Bupati Gusmal Hadiri Peringatan Tahun Baru Islam di Paninggahan

0
100

SOLOK, JN- Bupati Solok, H. Gusmal menghimbau umat Islam untuk lebih membesarkan Tahun Baru Islam dari pada tahun baru biasa, karena selama ini umat Islam lebih cenderung membesarkan tahun baru pada awal Januari dari pada tanggal 1 Muharam setiap tahunnya.

“Saya mengingatkan bahwa tahun baru umat Islam adalah jatuhnya pada 1 Muharam setiap tahunnya, bukan tanggal 1 Januari. Jadi marilah kita besarkan hari tahun baru agama kita,” jelasnya. Pernyataan itu disampaikan Bupati Solok, saat menghadiri acara peringatan penyambutan tahun baru Islam 1440 Hijriah, bertempat di Surau Gadang, Jorong Parumahan, Nagari Paninggahan, Kecamatan Junjung Sirih, Minggu (9/9).

Tampak hadir pada acara tersebut selain Bupati Solok, Asisten II Pemkab Solok, Aliber Mulyadi

Kepala barenlitbang, H. Dusral, Para Kepala SOPD di Kabupaten Solok, Camat Junjung Suriah, Herman, Walinagari paninggahan beserta seluruh masyarakat dan jemaah yasinan Darussalam

 

Lebih jauh dijelaskan Gusmal, peringatan 1 Muharam ini adalah untuk merenungkan kembali butir-butir akhlak Rasulullah SAW dalam berhijrah dari Mekah ke Madinah yang membebaskan manusia dari kesesatan menuju Hidayah. “Saya berharap kelompok yasinan Darussalam ini dapat terus berkembang dan anggotanya semakin bertambah. Kegiatan yasinan ini adalah salah satu kegiatan untuk menambah ilmu khusus bagi anggota kelompok dan juga masyarakat Paninggahan,” sebut Gusmal.

 

Bupati juga menjelaskan bahwa dengan program SMP berbasis pesantren adalah salah satu cara kita untuk menanamkan ilmu agama pada anak-anak kita. “Kalau kita lihat kehidupan masyarakat kita saat ini sudah banyak Yang terpengaruh oleh budaya budaya luar yang bertentangan dengan nilai adat istiadat serta agama kita khususnya para generasi muda. Jadi saya berpesan kepada bapak ibu dan para mamak untuk lebih mengawasi anak-anak kita kedepannya,” jelas Gusmal.

 

Pada kesempatan itu Bupati berharap agar di tahun yang baru nantinya kita bisa berubah kearah yang lebih baik lagi (wandy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda