Warga Tanah Kuniang Curhat Ke TSR Bupati Solok: “Kami Masih Punya Hutang Rp 300 Juta, Mohon Solusi, “

0
204

SOLOK, JN- Tim Safari Ramadhan (TSR) Bupati Solok tahun 2019, hari Rabu malam (8/6), mengunjungi Masjid Taqwa, Jorong Tanah Kuniang, Nagari Muara Panas, Kecamatan Bukit Sundi, Kabupaten Solok.

Tim Safari Ramadhan atau Tim 1 Pemkab Solok itu, dipimpin oleh Bupati Solok, H. Gusmal, SE, MM, dengan anggota yakni Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Kemasyarakatan dan SDM, Drs. Suharmen, Kasat Pol PP, Drs. Efriadi, MM, Kepala Dinas PUPR, Effia Vivi Fortuna, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Solok, Drs. H. Alizar Chan, M. Ag, Ketua MUI kabupaten Solok, Syahrul Wirda, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Radiyatul Hayat, SH, MH, Kabag Umum, Setdakab Solok, Sony Sondra, Kabag Humas, Elafki, Sekretaris LKAAM Kabupaten Solok, Reflidon Dt Kayo, Kabag Kerjasama Daerah Kabupaten Solok, Devi Pribadi, S. Sos, Pimpinan Bang Nagari Cabang Solok, Banteng Dono Sariro, SE, Tiga orang anggota DPRD kabupaten Solok, Hj. Nursiam (Golkar), Jon Pandu (Gerindra) dan Yusfardizen (PKS) serta tiga orang wartawan yakni Wandy dari Harian Koran Padang, Adrizal, Metro Andalas dan Yasril Yakub dari Mingguan Senior.

Selain itu juga tampak hadir, Camat Bukit Sundi, N Efiyardi, Kapolsek dan Danramil Bukit Sundi serta seluruh Kepala Jorong di Nagari Muara Panas.

Kunjungan TSR tim 1 Pemkab Solok itu, merupakan kunjungan pertama TSR reguler Pemkab Solok tahun 2019 untuk mengunjungi masjid atau Mushalla yang telah ditunjuk. Setidaknya ada tiga masjid yang akan dikunjungi tim reguler dari Tim 1 ini dan 13 Masjid atau mushalla dengan tim khusus TSR 1 yang anggotanya juga masih sama.

TSR Bupati Solok, usai berbuka bersama dengan masyarakat setempat, juga langsung melakukan Shalat Maghrib berjamaah dan berikutnya dilanjutkan dengan Shalat Isya dan tarawih berjamaah.

Pengurus masjid Taqwa Tanah Kuniang, dalam laporannya menyebutkan bahwa
Masjid Taqwa terdiri dari dua lantai yakni lantai satu digunakan untuk MDTA dan lantai 2 untuk kegiatan shalat. MDTA juga belum disekap karena masih terkendala dana. Sementara lantai atas, meski sudah bagus, namun hingga saat ini pengurus masih punya hutang kepada seseorang yang saat ini tinggal di Kota Padang, lebih kurang sebanyak Rp 300 Juta.

Masjid Taqwa Tanah Kuniang yang dibangun awal tahun 2017 itu, mulanya didanai oleh seseorang dan pengurus bisa membayar cicilan setiap bulannya berapa sanggupnya saja kepada orang tersebut.

“Hingga sekarang kami masih punya hutang lebih dari 300 juta dan baru kami bayar sekitar 150 juta kepada orang tersebut. Jadi kami mohon bantuan dan solusi dari Bapak Bupati dan rombongan TSR pemkab Solok yang turun hari ini, ” sebutnya.

Selain itu, masjid juga belum dilenkapi bak mandi dan tempat berwudhuk yang permanen. Sementara khusus untuk guru-guru MDTA, meski hanya dibayar dibawah standar yakni baru Rp 350 per bulannya, namun tidak membuat semangat para guru untuk mendidik siswa MDTA. Untuk masalah ini, pengurus juga minta perhatian kepada Kemenag Kabupaten Solok.

Walinagari Muara Panas, Ferry Efendi, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada TSR Bupati dan Pemerintah Kabupaten Solok, yang sudah menunjuk Masjid Taqwa sebagai kunjungan TSR kali ini.
Disebutkan Ferry Efendi, pihaknya sangat berharap adanya akses jalan yang layak menuju Jorong Tanah Kuniang dan ke Galagah, karena masih banyak yang belum bagus dan yang belum di cor.

Bupati Solok, H. Gusmal, yang diwakili okeh Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Kemasyarakatan dan SDM, Drs. Suharmen, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih dan salam maaf dari Bupati Solok, karena tidak bisa hadir secara langsung dan memimpin TSR ini, disebabkan ada tugas mendadak ke Jakarta.
“Seharusnya yang memimpin tim Safari Ramadhan ini adalah Bapak Bupati, tetapi karena beliau ada tugas mendadak ke Jakarta, jadi tidak bisa hadir di tengah-tengah kita, ” terang Suharmen.

Disebutkannya, tujuan dari tim Safari Ramadhan ini adalah untuk menjalin tali silaturrahmi dan menampung aspirasi dari masyarakat serta menyampaikan informasi yang berkaitan dengan Kabupaten Solok.

“Bulan puasa membawa berkah bagi kita semua, salah satunya hari ini kita bisa bersilaturrahmi secara langsung, ” sebut Suharmen.

Pihaknya mengajak umat muslim di Tanah Kuniang untuk selalu memperbanyak amal dan ibadah yang wajib dan yang sunnah pada bulan suci ramadhan ini, karena pahalanya dilipat gandakan oleh Allah.

“Saya menghimbau kepada masyarakat agar selalu pandai dalam menerima informasi yang ada, baik di sekitar maupun lewat berbagai media elektronik dan tidak mudah terprovokasi oleh issu yang belum tentu kebenarannya, ” jelas Suharmen.

Bupati juga menyebutkan bahwa peranan masyarakat sangat kita butuhkan dalam menjaga anak-anak generasi muda saat ini dari bahaya penyalahgunaan narkotika, pergaulan bebas, dan LGBT.

Pada kunjungan tersebut TSR TIM 1 Bupati Solok, juga menyerahkan bantuan dari Pemkab Solok berupa satu unit jam digital untuk waktu shalat dan uang sebesar Rp 10 Juta Rupiah.
Selain itu, pihak pimpinan Bank Nagari Cabang Solok, Banteng, juga menyerahkan uang tunai sebesar Rp 2 500.000 kepada pengurus masjid Taqwa.

Acara dilanjutkan dengan ceramah agama yang disampaikan oleh Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Solok, Drs
Drs. H. Alizar Chan, M. Ag (wandy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan Komentar
Masukkan Nama Anda