Politik

DPRD Kab Solok Ajak Masyarakat Sukseskan Pilkada 2020

×

DPRD Kab Solok Ajak Masyarakat Sukseskan Pilkada 2020

Sebarkan artikel ini

SOLOK, JN– Kalangan     DPRD  Kabupaten   Solok,  mengajak   seluruh  lapisan  masyarakat wajib pilih   di  daerah   bumi penghasil  bareh  tanamo   itu  untuk  mensukseskan  Pemilukada Bupati   Solok   dan   Gubernur   Sumbar,   yang   akan   digelar   pada   tanggal   9   Desember   2020 mendatang.


“Sesuai data yang kami terima, tingkat partisipasi pemilih di Kabupaten Solok pada ajang Pilkada langsung tahun 2010 adalah sebesar 63 persen, tahun 2015 tidak jauh beda dari wajib pilih yang datang keTPS. Tetapi Pilkada   ntahun 2020   ini,   kita   targetkan   minimal   75   persen partisipasi masyarakat,”   tutur   Anggota  DPRD Kabupaten Solok, Nelson, Kamus (22/10). 

Dijelaskannya, tingkat partisipasi pemilih meningkat menjadi 72 persen pada Pemilu Legislatif yang digelar tanggal 9 April 2014  silam.  Dari  data  yang  ada,  wajib  pilih  pada  Pileg  tahun  2014  di Kabupaten Solok berjumlah 263.208 pemilih. Sementara pada Pemilu Pilpres yang digelar tanggal 9 Juli tahun2014, tingkat partisipasi sebesar 64 persen dengan jumlah wajib pilih 267.022 pemilih. Sementara wajib pilih di Kabupaten Solok 2020 ini adalah sebanyak 265.564 orang. Jumlah tersebut berkurang sebanyak 16.248 orang dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilihan Legislatif 2019 lalu.

Baca Juga :
Baliho Bachtul Caleg DPRD Provinsi di Cupak Dirusak Orang Tidak Dikenal

 Harapan yang sama juga disampaikan Aggota DPRD Kabupaten Solok lainnya,   Yetty Aswaty Garende bahwa menurutnya, masyarakat   harus memahami antara  hak dan  kewajibannya sebagai warga negara.  
“Menggunakan hak  pilih adalah hak setiap orang. Jika kita punya hak, tetapi tidak digunakan, tentu yang akan rugi kita juga. Sebab satu suara pada Pilkada mendatang, sangat menentukan nasib Kabupaten Solok dan   Sumbar   Lima   tahun   kedepan,”   tutur   Yetty Aswaty.

Baca Juga :
Bupati Solok Buka Acara Bimtek Pengelolaan Resiko Bagi Perangkat Daerah di Chinangkiak

Himbauan   yang   sama   juga disampaikan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Solok, Lucki Effendi, SE, dimana di mata Lucki Effendi, masyarakat   yang   bijak   akan   menggunakan   hak   pilihnya   dan   datang   ke   TPS   untuk memberikan   pilihan   kepada   calon   Bupati   dan   Gubernur. 


  “Mudaha-mudahan   dengan kehadiran para wajib pilih yang ada di Kabupaten Solok ke TPS, akan kita dapatkan kepala Daerah pilihan masyarakat,” tutur Lucki Effendi, sambil menyerukan agar datang ke TPS tanggal 9 Desember yang tinggal sekitar Satu bulan lagi (wandy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.