SOLOK, JN- Sebagai Ujung Tombak Pemerintahan, Walinagari diminta teliti dan peka terhadap setiap persoalan yang terjadi di Nagari. Bahkan Hingga sehelai daunpun jatuh di nagari, walinagari harus mengetahuinya. Selain itu, Wlinagari diminta teliti dalam mnggunakan dana desa atau dana Nagari yang jumlahnya sangat besar, agar tidak berbenturan dengan hukum”.
Hal itu disampaikan Bupati Solok, H. Gusmal Dt Rajo Lelo, SE, MM, saat melantik 54 orang walinagari terpilih di Kabupaten Solok, bertempat di Sport Hall Batu Batupang, Senin (20/1).

Acara pelantikan yang berlangsung hikmat dan dihadiri oleh kerabat para walinagari yang dilantik. Selain itu, tampak hadir Wakil Bupati Solok, Yulfadri Nurdin, SH, Sekda Kabupaten Solok, Aswirman, Kapolres Arosuka, AKBP Ferry Irawan, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Solok, Renaldo dan Lucki Efendi, Kejari Solok, Ketua TP PKK Kabupaten Solok, Ny. Desnadevi Gusmal, Ketua GOW Kabupaten Solok, Ny. Dahlira Yulfadri Nurdin, para Kepala SKPD di lingkup Pemkab Solok, para Camat dan Walinagari se Kabupaten Solok, LSM dan Awak media serta seluruh undangan yang hadir.

Lebih jauh dijelaskan Bupati Gusmal, Walinagari juga harus berlaku adil dan tidak berat sebelah dalam memutuskan setiap persoalan. “Tibo di paruik indak bakampihan tibo dimato indak bapiciangan, berlakuklah adil kepada masyarakat nagari. Lupakanlah perbedaan pilihan waktu Pilwana berlangsung, sebab hari ini Walinagari yang dilantik adalah untuk seluruh masyarakat nagari dimana kita diberi amanah,” jelas H. Gusmal.

Bupati juga mengucapkan selamat bergabung dalam jajaran pemerintahan Kabupaten Solok, semoga kita dapat bersinargi untuk membangun Kabupaten Solok ini. “Saya tekankan, kepada Walinagari yang dilantik, harus mengemban tugas dengan amanah dan dijalankan sebaik baiknya, mustahil sebuah pemerintahan yang baik dapat kita wujudkan tanpa merangkul semua pihak,” beber Gusmal.

Bupati Solok itu juga berpesan kepada wali nagari yang dilantik untuk menyelesaikan rencana pembangunan jangka menengah setelah 3 bulan dilantik. Wali nagari merupakan ujung tombak, dalam membangun nagari. Pemerintah nagari solok diharapkan menjadi pemimpin nagari yang terbuka dan terdepan. Maksimal selama 3 bulan setelah pelantikan, walinagari terpilih harus menyusun RPJMD nagari untuk jangka waktu 6 tahun kedepan.
“Saya juga mengapresiasi pemilihan wali nagari yang berlangsung damai dan tidak ada konflik. Kami juga menghimbau seluruh walinagari agar dalam pelaksanaan tugasnya betul betul merujuk peraturan perundang-undangan yang berlaku dan dalam membangun, walinagari harus mengajak semua komponen masyarakat agar membangun nagari di Solok dan berkoordinasi dengan dinas pemberdayaan nagari dan camat tentang penggunaan dana desa serta bisa sejalan dengan BMN dan tidak saling mencurigai,” jelas Bupati.

Dijelaskan Bupati, saat ini hampir sekitar Rp 150 Milyar yang dianggarkan untuk 74 Nagari di Kabupaten Solok yang dialokasikan dalam bentuk Alokasi Dana Nagari (ADN) dimana sebesar Rp 74 Milyar yang bersumber dari APBD Kabupaten Solok yang dikucurkan dalam bentuk Dana Nagari (DN) dan dari APBN sebesar Rp 64 Milyar.

Pada kesempatan itu, Walinagari dan perangkatnya agar berhati-hati dengan segala macam pungutan yang ada di nagari agar tidak berurusan dengan saber pungli atau pihak hukum. Bupati juga memberi kewenangan penuh kepada Camat untuk melakukan monitoring penuh kepada Walinagari dalam menggunakan anggaran tersebut. Disebutkan Bupati, Bak Gula dengan semut, Nagari yang dulu “termajinalkan”, saat ini menjadi primadona sekaligus mendapat orotan tajam dari banyak pihak, mulai dari pusat hingga ke daerah, serta oleh aparat penegak hukum, Media Masa, LSM, sampai kepada aparat pemerintahan nagari itu sendiri. “Dan masalah yang terjadi menunjukan indikasi negatif yang harus kita skapi bersama sebagai perbaikan untuk masa yang akan datang,” jelas Gusmal.

Beikut adalah 54 Walinagari yang dilantik serentak pada hari Senin tanggal 20 Januari 2020 di Sport Hall Batu Batupang:

1. Untuk Kecamatan Gunung Talang:

Walinagari Cupak: Fatmi Bahar
Walinagari Talang: Zul Fadri
Walinagari Air Batumbuk: Yuneldi
Walinagari Batang Barus: Syamsul Azwar
Walinagari Sungai Janiah: Syafridola
Walinagari Koto Gaek Guguak: Mardi Handerson
Walinagari Koto Gadang Guguak: Carles Camra

2. Untuk Kecamatan IX koto Sungai Lasi

Walinagari Sungai Jambur: Marlius
Walinagari Siaro-aro: Eliswandri
Walinagari Guguak Sarai: Darwin
Walinagari Bukit Bais: Usnidar
Walinagari Indudur: Zofrawandi
Walinagari Pianggu: Safri
Walinagari Koto Laweh: Zulkifli
Walinagari Taruang-Taruang: Rushimal Ulya
Walinagari Sungai Durian: Adesrizal

3. Kecamatan Kubung

Walinagari Tanjung Bingkung: Mardanus
Walinagari Saok Laweh: Irwin Saputra
Walinagari Salayo: Ronal Reagen, ST
Walinagari Koto Baru: Afrizal Khaidir
Walinagari Gantung Ciri: Hendri Y
Walinagari Gauang: Rizal Rozeko, SE
Walinagari Koto Hilalang: Yuli Endra, ST

4. Kecamatan X Koto Singkarak
Walinagari Tanjuang Alai: Yurdam, SE
Walinagari Singkarak: Rahman
Walinagari Saniang Baka: Dasrizal CB
Walinagari Kacang: Andrian
Walinagari Sumani: H. Masri Bakar, SE
Walinagari Tikalak: Joni Martias, B. Sc

5. Kecamatan X Koto Diatas
Walinagari Labuah Panjang: Marlison, S. Pd, SD
Walinagari Katialo: Syukriyon Edi
Walinagari Bukit Kanduang: Asriyandi
Walinagari Pasilihan: Yonhi Nofri, A, Md
Walinagari Tanjung Balik: Irfan Fiktono, S. Pd

6. Kecamatan Junjung Sirih
Walinagari Muaro Pingai: Dodi Hermen, SE

7. Kecamatan Payung Sekaki
Walinagari Siruam: Romi Febriandi, S. Pd
Walinagari Supayang: Darmansyah

8. Kecamatan Lembang Jaya
Walinagari Batu Bajanjang: Ulil Amri
Walinagari Koto Gadang Koto Anau: Edi Setiawan, A.md
Walinagari Limau Lunggo: Syahrial, A. Ma. Pd.

Walinagari Batu Banyak: Viva Martha
Walinagari Salayo Tanang Bukik Sileh: Zalmianto
Walinagari Koto Laweh: Kasyanti

9. Kecamatan Bukit Sundi:
Walinagari Parambahan: Yatrinaldi
Walinagari Dilam: Janawir

10. Kecamatan Tigo Lurah
Walinagari Rangkiang Luluih: Abu Tasar, S. Sos
Walinagari Garabak Data: Pardinal
Walinagari Tanjuang Balik Sumiso: Joni Putra, S. Pd

11. Kecamatan Danau Kembar
Walinagari Simpang Tanjuang Nan IV:
Siardi

12. Kecamatan Pantai Cermin
Walinagari Surian: Yusri

13. Kecamatan Lembah Gumanti
Walinagari Sungai Nanam: Delfi, S. Sos. I

14. Kecamatan Hiliran Gumanti
Walinagari Talang Babungo: Hafizur Rahman
Walinagari Sariak Alahan Tigo: Baharuddin
Walinagari Sungai Abu: Padriwanto**

Selain Pelantikan 16 Walinagari terpilih, pada waktu yang bersamaan, Ketua TP PKK Kabupaten Solok, Ny, Desnadevi Gusmal, juga melantik 55 orang Ketua TP PKK Nagari se Kabupaten Solok (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here