Bupati Gusmal dan PWI Serta Humas Pemkab Solok Gelar Silaturrahmi di Guest House

0
182

SOLOK, JN- Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Solok, hari Jum’at (7/2), menggelar silaturrahmi dan diskusi dengan Bupati Solok, H. Gusmal, bertempat di Guest House
Arosuka, atau rumah dinas Bupati Solok.

Pada diskusi yang didampingi Kabag Humas, Syofiar Syam, Kasubag Layanan Hubungan Media atau dulu Kasubag Pemberitaan, Afry Yanto dan Bendahara Bagian Humas, Twentiher Oktaberia dan pengurus PWI Kabupaten Solok lainnya.

Ketua PWI kabupaten Solok, Riswan Jaya, SH, pada kesempatan itu memberi apresiasi kepada Kabag Humas Syofiar Syam, yang sudah memfasilitasi pertemuan dengan orang nomor satu di Kabupaten Solok tersebut.
“Alhamdulillah, hari ini kira bisa berduskusi dengan Bapak Bupati, setelah sekian lama tidak ada acara semacam ini, ” sebut Ruswan Jaya.

Pihaknya juga membahas rencana kunjungan study komparatif wartawan Solok serta juga rencana meneriahkan Hari Jadi Kabupaten Solok yang ke 107, tahun 2020, yang puncaknya jatuh pada tanggal 9 April 2020 mendatang.

Pada saat pertemuan dengan Bupati Solok tesrsebut, pengurus PWI mengusulkan rencana Studi Banding media yang meliput di Kabupaten Solok tahun 2020 ini ke Luar Negeri, seperti ke Malaysia, Singapura dan Thailand dan ada juga yang mengusulkan di dalam Negeri.
Dari pandangan Bupati terkait masalah tersebut, berdasarkan pertimbangan alasan bahwa tahun 2020 ini merupakan tahun politik dan ada pelaksanaan Pilkada September mendatang.
Namun Bupati meng khawatirkan juga rawan akan masalah gangguan keamanan dan sejumlah pertimbangan lainya.

Maka Bupati dan kawan2 pengurus PWI Kab Solok yg hadir termasuk Kabag Humas dan jajaranya, bersepakat bahwa Studi Banding Wartawan Kabupaten Solok yang difasilitasi Bagian Humas Pemkab Solok pada tahun 2020 ini, akan dilaksanakan di Dalam Negeri tidak jadi ke Luar Negeri.
Rencana daerah tujuan Studi Banding tsb ke Bagian Humas Pemko Surabaya, Jawa Pos Grup dan sekaligus menghadiri acara PORWANAS 2020 di Kab/Kota Malang Jawa Timur pada awal bulan Juli mendatang.

Study banding tersebut menurut Bupati Gusnal sangat penting dalam rangka nenambah wawasan wartawan pada era globalisasi ini.

“Wartawan dituntus harus berwawasan luas dan dianggap lebih mengetahui segala hal. Jadi wartawan selain dituntut untuk terus membaca demi menambah pengetahuan, juga harus menguasai technology dan perlu banyak belajar tentang dunia baru, ” sebut Gusmal.

Keberadaan wartawan juga dinilai sangat penting untuk akses informasi karena tanpa media atau wartawan, orang umum atau publik tidak akan mendapatkan informasi. “Bahkan dengan adanya wartawan, orang di Benua Amerika atau Eropa, bisa mengetahui kejadian di Solok atau Indonesia saat itu juga. Begitu juga sebaliknya, orang Indonesia juga bisa mengetahui apa yang terjadi di Eropa atau Afrika saat itu juga, ” sebut H. Gusmal.

“Mungkin dimasa yang akan datang kita bisa ke luar negeri, ” sebut Bupati Solok, H. Gusmal (01/wandy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda