Warga Sungai Abu Curhat ke Wakil Bupati Solok

0
1064

SOLOK, jN- Warga Nagari Sungai Abu, Kecamatan Hiliran Gumanti, Kabupaten Solok, lakukan curhat ke Wakil Bupati Solok, terkait harga hasil panen karet yang sangat murah hingga turun drastis menjadi Rp 4000 per kilonyo.

“Kami minta tolong kepada Bapak Wakil Bupati Solok, agar harga karet ini bisa mahal sehingga kami para petani tidak dirugikan,” ujar Ita (43), warga  Sungai Abu, saat bertanya kepada Ketua Tim Safari Ramdhan (TSR) Tim 2 Pemkab Solok tahun 2018 yang diketuai Wakil Bupati Solok, Yulfadri Nurdin, SH, saat mengunjungi Masjid Raya Babussalam, jorong Balai Garabak, Nagari Sungai Abu, Kecamatan Hiliran Gumanti, Kabupaten Solok, Minggu malam (20/5). Disebutkan Ita, akibab harga karet yang murah di Sungai Abu, maka banyak masyarakat yang melakukan penebangan pohon karet dan mengganti dengan pohon lain seperti manggis, kakao dan lainnya. Selain Ita, persoalan lain yang dikeluhkan masyarakat adalah buruknya akses jalan menuju Nagari mereka dan tidak adanya akses internet, sehingga susah berkomunikasi dengan keluarganya yang ada di perantauan atau di luar Sungai Abu.

Wakil Bupati Solok Yulfadri Nurdin, SH, kepada warga Sungai Abu berjanji untuk membantu persoalan petani dengan cara akan mengirim tim ke dari Dinas Pertanian ke Sungai Abu untuk mengatasi segala persoalan yang dihadapi masyarakat petani, termasuk mengatasi masalah harga karet yang merosot di daerah terpencil. Selain itu, Wakil Bupati juga meminta agar masyarakat Sungai Abu, membentuk kelompok tani,  agar mudah mendapat bantuan dari pemerintah, sebab saat ini bantuan pemerintah harus jelas kepada kelompok.

“Kelompok tani yang akan dapat bantuan juga harus aktif dan mempunyai pengurus tetap dan juga rutin menggelar rapat anggota serta jelas anggotanya,” jelas Yulfadri Nurdin. Sementara masalah akses jalan dan tower seluller, Wabub juga akan mencoba membicarakan hal itu dengan pihak terkait. Wabub juga menyampaikan program 4 Pilar pembangunan yang harus mendapat dukungan dari masyarakat seperti program pendidikan, kesehatan, program kesejahteraan masyarakat dan juga mewujudkan pemerintahan yang bersih dan berwibawa.

 

Sebelumnya Walinagari Sungai Abu, Fitri Oktavia juga menyampaikan ucapan selamat datang kepada TSR Wabub Solok yang sudah mengunjungi Nagari Sungai Abu, salah satu nagari yang masih terisolir di Kabupaten Solok dan bisa ditempuh dari Arosuka sekitar 3 jam perjalanan. “Alhamdulillah masyarakat Sungai Abu sangat berterimakasih atas kunjungan TSR Kabupaten yang dipimpin oleh Bapak Wakil Bupati,” jelas Fitri Oktavia.

Pada kesempatan kunjungan tersebut, Wabub juga menyerahkan bantuan uang untuk pembangunan masjid Babussalam yang diterima langsung oleh pengurus masjid Fitrio Yuliadi (wandy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here