Bupati Gusmal Buka Bimtek Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Solok Tahun 2019

0
121

SOLOK, JN- Bupati Solok, H. Gusmal Dt Rajo Lelo, SE, MM, hari Jumat (21/3), membuka Bimtek Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Solok Tahun 2019, bertempat di Guest House Arosuka.

Acara tersebut dihadiri oleh Sekda Kabupaten Solok, H. Aswirman, para Staf Ahli Bupati , para asisten, para Kepala SOPD, para Camat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Solok, Tim TAPD, pejabat fungsional Perencanaan dan Pejabat Struktural Barenlitbang serta yang lainnya.

Dalam laporannya, Ketua Panitia Pelaksana acara, Sekretaris Barenlitbang Kabupaten Solok, Ir.Desmalia Ramadhanur menyampaikan bahwa peserta Bimtek Perencanaan Daerah berjumlah sebanyak 80 orang yang terdiri dari 26 orang Kepala SOPD, 14 camat dan ditambah dengan perwakilan tim TAPD, fungsional pe rencanaan dan pejabat struktural di Barenlitbang Kabupaten Solok.

Acara ini dilaksanakn selama 3 hari bertempat di Hotel Bumiminang Padang dari tanggal 22 hingga 24 Maret 2019. “Kegiatan ini diadakan dalam rangka untuk pencapaian target RPJM Kabupaten Solok tentang indikator nilai SAKIP kabupaten Solok. Untuk tahun 2019 ini, target nilai SAKIP Kabupaten Solok adalah BB dan mudah-mudahan minimal kita nantinya akan memperoleh nilai SAKIP A,” jelas Ir. Desmalia Ramadhanur.

Disebutkannya, penilaian SAKIP ini ditentukan oleh 5 komponen yaitu Perencanaan kinerja, Pengukuran Kinerja, Pelaporan Kinerja, Evaluasi kinerja dan capaian Kinerja.

Hasil evaluasi atas akuntabilitas kinerja instansi pemerintah tahun 2018 oleh Kemenpan RB Kabupaten Solok Memperoleh Nilai 62,53 ( prediket B), komponen Perencanaan kinerja Memperoleh nilai 22,16 naik 0,34 poin dari tahun 2017.

Selain itu juga harus dipastikan bahwa perencanaan Anggaran Sudah Berdasarkan Pada dokumen perencanaan kinerja, dimana program dan kegiatan yang diusulkan mengacu kepada Pencapaian Sasaran Strategis yang telah disusun dalam Dokumen Perencanaan Kinerja.

Sementara Bupati Solok, H. Gusmal, dalam arahannya menyampaikan bahwa sebagai mana diketahui bahwa acara pembukaan ini semula akan dilaksanakan di Hotel Bumi Minang Padang, namun karena semua kepala SKPD masih berada di guest hause, setelah acara jamuan makan malam wakil menteri ESDM, maka berdasarkan kesepakatan bersama pembukaan BIMTEK Perencanaan pembangunan daerah dilaksanakn di guest hause ini.

“Dalam penyusunan perencanan yang pertama atau sumber acuan kita adalah RPJMD yang dihubungkan dengan keseterdian dana di pemerintah daerah. Penyusunan RPJMD ini harus sinkron dengan RPJMD Provinsi dan Pusat, sebab apabila nantinya tidak sinkron maka program nasional tidak bisa masuk ke daerah kita,” jelas Gusmal.

Untuk itu, pihaknya berharap apa yang dibuat hendaknya betul-betul direncanakan dan tidak asal-asalan, termasuk dalam penyusunan perencanaan itu harus saling berkait.

“Lakukan pengukuran kinerja kita, sehingga apa yang ingin kita capai dapat terukur dengan baik. Selanjutnya laporkan semua program yang sudah dikerjakan kepada Pimpinan dan Kepala Daerah serta bentuk sebuah tim yang akan mengevaluasi s. emua Kinerja Kepala SKPD dan termasuk Capaian Kinerjanya juga akan dinilai,” pungkas Gusmal (wandy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda