, Senin (17/2/2020).
Tampak hadir pada acara tersebut antara lain Sekretaris Daerah Kabupaten Solok, H. Aswirman, SE. MM, Asisten Koor Ekbangkesra, Medison, S.Sos. M.Si, Asisten Koor Administrasi, Sony Sondra, SE. M.Si, Para Kepala SKPD di Lingkup Pemkab Solok, para Camat dan Wali Nagari se Kabupaten Solok dan unsur Forkopimda Kabupaten Solok, wartawan dan LSM.

Dalam sambutannya, Bupati Solok, H. Gusmal menyebutkan bahwa Buku Empat Pilar Pembangunan Kabupaten Solok ini merupakan catatan perjalanan Empat Pilar Pembangunan yang dilakukan oleh pasangan Bupati dan Wakil Bupati Solok periode 2016-2021 yang mencakup ekonomi kerakyatan, pendidikan, kesehatan dan pemerintah yang baik dan bersih berdasarkan adat basandi syara’ dan syara’ basandi kitabullah.

“Pendidikan yang baik akan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan, pendidikan juga dapat menggerakan masyarakat untuk mencapai taraf hidup yang lebih baik. Karena itu pendidikan dan ekonomi kerakyatan merupakan dua sisi mata uang yang tidak dapat dipisahkan,” terang H. Gusmal.

Secara fisik potensi yang dimiliki oleh Kabupaten Solok, sudah memadai di segala bidang. Contahnya saja di bidang pendidikan dengan sudah adanya pendidikan yang lengkap mulai dari pendidikan PAUD hingga perguruan tinggi. Kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan juga semakin terlihat, hal ini ditunjukan dengan adanya peningkatan indek pembangunan manusia (IPM) setiap tahunnya.

“Pembangunan sektor kesehatan masyarakat dimaksudkan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Hal ini dapat dilihat dengan diterapkannya Kab. Solok sehat, gerakan masyarakat sehat, jorong siaga serta dengan menambah tenaga kesehatan,” cetus Gusmal. Disebutkan Bupati, dari segi ekonomi, Kabupaten Solok memiliki sumber daya alam yang memadai untuk masyarakat terus mengembangkan usahanya diberbagai bidang, bahkan pemanfaatan SDA di daerah masih belum tergarap secara maksimal.

Menurut Gusmal, Pemerintah Kabupaten Solok akan terus mendorong masyarakat untuk dapat memanfaatkan potensi yang ada dengan melakukan pembinaan, penyediaan modal bergulir dan bimbingan teknis sehingga ekonomi kerakyatan dapat terus tumbuh dan membantu masyarakat keluar dari angka kemiskinan.

“Dalam mewujudkan pemerintah yang baik dan bersih, pemerintah selalu membangun pelaporan yang transparansi dan akuntabilitas, misal dengan adamnya program LPSE. Selain pembangunan fisik, pemerintah juga berupaya membangun mentalitas masyarakat yang agamais dengan adanya program magrib mengaji dan subuh berjamaah,” papar Gusmal.

Orang Nomor satu di Kabupaten Solok itu berharap bahwa melalui buku ini, dapat hendaknya memberikan gambaran mengenai pembangunan dan pencapaian selama 4 tahun kepemimpinan beliau bersama wakil Bupati.

Bupati juga berpesan, di satu tahun terakhir kepemimpinannya ini dapat terius memeberikan yang terbaik bagi daerah dan masyarakat, serta dapat memaksimalkan kinerja baik di segi fisik maupun non-fisik.

“Kami minta kepada masyarakat, DPRD, SKPD dan semua elemen, untuk terus secara bersama menbangun Kabupaten Solok yang indah, agar bisa menjadi Kabupaten terbaik dari yang baik, ” pungkas Gusmal (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here