20 Orang Anggota DPRD Kota Solok Priode 2019-2024 Dilantik

0
1791

SOLOK, JN- 20 orang anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Solok yang terpilih pada Pemilu legislatif (Pileg) serentak 17 April lalu, telah resmi dilantik dan diambil sumpah, Rabu (7/8) pada Sidang Paripurna di Gedung Kubung 13. Paripurna tersebut merupakan momen langkah awal perjalanan panjang 20 orang legislator periode 2019-2024 untuk mengabdi kepada masayarakat Kota Solok untuk 5 tahun kedepan.

Gedung Kubung 13 menjadi saksi penting, bagi para wakil rakyat yang diberi amanah oleh masyarakat, pelantikan dan pengambilan sumpah ini pun menjadi pusat perhatian masyarakat Kota Solok, tentu karena di pundak para wakil rakyat inilah, harapan masyarakat tertumpang.

Pelantikan dan pengambilan sumpah tersebut dilakukan oleh Ketua Pengadilan Negeri (PN) Kota Solok Dony Dortmund. Pada kesempatan itu turut hadir Wali Kota Solok Zul Elfian, Wakil Wali Kota Solok Reinier, Forkopimda Kota Solok serta Beberapa orang tokoh, diantarannya Mantan Wali Kota Solok, Ketua KPU dan Bawaslu, Tokoh masyarakat, Bundo Kanduang, LKAAM, Ketua Organisasi Wanita, OKP, Ormas dan masyarakat, tamu undangan lainnya.

Adapun susunan acara pengucapan sumpah/ janji anggota DPRD yang terpilih itu yakni, pembukaan rapat paripurna istimewa DPRD, pembacaan keputusan Gubernur, pengucapan sumpah/janji anggota DPRD, penandatanganan berita acara, penyematan PIN, pengumuman pimpinan DPRD sementara, penyerahan pimpinan DPRD masa jabatan 2014-2019 kepada pimpinan sementara, sambutan ketua sementara DPRD, Sambutan Gubernur yang dibacakan oleh Wali Kota, pembacaan doa, dan penutupan Rapat Paripurna DPRD oleh Ketua sementara.

Adapun 20 orang anggota DPRD Kota Solok yang dilantik yaitu Yutris Can, SE (Golkar), Ramadhani Kirana Putra, SE, MM (Golkar), Nasril In (Golkar), Efriyon Coneng (PAN), Rusdi Saleh (PAN), Deni Nofri (Demokrat), Bayu Kharisma (Demokrat), Wazaldi (PBB), Hendra Saputra (PBB), Rika Hanom (Gerindra), Harizal (Gerindra), Ade Merta (PKS), Taufiq Nizam (PKS), Ade Surya Dharma (Hanura), Rusnaldi (Hanura), Yoserizal (Nasdem), Amrinof Dias (Nasdem), Irwan Sariin (PKPI), Leo Murphy (PDIP) dan Andi Eka Putra (PPP).

Yutris Can, selaku Ketua DPRD Kota Solok Sementara, mengungkapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat Kota Solok yang telah mempercayakan amanah tesebut, “kami sangat berterimakasih kepada masyarakat Kota Solok yang telah mempercayakan amanah kepada kami untuk lima tahun kedepan, mudah-mudahan kami dapat mengemban amanah ini dengan sebaik-baiknya,” katanya.

Yutris Can mengatakan ini adalah momentum yang amat penting bagi masyarakat Kota Solok, yang telah memberikan kepercayaan kepada 20 orang anggota DPRD Kota Solok terpilih. Dijelaskan Yutris Can pengabdian anggota DPRD periode 2014-2019 yang telah berakhir masa tugasnya, akan tercatat dalam lembaran sejarah. Begitupun kepada yang terpilih di periode 2019-2024 untuk memulai lembaran sejarah perjalanan 5 tahun mendatang.

Yutris Can juga turut mengucapkan mohon maaf jika selama periode yang lalu belum memberikan pelayanan yang terbaik, “selama 5 tahun masa pengabdian, kami meyakini masih banyak yang belum kami laksanakan, kami minta maaf kepada seluruh masyarakat Kota Solok atas kesalahan selama masa jabatan lalu,” kata Yutris Can.

Pengambilan sumpah dan pelantikan anggota DPRD Kota Solok yang baru ini, merupakan babak baru dalam perjalanan panjang Kota Solok akan dimulai. Sebagai mitra sejajar dengan Pemerintahan Kota Solok, peran DPRD Kota Solok tidak dapat dipungkiri dapat memberikan warna atas kebijakan pembangunan yang akan dilahirkan.

Menurut Yutris Can Masyarakat tentu yang akan menilai, kinerja anggota DPRD Kota Solok 5 tahun belakangan, baik langsung maupun secara tidak langsung, masyarakat telah merasakan andil mereka dalam pembangunan dan kemajuan Kota Solok selama ini. Yutris Can juga menyadari harapan masyarakat untuk lima tahun mendatang, demi kemajuan Kota Solok yang lebih baik, seiring dengan tuntutan dan kebutuhan daerah, dengan anggota DPRD Periode 2019-2024 yang telah dilantik, maka besar harapan masyarakat yang telah memberikan amanah, yang merupakan semangat baru dalam bekerja membangun daerah.

“Masyarakat berharap fungsi DPRD Kota Solok sebagai lembaga perwakilan rakyat yang menjalankan fungsinya sebagai legislasi, pengawasan dan penganggaran akan lebih berperan sehingga harapan masyarakat Kota Solok akan kemajuan Kota Solok ke arah yang lebih baik dapat terwujud,” katanya.

Harapan masyarakat Kota Solok dengan dilantiknya anggota DPRD Kota Solok ini akan adanya perubahan 5 tahun kedepan. Kehadiran anggota DPRD Kota Solok yang baru diharapkan mampu membawa angin segar dalam lembaga legislatif, terutama dalam mengawal arah pembangunan, ditambah dengan begitu banyaknya agenda pembangunan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan Kota Solok kedepan.(van/adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here