Dukungan Terus Mengalir, Niniek Mamak Minta Irfendi Arbi Maju Lagi

0
94

LIMAPULUH KOTA, JN- Meski Irfendi Arbi belum memberikan kepastian untuk maju kembali pada pilkada Limapuluh Kota yang bakal digelar 2020 mendatang. Namun dukungan terhadap dirinya terus mengalir dari sejumlah elemen masyarakat.

Jika sebelumnya dukungan disampaikan kaum muda dan emak-emak. Kali ini, gilaran niniak mamak yang menyatakan kesiapan untuk mendukung Irfendi Arbi jika maju lagi dalam pencalonan pemilihan bupati Limapuluh Kota Periode mendatang.

“Bagi kami, dari pado maulang mananam baliak, labiah rancak mamupuak nan lah tumbuah. Kok ka diulang tanam alun tantu bibitnyo rancak,” ujar Suhaimi Dt Patiah Nan Panjang asal nagari Suayan, Kecamatan Akabiluru kepada Irfendi Arbi usai kegiatan sosialisasi penulisan barih Balabeh nagari se Kabupaten Limapuluh Kota, baru-baru ini.

Ia berharap Irfendi Arbi mau maju lagi pada pilkada 2020. Menurutnya, jarang ditemui sosok pemimpin seperti ini yang turun langsung ke tengah-tengah masyarakat untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat. “Jika nanti beliau (Irfendi,red) maju lagi, saya pribadi siap memberikan dukungan,”ungkapnya.

Senada juga diungkapkan Nazwar Can Dt Hitam Manih, menurutnya dirinya sangat mengenal sosok Irfendi Arbi, alasan itulah yang menguatkan hatinya untuk tetap kembali mendukungnya, jika maju lagi pada pilkada mendatang.

“Bagi saya, kerja Irfendi Arbi selama ini jelas dan terbukti, Dia sangat dekat dengan masyarakat, beberapa pembangunan juga sudah berjalan dengan baik,”ungkapnya.

Nazwar Can menjelaskan, selain pembangunan Irfendi juga dikenal dengan kepudulian terhadap masalah adat di Limapuluh Kota. “Mudahan-mudah kepemimpinannya ini dapat berjalan dua periode,”tutup Niniak mamak asal Akabiluru ini.

Harapan yang sama, juga diungkapkan H Husni Dt Rajo Nan Kayo dirinya menuturkan ibarat kuda pacu, dirinya meminta agar kuda ini bertarung kembali. “Kok dapek kudo ko bapacu ndak nyo baliak,artinya bupati Irfendi Arbi hendak mencalonkan diri lagi dalam pencalonan bupati di tahun depan, dan semogah terpilih kembali,”tuturnya.

Selain dukungan ninik mamak, dukungan juga datang dari Bundo Kanduang, seperti yang disampaikan Trisnawati dirinya berharap agar pemerintahan yang sekarang berlanjut kembali. Hal itu, tidak terlepas dari dukungan Irfendi selama ini dalam pembinaan terhadap bundo kanduang.

Dirinya mengakui, selama kepemimpinan Irfendi Arbi pembinaan pemerintah daerah terhadap Bundo kanduang berjalan baik, serta selalu melibatkan peran aktif bundo kanduang dalam pembangunan Limapuluh Kota. Seperti, komitmen bersama dalam menurunkan angka kenakalan remaja dan pembinaan mental generasi muda.

“Untuk itu kami siap mendukung kembali, jika bapak maju lagi sebagai bupati mendatang. tetap pilihan kami bupati yang lama,”ujar ketua Bundo Kanduang Kecamatan Luak ini, ketika berbincang dengan Irfendi dalam acara Halal bi Halal bersama Bundo Kanduang Se kabupaten Limapuluh Kota, kemaren.

Sementara itu, bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi ketika dimintai komentarnya terkait sejumlah dukungan masyarakat ini belum juga memberikan jawaban terkait dirinya akan maju lagi atau tidak.

Namun, dirinya mengakui dorongan sejumlah elemen masyarakat yang meminta dirinya untuk maju kembali akan menjadi pertimbangannya kedepan.

“Mendengar lansung harapan masyarakat ini tentunya akan menjadi pertimbangan bagi saya. Namun, untuk saat ini biar saya selesaikan dulu beberapa pekerjaan yang belum terselesaikan.
Kita optimis, beberapa program pembangunan sesuai dengan visi-misi yang sudah dijanjikan kepada masyarakat dulu akan segera terwujud,”tutupnya. (dho)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda