Disiarkan TVRI Padang: KPU Kabupaten Solok Akan Gelar Debat Paslon Tanggal 1 Desember 2020

0
697

SOLOK, JN– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupayen Solok, menjadwalkan debat pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Solok tanggal 1 Desember 2020 mendatang. Debat kandidat bakal ditayangkan TVRI Stasiun Padang.


Ketua KPU Solok, Ir. Gadis Kepada Koran Padang menyebutkan bahw Pihaknya sudah melakukan persiapan untuk debat kandidat Pilkada Solok untuk 4 Paslon. 
“Ya, debat empat paslon Bupati dan Wakil akan dilaksanakan tangal 1 Desember dan akan disiarkan TVRI Padang,” sebut Ir. Gadis, Selasa (24/11).

Untuk itu, KPU Bumi Bateh Solok juga sudah melakukan rapat koordinasi dan sudah menghubungi masing-masing tim kampanye dan tim punghubung pasangan calon, Bawaslu dan aparat kepolisian untuk membahas pelaksanaan debat kandidat Pilkada Kabupaten Solok.

Menurut Ir. Gadis, debat kandidat itu juga bertujuan menyebarluaskan visi misi atau program kerja pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Solok untuk disampaikan ke masyarakat.

Debat kandidat Pilkada serentak 2020 berbeda dengan debat kandidat pada pemilu sebelumnya. Jumlah peserta dalam acara debat nanti akan dibatasi, karena sesuai dengan penerapan protokol kesehatan Covid-19.
“Saat ini kita tengah musim pandemi Covid-19, maka peserta yang hadir di studio televisi. Dari masing-masing tim kampanye pasangan calon diperbolehkan sebanyak 4 orang, namun kami menyiapkan tempat di luar studio yang sudah disiapkan pengelola televisi,” ujar Ir. Gadis.
Pelaksanaan debat terbuka antar pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Solok, berdasarkan Peraturan KPU Nomor 11 tahun 2020 perubahan atas PKPU Nomor 4 tahun 2017 tentang kampanye pasangan calon, debat publik Paslon juga merupakan bagian dari metode kampanye yang difasilitasi KPU.

Mekanisme debat ada 4 atau 6 segment, pertama pemaparan visi misi, penajaman visi misi, memilih amplop yang sudah berisi pertanyaan, masing-masing calon bupati saling bertanya, dan segmen kelima saling bertanya calon wakil bupatinya dan keenam pernyataan penutup dari masing-masing paslon dengan durasi 120 menit.


“Kita berharap agar debat ini nantinya berjalan lancar dan bisa diikuti masyarakat Kabupaten Solok untuk menentukan visi dan misi paslon sehingga masyarakat bisa menentukan pilihan,” sebut Ir. Gadis (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here