Yulfadri Nurdin Buka Musrenbang Nagari Tanjung Alai

0
68
SOLOK,  JN-Wakil Bupati Solok,  H. Yulfadri Nurdin,  SH,  hari Rabu (14/11), menghadiri sekaligus membuka acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Nagari Tanjung Alai,  Kecamatan X Koto Singkarak,  Kabupaten Solok tahun 2019,  bertempat di Kompleks Kantor Walinagari Tanjung Alai.
Selain Wabup Solok,  tampak hadir pada acara Musrenbang Nagari Tanjung Alai tersebut antara lain,  Wakil Ketua DPRD kabupaten Solok,  Septrismen Sutan Putieh,  Sekretaris DPMN kabupaten Solok,  Irwan Effendi,  Perwakilan Barenlitbang, perwakilan SOPD terkait,  Perwakilan Kecamatan dan juga Walinagari Tanjung Alai,  Liherdi serta tokoh masyarakat nagari setempat.
Walinagari Tanjung Alai,  Lihendri dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamay Wakil Bupati Solok dan rombongan atas kesedian beliau menghadiri sekaligus membuka acara Musrenbang Nagari Tanjung Alai ini.
“Terimakasih atas kehadiran Bapak Wakil Bupati untuk membuka acara Musrenbang Nagari ini dan saya berharap arahan dari Bapak bisa menjadi masukan bagi kami semua untuk menyusun Musrenbang Nagari kami, ” jelas Liherdi.
Wakil Ketua DPRD kabupaten  Solok, Septrismen Sutan Putieh, dalam sambutannya juga berharap agar Musrenbang Nagari ini berjalan dengan baik dan peserta bisa mengusulkan skala yang lebih prioritas agar bermanfaat untuk kemajuan Nagari Tanjung Alai kedepannya.
“Kalau bisa,  Perencanaan Pembangunan Nagari dan daerah dilaksanakan dengan menerjemahkan visi dan misi Bupati atau kepala daerah, dengan menggunakan metode dan kerangka berfikir yang ilmiah oleh lembaga atau satuan kerja secara fungsional,” jelas Septrismen. 
Disebutkan Septrismen, proses perencanaan Musreang ini juga dilaksanakan dengan melibatkan stakeholders melalui musrenbang. 
“Hasilnya diselaraskan dalam musyawarah pembangunan ditingkat nagari hingga ketingkat ke tingkat  pusat,” jelas Septrismen. 
 
Sedangkan Wakil Bupati Solok,  H. Yulfadri Nurdin,  SH,  dalam arahannya menyampaikan bahwa Musrenbang ditingkat nagari ini harus menampung usulan masyarakat agar bisa diakomodir dan dilanjutkan ke Kecamatan. 
Biasanya usulan masyarakat pada setiap Musrebang lebih banyak ke arah fisik seperti infrastuktur jalan dan lainnya. 
“Hal itu juga penting,  tetapi juga harus sebanding dengan isu strategis nagari kedepan. 
H.  Yulfadri Nurdin juga menyebutkan bahwa Kabupaten Solok memiliki empat pembangunan dan hal itu tentu didukung dari bawah dengan memulai dari Musrenbang Nagari. 
“Usulan masyarakat memang tidak salah ke arah fisik karena kebutuhan, seperti infrastruktur karena masih banyak yang perlu dibenahi, namun pembangunan non fisik juga jangan sampai diabaikan, ” jelas Yulfadri Nurdin. 
Wabup juga menjelaskan bahwa hasil Musrenbang Nagari dan Kecamatan nantinya akan diakomodir dan ini juga sesuai dengan RPJMD Kabupaten Solok kedepan yang akan meningkatkan berbagai infrastruktur di nagari.
 

Dijelaskan Wabup,  saat ini masih banyak kita di nagari-nagari yang megkeluhkan masalah jalan sebagai sarana transporrasi mereka untuk mengangkut hasil pertanian kepasar, fasilitas kesehatan maupun infrastruktur lainnya.

Selain kegiatan fisik seperti infrastruktur yang kita bangun di nagari-nagari, kita juga harus melihat isu strategis kedepan yaitunya, peningkatan kualitas SDM, kemiskinan dan pengangguran, peningkatan daya saing dibidang pertanian, pariwisata dan UKM, pertumbuhan ekonomi serta tata kelola pemerintahan yang baik (good governance).

“Laksanakanlah Musrenbang dengan baik agar bisa ditampung di Kecamatan dan Kabupaten, ” jelas Yulfadri Nurdin.

Usai membuka Musrenbang Nagari,  Wabup Solok meninjau lokasi pabrik Jarak yang berada di lokasi SMK 1 Singkarak yang semenjak dibangun oleh Dinas Koperindag tahun 2013 lalu,  hingga sekarang belum pernah berproduksi.

Wabup meminta agar pabrik tersebut bisa dimanfaatkan dan akan membicarakan kembali dengan Dinas Koperindag Kabupaten Solok  (wandy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda